Brilio.net - Sejak masa pandemi di Indonesia, semua aktivitas harus dilakukan dari rumah. Termasuk belajar dari rumah yang kini jadi kebiasaan baru bagi para pelajar.

Tak hanya bagi si kecil, belajar dan melakukan segala aktivitas dari rumah juga jadi kebiasaan baru bagi para orang tua. Hal ini tentu jadi tantangan tersendiri. Orang tua harus memutar otak untuk menjaga semangat dan mood sang anak agar tetap betah di rumah aja.

Beragam aktivitas seru sekaligus mengedukasi bisa jadi pilihan tepat. Salah satunya mengikuti Kelas Kreatif HP yang dipersembahkan oleh HP Indonesia untuk mendukung anak tetap aktif dan menggali potensi dengan bantuan teknologi.

Mengambil tema #KreatifBarengSiKecil, seri pertama dari rangkaian Kelas Kreatif HP sudah berlangsung pada Sabtu (17/10) kemarin. Bertajuk Kelas Menyanyi, kelas pertama mendatangkan penyanyi cilik Naura dan Yandi Gunawan yang merupakan pelatih vokal Naura.

Dalam sesi kelas virtual itu Naura dan sang pelatih berbagi tips dan teknik untuk menjadi penyanyi yang baik. Mau tahu seperti apa keseruan Kelas Menyanyi bareng Naura dan Coach Yandi? Yuk, simak langsung di bawah ini!

 

Pentingnya mempelajari dasar teknik vokal.

Momen seru belajar nyanyi virtual bareng Naura di Kelas Kreatif HP berbagai sumber

foto: Istimewa

Salah satu poin penting jika ingin piawai bernyanyi adalah mempelajari basic atau dasar teknik bernyanyi. Hal ini seperti ditekankan coach Yandi yang menyebut pentingnya teknik vokalisasi yang baik.

Sebelum mengeksplor lebih jauh, para penyanyi harus lebih dulu mengenal bagian tubuh yang berkaitan dengan proses produksi suara dan melatih pernapasan diafragma untuk memaksimalkan teknik vokal.

“Cara mengambil pernapasan diafragma bisa dengan tidur telentang lalu ambil napas, nanti rusuk akan mengembang. Atau bisa juga posisi tubuh membungkuk L, nanti diafragma akan terisi udara. Kalau sudah terlatih diafragma nanti akan lebih panjang napasnya,” ungkap coach Yandi.

Coach Yandi juga menjelaskan kunci untuk melatih pernapasan diafragma adalah jangan ada jeda di antara napas. Badan harus berdiri dan tegap, lalu bernyanyi dengan bersenandung (humming). Sedangkan untuk mengetahui leher rileks atau tidak selama bernyanyi, coba gerakkan leher saat menyanyi dan pastikan not tidak berubah.

Bukan hanya itu, coach Yandi menyarankan untuk melatih diafragma dengan latihan tangga nada, baik nada tunggal atau rangkai. Cara ini sangat penting agar otot pita suara lebih elastis dan produksi suara lebih optimal.

“Orang yang nyanyinya bagus bukan hanya punya produksi suara bagus saja, tapi juga bisa memegang not dengan tepat,” tegas Coach Yandi.

Pengalaman belajar teknik vokal secara virtual bersama coach Yandi berjalan lancar berkat bantuan teknologi. Guna mempermudah proses pembelajaran, coach Yandi menggunakan laptop yang mumpuni untuk memberikan visualisasi belajar teknik menyanyi. Selain itu, coach Yandi juga menggunakan software musik seperti Sibelio dan Cubase untuk membantu proses belajar agar lebih mudah dipahami.

 

Tips memulihkan suara saat kecapekan ala Naura.

Momen seru belajar nyanyi virtual bareng Naura di Kelas Kreatif HP berbagai sumber

foto: Istimewa

Setelah berbagai tips dan teknik vokal, coach Yandi mengajak para peserta latihan nyanyi bareng Naura secara virtual. Lagu Somewhere Over The Rainbow dipilih pada sesi ini untuk mempraktikkan pemenggalan kata tiap lagu dengan tepat yang memengaruhi pernapasan.

Tak hanya latihan nyanyi bareng, Naura dan coach Yandi juga sempat membagikan tips mengatasi kehabisan suara saat kecapekan. Hal ini didasari pengalaman pribadi Naura yang sempat mengalami kehabisan suara karena kelelahan saat berpartisipasi dalam konser besar.

“Dulu pernah latihan berbulan-bulan. Terus sering kan habis geladi kotor lanjut geladi bersih diulang-ulang terus. Kalau sudah capek, suara pasti habis. Om Yandi biasanya selalu standby di backstage buat ingetin humming terus. Selain itu sedia air kelapa, kencur, terus humming sesering mungkin,” ungkap Naura.

 

Cara Naura jaga suara selama di rumah aja.

Selama masa pandemi, latihan nyanyi bersama coach Yandi secara virtual jadi cara Naura menjaga kualitas suaranya. Biasanya, putri Nola Be3 ini berlatih dengan lagu yang sudah ditentukan Coach Yandi atau pilih lagu baru yang lebih menantang supaya bisa mengeksplor dan menguasai teknik menyanyi lainnya.

Dalam kesempatan ini, cewek 15 tahun ini juga memberi masukan kepada para peserta yang ingin menjadi penyanyi profesional.

“Harus giat belajar. Aku dulu juga orangnya gampang bosen, tapi semakin dewasa semakin mengerti kalau harus dilawan jika mau maju. Kalau mau jadi seseorang yang berkembang harus benar-benar melawan rasa malas, rasa takut, dan jangan terlalu overthinking. Penting juga jangan mudah puas,” pungkas Naura.

Di akhir sesi, Naura membawakan tiga lagu andalannya untuk menghibur para peserta yang sudah berpartisipasi aktif. Mulai dari Sudahkah Kau Bilang I Love You, Mendengar Alam, hingga Dikelilingi Cinta.

Rangkaian Kelas Kreatif HP belum berakhir sampai di sini. Kelas kedua akan hadir pada Sabtu, 24 Oktober mendatang pukul 11.00 – 12.30 WIB. Kali ini mengusung tema Kelas Memasak bersama Joyful Kitchen yang di mana anak-anak dapat membuat pizza dan es buah dengan Chef Erwin.

Jangan sampai ketinggalan mengikuti berbagai kelas seru dari Kelas Kreatif HP, biar weekendmu tetap #KreatifBarengSiKecil selama di rumah aja. Kamu bisa daftar di sini. Selama belajar di rumah, kita bisa bantu si kecil agar pengalaman belajarnya jadi asik dan menyenangkan, dengan berbagai solusi-solusi belajar di rumah oleh HP. Kunjungi www.store.hp.com/id untuk berbagai promo belajar dari rumah dari HP.

 

RECOMMENDED BY EDITOR