Brilio.net - Bagi para seniman, tentunya berkarya adalah sudah suatu keharusan yang harus selalu dilakukan. Meski misal terhambat dengan keterbatasan, namun kreativitas akan selalu muncul dari si pelaku seni itu, khususnya musisi.

Hal tersebut mungkin terjadi pada V1MAST. Proyek musik solois Viza Mahasa (vokal, gitar, gamelan, sape, tifa, dll) baru saja merilis satu karya terbarunya berjudul 'Menunggu Kamu Tercipta'. Single yang sudah rilis di platform digital mulai tanggal 18 Januari 2019 kemarin ini membuktikan bahwa musik bagus tidak perlu mahal, tidak perlu kerepotan luar biasa.

Cuma bermodalkan Rp 1.000.000 untuk biaya produksi lagu saja (listrik dan mixing-mastering), lagu yang diproduksi di gudang rumah Viza ini memberikan sentuhan notasi-notasi khas daerah Indonesia melalui perwakilan dari Sabang sampai Merauke. Budget terbatas, namun karya di luar batas.

"Lagu ini memiliki keunikan tersendiri, karena aku menyelipkan tari kecak, tari saman, teriakan ajakan perang dari suku-suku di Papua, serta elemen-elemen lain dari budaya Indonesia, namun akan terdengar sangat soft, gak akan ganggu! Ini breakthrough cara V1MAST. Oh ya, lagu ini aku produce sendiri, rekam-rekam sendiri, pede aja, yang pasti, tetap Indonesia, tapi ikutin zaman," kata Viza kepada brilio.net beberapa waktu lalu.

Menapaki 2019 dengan penuh percaya diri, V1MAST ingin menyampaikan dan mengajak siapapun yang ingin menggapai mimpinya, walaupun terbentur dengan banyak keterbatasan. Setiap orang harus selalu berusaha dan jangan putus asa, karena mimpi yang kita punya jauh lebih besar dari ketakutan atau keterbatasan yang menghantui.

Dari Rp 1.000.000 untuk proses produksi sebuah karya, menurut Viza karya lagu 'Menunggu Kamu Tercipta' layak disandingkan dengan rilisan lain yang memakan modal yang lebih besar. V1MAST mengambil unsur yang ada di Indonesia, dan karena itulah V1MAST merasa kaya. Di sinilah modal yang sangat besar itu terletak, bukan dinilai dari nominalnya.

"Mengingat biaya recording saat ini juga nggak murah. Soalnya nyewa studio profesional dengan alat-alat standar rekaman itu cukup mahal. Makanya di lagu ini aku buktikan kalau aku bisa kerjakan sendiri tanpa harus merepotkan banyak orang dulu," ujarnya.

V1MAST 2019 © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Viza Mahaza


"Subliminal message lain dari karya yang baru saja dirilis ini adalah, lagu ini bercerita tentang kesabaran dalam usaha dan percobaan berulang kali. Menunggu 'Kamu' Tercipta. Kata 'kamu' di sini bisa diartikan sebagai sesuatu hal baik yang disiapkan di akhir, hadiah dari keberanian keluar dari zona nyaman dan bukti bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil," kata ayah satu anak ini.

Melalui lagu ini pula, V1MAST sekaligus membuat kampanye #VChallenge, gerakan membuat video di media sosial berisi ketakutan diri dan kemudian berhasil menjadi juara, keluar dari ketakutan tersebut. Dimulai dari hal-hal yang dianggap sepele contohnya, Viza seumur hidup takut akan ular.

Namun di Official Music Video V1MAST Menunggu Kamu Tercipta, Viza justru mengatasi ketakutannya dengan berakting bersama ular. Mungkin hal ini terlihat sepele bagi sebagian orang, namun tidak bagi Viza, dan ia membuktikan telah berhasil melawan tantangan itu.

"Di luar sana, pasti banyak hal serupa yang dialami orang lain dan untuk itulah #VChallenge ini disuarakan V1MAST, karena kita pasti bisa keluar dari zona nyaman diri sendiri. Yuk, sebar keberanian dan jadikan momen 'Menunggu Kamu Tercipta' dengan membuat #VChallenge versimu mulai hari ini!" tutup Viza.

Sekadar diketahui, sebelum bernama V1MAST, Viza dulunya sempat berkarya dengan grup band bernama SPANK dan mengeluarkan satu album di tahun 2014. Saat itu SPANK yang juga dipimpin oleh Viza ini merilis single andalannya berjudul 'Dewasa Sejak Dini'. Lagu tersebut ditujukan untuk para generasi muda yang merupakan orangtua dan kakak dari anak-anak kecil Indonesia untuk peduli dengan mereka, untuk menjaga hiburan mereka dan memberikan hiburan bermanfaat yang sesuai dengan umur mereka. Sebab zaman dulu dan sekarang itu kebahagiaan anak berbeda.

Usai bersama SPANK, Viza kemudian melanjutkan karya terbarunya dengan V1MAST di tahun 2015 hingga saat ini. 

Nah, kamu penasaran kan, gimana kualitas single 'Menunggu Kamu Tercipta' ala V1MAST? Cek videonya di bawah ini ya.. Video garapan Dmaz Brodjonegoro ini dijamin bikin kamu nggak akan percaya kalau lagunya aja cuma dibuat dengan dana minimalis untuk sebuah karya musik. Karya 'murah tapi mewah'.