Brilio.net - Podcast menjadi salah satu medium paling digemari anak muda belakangan ini. Dengan format rekaman audio, podcast menawarkan obrolan dan konten berkualitas. Selain itu, podcast juga praktis bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. Pilihan topiknya juga bervariasi, mulai dari teknologi, karier, hingga musik.

Gaya bicara podcast yang personal membuat kita terasa dekat dengan kreatornya. Selain itu, kadang ada saja guyonan receh yang membuat konten podcast terasa fresh. Bikin ketagihan, lo nggak bakal sadar sudah mendengarkan podcast berjam-jam.

Untuk lo yang suka musik, MLDPODCAST patut dilirik. Obrolan seru besutan MLDSPOT ini menawarkan cerita menarik di balik musisi dan lagu yang lo nikmati setiap hari. Pembawaannya yang santai membuat bahan obrolan berwawasan luas mudah dicerna pendengar. Bintang tamunya juga beragam mulai dari The Panturas, Jevin Julian, Sir Dandy Harrington, dan masih banyak lagi.

MLDPODCAST membongkar fakta menarik dari musisi yang sedang naik daun. Bikin fans penasaran, ada saja hal unik dari obrolan seru ini. Yuk langsung simak ulasan Brilio.net, Selasa (31/3) berikut.

1. Jevin Julian.

MLDPODCAST bongkar fakta 5 musisi ini, fans tak banyak tahu MLDSPOT

foto: MLDSPOT

Jevin Julian terkenal sebagai produser musik dengan karyanya seperti I Don't Mind (2019) dan No Clue (2019). Cowok satu ini sebenarnya beatboxer ternama Tanah Air loh. Ternyata saat awal karier, Jevin sempat tak pede karena suaranya sumbang. Jevin membutuhkan waktu lebih dari dua tahun untuk bisa mengolah suaranya.

"Akhirnya aku berani dan malah ketagihan. Jadi, aku belajar nulis lirik karena sebelumnya cuma mengaransemen saja," curhatnya.

Jevin juga mengatakan bahwa proses ini membuatnya seolah-olah seperti curhat. Sempat kaku di awal, Jevin mengaku nyaman dengan profesinya sekarang sebagai musisi yang tak hanya sekadar bisa menyanyi.

2. The Panturas.

MLDPODCAST bongkar fakta 5 musisi ini, fans tak banyak tahu MLDSPOT

foto: MLDSPOT

The Panturas mulai terkenal saat rilis album perdana berjudul Mabuk Laut pada 2018. Grup musik ini cukup unik karena mengusung genre surf rock yang populer di California, Amerika Serikat. Bahkan, fans mereka mempunyai julukan sendiri yaitu Anak Buah Kapal.

Tema dan nuansa laut sangat terasa di setiap karya The Panturas. Bahkan mereka pernah mendapat perhatian dari Menteri Kelautan saat itu, Susi Pudjiastuti. Ini gara-gara lagu Tenggelamkan yang dibuat 2017.

"Kita tahunya pas lagi beres manggung di Bandung. Kaget gue saat tahu itu,” ujar Bagus Patrias, bassist The Panturas. “Lagu itu adalah bentuk tribute untuk Ibu Susi," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Gogon ini menambahkan bahwa lagu Tenggelamkan mendapat namanya karena pada 2017 sedang ramai-ramainya jargon 'tenggelamkan'.

The Panturas sangat menghargai apresiasi Susi Pudjiastuti yang membuat nama mereka makin terkenal di kancah nasional.

3. Sir Dandy Harrington.

MLDPODCAST bongkar fakta 5 musisi ini, fans tak banyak tahu MLDSPOT

foto: MLDSPOT

Musisi Sir Dandy Harrington terkenal dengan gayanya yang unik. Lagu-lagunya seperti Ayo Kita Kerja (2011) dan Jakarta Motor City (2011) membuat namanya makin terkenal. Uniknya, tak hanya sebagai musisi, pria ini juga berprofesi sebagai seniman loh. Sir Dandy Harrington juga pernah membuat usaha furnitur bernama Harrington Home.

Menggeluti berbagai profesi malah membuatnya bisa menemukan jati diri.

"Semuanya saling menjadi kesatuan. Ibaratnya hidup aku itu kanvas polos dan cabang (aneka pekerjaannya) itu warnanya," tegas pria kelahiran Bandung itu.

Menurut Sir Dandy Harrington, melukis ibarat sebagai warna merah, bermusik menjadi warna biru, dan desain interior sebagai warna hijau.

"Semuanya mewarnai kanvas yang kosong itu. Dan semuanya masih ada benang merahnya," tambahnya.

4. Reality Club.

MLDPODCAST bongkar fakta 5 musisi ini, fans tak banyak tahu MLDSPOT

foto: MLDSPOT

Menjadi musisi yang sedang naik daun ternyata tak seindah yang terlihat. Hal ini dialami langsung band Reality Club. Berbekal dua album Never Get Better (2017) dan What Do You Really Know (2019), Reality Club bahkan bisa manggung 10-15 kali dalam satu bulan.

Mereka juga curhat bahwa mereka bisa tiba di bandara pukul setengah empat pagi demi mengejar pesawat. Soundcheck yang dilaksanakan pagi hari membuat mereka harus gerak cepat menuju lokasi manggung yang seringkali berada di luar kota.

"Aku benci banget ngelihat bandara sekarang. Padahal dulu ngelihat bandara itu ‘wah’," curhat Fathia Izzati, sang vokalis.

5. MLDJAZZPROJECT Season 4.

MLDPODCAST bongkar fakta 5 musisi ini, fans tak banyak tahu MLDSPOT

foto: MLDSPOT

MLDJAZZPROJECT adalah band jebolan audisi jazz MLDare2Perform. Tak hanya itu, mereka juga langsung dididik musisi jazz terkenal Tanah Air. Kali ini yang mampir ke MLDPODCAST adalah MLDJAZZPROJECT Season 4.

Terbukti bertalenta dengan lolos audisi MLDare2Perform Season 4, mereka mulai unjuk gigi di hadapan penikmat musik. Terbaru, grup musik yang terdiri dari Puspa (vokal), Yosua (gitar), Noah (keys), Timoti (drum), Hafiz (bass) dan Anggi (saxophone) ini baru saja menghibur fans di BNI Java Jazz Festival 2020. Nantinya, para punggawa MLDJAZZPROJECT Season 4 juga akan tampil di panggung internasional, sama seperti pendahulu mereka MLDJAZZPROJECT Season 1 sampai 3.

Sebelum tampil di BNI Java Jazz Festival 2020 pada Februari kemarin, mereka curhat tentang tantangan menembus dunia musik, khususnya jazz. Awalnya kikuk karena disatukan dalam satu band padahal tak akrab satu sama lain, tapi ternyata setiap proses mulai rekaman, mereka lalui dengan lancar.

"Waktu itu kita habis manggung di Prambanan Jazz langsung rekaman. Sebenarnya itu jadi challenge buat kita. Tapi puji Tuhan, semuanya lancar dan aman waktu itu," ujar Timoti sang drummer.

Deretan cerita di atas menampilkan sisi lain musisi terkenal yang jarang kita ketahui. Lewat podcast, mereka bisa bercerita bebas tanpa beban. Fans akhirnya jadi tahu bagaimana aktivitas dan gaya mereka ketika di luar panggung.

Nah, lo bisa mengikuti episode MLDPODCAST selanjutnya dengan bintang tamu musisi favorit lo di website MLDSPOT, Spotify, dan Apple Music. Selain itu, ada juga artikel menarik tentang musisi kesayangan lo di website MLDSPOT. Untuk lo yang ingin tahu asyiknya MLDPODCAST dalam bentuk video, bisa langsung ke sini, ya!

RECOMMENDED BY EDITOR