Brilio.net - Salah satu penyanyi kebanggaan Indonesia, Raisa Andriana kerap memberi kabar baik dalam perjalanan kariernya. Baru-baru ini ia mengabarkan dirinya berkolaborasi dengan musisi K-Pop Sam Kim serta musikus dan penata musik Jukjae.

Kolaborasi kali ini sangat menarik, lantaran Sam Kim dikenal sebagai musikus muda yang lagunya sering digunakan untuk Korean Drama (K-Drama) alias Drakor yang sedang hits. Misalnya saja lagu "Who Are You" untuk serial Guardian: The Lonely and Great God dan Love Me Like That untuk serial Nevertheless.

Awal mulanya Raisa sangat ingin memiliki kolaborator lintas negara Asia. Dimulai dari Instagram, Raisa dan Sam Kim kemudian saling bertukar referensi musik. Hingga akhirnya, keduanya mantap untuk melakukan workshop daring. Sampai tiba waktunya sebuah lagu dikerjakan pada awal 2021.

Raisa kolaborasi dengan musisi K-Pop Sam Kim © 2021 brilio.net

foto: Istimewa.

Karena terpisah jarak antara Jakarta-Seoul serta kondisi pandemi dan kesibukan masing-masing, proses penggarapan baru dilakukan secara intens pada pertengahan tahun ini.

“Saya dan Raisa rutin komunikasi lewat telponan, chat, atau video call, saat merencanakan lagu. Rekaman dilakukan secara real-time,” ujar Sam Kim, dalam keterangan rilis yang diterima brilio.net, Selasa (16/11).

Raisa pun tak kalah puasnya dengan hasil rekaman mereka berdua. Penyanyi berbakat ini juga mengaku sempat tak menyangka Sam Kim Bersedia untuk berkolaborasi dengannya.

“Bekerja bersama Sam Kim sangat menyenangkan. Nggak menyangka obrolan casual kami berujung menjadi kolaborasi. Kami memiliki visi yang sama, semoga lagu ini bisa mengantarkan kami berdua bertemu para pendengar baru di Indonesia dan Korea,” ungkap Raisa.

Lagu Someday mengisahkan tentang pasangan yang memiliki ego tinggi, sehingga keduanya tidak dapat menyampaikan isi hati mereka masing-masing dengan baik. Untuk lagunya sendiri Jukjae sebagai produser menarik beberapa referensi slow R&B. Mood lagu yang manis namun juga mellow ini memiliki nuansa soundtrack drama Korea.

“Berangkat dari ide Raisa, kami yang memulai komunikasi project dengan Antena sebagai label dan agency Sam Kim. Ini bukan kali pertama JUNI bekerjasama dengan agency Korea Selatan,” jelas Adryanto Pratono sebagai CEO dari JUNI Records.

Adryanto mengungkapkan, sebelumnya JUNI menjadi inisiator membawa band Hyukoh konser di Jakarta. Melanjutkan kiprah tersebut, kali ini JUNI memimpin project lintas negara dengan mengajak Sam Kim.

Lagu Someday bisa dibilang telah menjadi terobosan untuk JUNI dan Raisa di tahun ini. Ia melihat lagu ini sebagai jembatan untuk menghubungkan para penggemar Raisa dan fans soundtrack serial Korea Sam Kim.

“Ini kesempatan kami di JUNI bekerjasama dengan musisi generasi Korean Wave masa kini. Saya, Raisa dan kami di JUNI berharap ini adalah awalan untuk kolaborasi lain di kemudian hari. Kami selalu memimpikan bekerjasama dengan lebih banyak kolaborator dari industri dunia,” pungkas Adryanto Pratono.

Sejak 12 November lalu, Lagu Someday ini sudah bisa dinikmati dan tersedia di platform streaming digital. Perilisannya diikuti musik video yang dibuat di dua negara dan tayang perdana di kanal YouTube Raisa (Raisa6690) di hari yang sama.