Brilio.net - Indonesia nggak pernah kehabisan talenta muda berbakat di dunia musik. Terbukti, di ajang European Grand Prix in Choral Singing yang digelar di Maribor, Slovenia pada 21 April 2018, kelompok paduan suara anak The Resonanz Children’s Choir (TRCC) asuhan Avip Priatna sukses dinobatkan sebagai pemenang pada perhelatan yang telah berlangsung selama 30 tahun tersebut.

Kemenangan ini sekaligus mengukir sejarah baru TRCC di dunia paduan suara, di mana untuk pertama kalinya paduan suara Indonesia menjadi juara pada acara yang mempertandingkan para juara umum dari enam kompetisi paduan suara paling disegani di Eropa ini.

Paduan Suara © 2018 brilio.net

Beranggotakan 44 penyanyi anak-anak, TRCC tampil membawakan tujuh buah karya, yaitu Ad Amore karya Lee R Kesselman, Duo Seraphim karya Thomas Luis de Victoria, Der Wassermann karya Robert Schumann, Salve Regina karya komposer Indonesia, Ivan Yohan, Steal Away Arr. Gwyneth Walker, 137 Hip Street karya komposer Indonesia, Fero Aldiansya Stefanus (b.1988), dan lagu tradisional Bali berjudul Janger yang diaransemen Agustinus Bambang Jusana.

“Saya merasa bersyukur dan senang sekali TRCC untuk kesekian kalinya, kembali mengharumkan nama Indonesia di kompetisi dunia sekaligus mengukir prestasi baru sebagai paduan suara dari Indonesia pertama yang menjadi juara European Grand Prix in Choral Singing,” ujar Direktur Musik The Resonanz Music Studio Avip Priatna dalam rilis yang diterima Brilio.net, Senin (23/4).  

Paduan Suara © 2018 brilio.net

Prestasi ini sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia tidak hanya mampu menampilkan karya asal Indonesia saja tetapi juga mampu menginterpretasikan karya-karya komposer dunia.

“Kemenangan ini merupakan buah dari kerja keras para anggota TRCC yang menyediakan waktu untuk latihan, tak hanya di antara kegiatan sekolah mereka dan bahkan di akhir pekan,” lanjut Avip.

Nah dalam kompetisi ini, TRCC bersaing dengan para juara umum tahun 2017 dari kompetisi lain. Mereka adalah Allmänna Sången dari Swedia (juara umum International Choral Competition Gallus Maribor di Slovenia), Coro Musicanova dari Roma, Italia (juara umum Florilège Vocal de Tours, di Perancis), The Stockholms Musikgymnasium Chamber Choir dari Swedia (juara umum International May Choir Competition di Bulgaria), dan Beijing Philharmonic Choir dari Tiongkok (juara umum Concorso Polifónico Guido d'Arezzo di Italia).

Paduan Suara © 2018 brilio.net

Kemenangan ini sekaligus melengkapi deretan prestasi yang berhasil diukir TRCC. Pada 2-5 November 2017 lalu, TRCC berhasil meraih juara pertama pada kategori Children’s Choir, Public Audience Award dan meraih Juara Umum pada ajang 49th Tolosa Choral Contest yang berlangsung di kota Tolosa, Spanyol. TRCC juga  memenangkan Juara Umum pada Musica Eterna Roma International Choral Competition and Festival, Juli tahun lalu.

Nih penampilan The Resonanz Children’s Choir di ajang European Grand Prix in Choral Singing

Tuh keren kan! Salut deh.