Brilio.net - Persebaran Covid-19 kian hari makin mengkhawatirkan. Jumlah korban pun terus bertambah. Padahal, pemerintah sudah melakukan berbagai cara mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang kurang peduli.

Kondisi inilah yang membuat grup band legendaris Padi Reborn terpanggil untuk berbuat sesuatu. Band yang digawangi Andi Fadly Arifuddin (vokal), Satriyo Yudi Wahono atau Piyu (Gitar), Rindra Noor (bas), Surendro Prasetyo atau Yoyo (drum), dan Ari Tri Sosianto (gitar) punya cara unik mengajak masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan. Mereka merilis lagu pendek berjudul Ingat Pesan Ibu. 

Lantas bagaimana proses pembuatan lagu yang hanya berdurasi 30 detik ini, berikut faktanya.        

1. Kolaborasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19

Padi Reborn Ingat Pesan Ibu © 2020 brilio.net

Perilisan lagu pendek ini merupakan hasil kerjasama antara Padi Reborn dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Band asal Surabaya ini diajak menjadi bagian dalam upaya pemerintah menyebarluaskan pesan pentingnya penerapan protokol kesehatan dan mencegah penularan virus.

“Lagu ini kami harap bisa menjadi bentuk edukasi yang mudah diterima dan mengubah perilaku masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan. Selalu menerapkan protokol kesehatan 3M jika keluar rumah, ataupun berinteraksi dengan orang lain,” ungkap Piyu.

2. Alasan memilih judul Ingat Pesan Ibu

Padi Reborn Ingat Pesan Ibu © 2020 brilio.net

Dalam proses penciptaan lagu berdurasi sekitar 30 detik ini, para personel Padi Reborn sepakat menggunakan judul Ingat Pesan Ibu. Menurut Fadly, ibu adalah sosok yang paling berharga, dihormati, dan paling dicintai oleh setiap orang. Dengan begitu, Padi Reborn ingin agar pesan positif yang disampaikan lewat lagu ini bisa diterima secara baik, serta terasa personal untuk para pendengar. 

“Karena karakter ibu adalah seorang yang benar-benar kita dengarkan, yang doanya tembus hingga langit ke-7. Semua kemuliaan-kemuliaan itu ada di ibu. Pesan ibu itu pasti selalu ingin keluarganya selalu sehat dan doanya pasti terkabul,” ujar Fadly.

3. Menyampaikan pesan lewat lagu

Padi Reborn Ingat Pesan Ibu © 2020 brilio.net

Ihwal kerjasama dengan Satgas Penanganan Covid-19 hingga menelurkan lagu tersebut, diawali dari komunikasi antara Padi Reborn dengan Ketua Bidang Perubahan Perilaku-Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Darmadi. Sebagai musisi, Padi Reborn tergerak untuk mendukung sosialisasi penanganan Covid-19 melalui musik yang menjadi bidang mereka.

“Musik adalah bahasa universal. Melalui lagu ini semoga masyarakat menjadi terbiasa dan menjadi kebiasaan positif untuk menerapkan 3M. Karena masing-masing dari kita punya tanggung jawab untuk saling menjaga diri. Dengan menjaga diri, otomatis menjaga orang-orang di sekitarnya. Mudah-mudahan pesan dari lagu ini bisa ditangkap dengan baik oleh semua kalangan dan usia,” tutur Rindra Noor.

4. Lagu dengan durasi terpendek

Padi Reborn Ingat Pesan Ibu © 2020 brilio.net

Satu hal yang menarik, Ingat Pesan Ibu adalah lagu dengan durasi terpendek dan proses penciptaan dengan waktu tersingkat yang pernah dibuat Padi Reborn. Mereka mengemas notasi musiknya dengan aransemen pop yang sederhana, easy listening, bertempo up beat, serta penggunaan lirik yang mudah dicerna. Padi Reborn hanya menghabiskan waktu satu hari untuk penciptaan lagu dan satu hari lagi untuk proses rekaman. Perihal lirik lagu, Satgas Penanganan Covid 19 juga terlibat dalam menyusun setiap kalimat hingga pesan yang keluar dirasa tepat. 

“Saat menciptakan lagu dan menyusun lirik kami berdiskusi dengan Satgas Penanganan Covid-19. Karena untuk menyesuaikan nada dan liriknya itu tidak mudah. Sempat ada beberapa kali perombakan lirik. Jadi 3M itu yang harus masuk di lirik lagunya,” ujar Ari.

5. Begini proses pembuatannya

Padi Reborn Ingat Pesan Ibu © 2020 brilio.net

Yoyo menjelaskan lagu Ingat Pesan Ibu diciptakan semua personel Padi Reborn. Fadly yang sehari sebelumnya sudah memiliki gambaran tentang musiknya, dilanjutkan bersama-sama melalui sesi jamming dan workshop hari selanjutnya.

“Alhamdulillah prosesnya cepat dan lancar. Yang jadi concern kami adalah kalimat harafiah seperti pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak, itu yang agak sulit untuk dijadikan lirik lagu. Tantangannya bagaimana supaya bisa nge-blend dengan musiknya. Dan pada akhirnya memang inti pesannya tersampaikan dan cocok sama musiknya,” ucap Yoyo.

Lagu pendek Ingat Pesan Ibu yang dikemas dalam format video berdurasi 30 detik ini sudah diunggah di akun Instagram Official @padiband. Video menampilkan para personel yang tampil energik dan kompak mengenakan masker serta menjaga jarak dalam sebuah studio dengan tata lampu sorot yang berkilauan. Video juga menampilkan setiap lirik lagu agar pesannya dapat dengan mudah ditangkap penonton.

Jadi buat Sobat Brilio, selalu Ingat Pesan Ibu ya! Yuk sama-sama menjaga kesehatan dan memerangi Covid-19.  

Nih video pesan Padi Reborn untuk selalu kamu ingat