Brilio.net - Nama Meiska Adinda, atau yang lebih akrab disapa Meiska, mungkin sudah dikenal sebagian pencinta musik di Indonesia lewat kehadirannya sebagai salah satu grand finalist ajang pencarian bakat, The Voice Kids Season 3. Empat tahun kemudian, Meiska memutuskan terjun secara profesional ke dunia musik dengan merilis single perdana bersama Sony Music Entertainment Indonesia, Hilang Tanpa Bilang.

“Aku sebenarnya diberi beberapa pilihan lagu, tapi saat mendengar Hilang Tanpa Bilang, aku langsung klik dengan lagunya karena baru mengalami kisah yang sama. Jadi, aku lebih mudah mendalami lagunya. Hal terpenting  saat kita menyanyikan sebuah lagu adalah terasa relate dengan diri sendiri sehingga kita bisa menyampaikan ceritanya dengan tulus dan jujur,” ungkap Meiska.

Hilang Tanpa Bilang mengisahkan sebuah hubungan yang sedang marak terjadi di masa sekarang. Hubungan cowok dan cewek yang sudah dekat banget. Mulai dari sering chat, jalan bareng, sampai telepon-teleponan.

“Tapi, tiba-tiba cowoknya menghilang begitu saja alias ghosting, padahal dia yang deketin duluan. Rasanya sakit banget ditinggal tanpa penjelasan kayak gitu. Inilah yang diangkat jadi tema single aku,” lanjut gadis kelahiran Denpasar, 20 Mei 2003 ini.

Proses pengerjaan cuma satu setengah bulan

Meiska Adinda © 2022 brilio.net Sony Music/Instagram @meiskaadindap 

Meski proses kreatif single ini hanya satu setengah bulan, Meiska mengaku tidak mengalami banyak kesulitan. Begitu dapat draft awal, ia berdiskusi dengan para penciptanya mengenai beberapa bagian yang ia ubah untuk disesuaikan dengan karakter vokalnya.

“Untungnya, mereka setuju. Dari situ, baru masuk dapur rekaman dan pengerjaan mixing. Aku benar-benar berterima kasih untuk orang-orang yang sudah membantu pembuatan single ini,” ujarnya.  

Sempat merasa insecure saat diminta bergabung dengan Sony Music, Meiska meyakinkan dirinya bahwa ini jalan yang tepat untuk mulai belajar tentang dunia musik lebih dalam lagi.

“Awalnya, aku sempat nggak yakin karena merasa belum layak untuk masuk label. Tapi, aku sadar, bahwa inilah kesempatan aku untuk bertemu banyak orang yang sudah lebih dulu berkecimpung di industri musik dan belajar dari mereka. Akhirnya, aku putuskan bergabung ke label ini untuk menambah ilmu di dunia musik Indonesia. Aku juga ingin belajar mengenai dunia hiburan, cara menciptakan lagu yang disukai orang banyak, dan bisa berkarya secara konsisten,” imbuhnya.

Sering meng-cover lagu di media sosial

Meiska Adinda © 2022 brilio.net

Dari The Voice Kids Season 3 di tahun 2018 hingga akhirnya merilis single perdana di tahun 2022, perbedaan waktunya bisa dibilang cukup jauh, empat tahun. Pengagum Ariana Grande dan Brian McKnight ini pun mengakui ada perubahan dari segi vokalnya saat ini.

Kalau dulu, cara bernyanyinya cukup teknis dengan lagu-lagu festival, kini ia mulai belajar menyanyikan lagu yang lebih komersial. Beberapa kegiatan yang dilakukan Meiska, antara lain meng-cover lagu di media sosial, tampil secara reguler di salah satu kafe di Bali, atau bernyanyi di acara pernikahan.

Selain itu, mahasiswi jurusan Sistem Informasi ITB STIKOM Bali dan Help University Malaysia ini pun rajin memperhatikan tren musik dan cara bernyanyi di Indonesia, tentu tanpa mengubah karakter vokalnya. Semua itu Meiska lakukan demi memperluas perbendaharaan musiknya untuk kemudian ia terapkan di kariernya nanti.

Meiska Adinda © 2022 brilio.net

Penyanyi muda yang punya impian suatu saat bisa berduet dengan Raisa, Afghan, dan Rossa ini berharap bahwa lagunya akan bisa diterima para pencinta musik dan orang-orang dengan kisah yang sama dalam kehidupan percintaan mereka. Single Hilang Tanpa Bilang bisa didengar di platform musik digital sejak 28 Oktober 2022.