Brilio.net - Menyaksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan berbagai hal terkait keuangan dan ekonomi, itu sih sudah biasa. Tapi bagaimana jika melihat mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tampil di panggung konser musik? Ini baru luar biasa. 

Ya Sri Mulyani akan menjadi salah satu pengisi acara konser virtual bertajuk Konser 7 Ruang Chrisye untuk Kemanusiaan, Minggu (30 Mei 2021). Rencananya, Sri Mulyani akan tampil bersama komposer kenamaan Erwin Gutawa, serta penyanyi papan atas Once Mekel. Selain Sri Mulyani, konser ini juga akan menghadirkan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas.    

“Dalam konser ini, para penonton akan menyaksikan penampilan spesial Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati bersama Erwin Gutawa dan Oce Mekel. Kolaborasi istimewa ini jarang terjadi dan tentunya menjadi hal menarik untuk dinikmati para pecinta musik,” ujar Ketua Iluni UI Nongki Wisaksono Soegandhi dalam sesi talkshow konferensi pers virtual, belum lama ini.

Konser Sri Mulyani  © 2021 brilio.net Instagram @smindrawati

Konser yang digagas Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) ini menggandeng DSS Music dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Konser yang digelar secara virtual dari studio DSS Music Jakarta ini dilaksanakan dalam rangka menggalang dana kemanusiaan untuk digunakan dalam misi kebencanaan Iluni UI Peduli.

Konser ini bakal menampilkan lagu-lagu legendaris milik Chrisye seperti Juwita, Untukku, dan Andai Aku Bisa. Menriknya, konser ini akan melibatkan sejumlah musisi terbaik Indonesia antara lain Armand Maulana, Andien, Once Mekel, Erwin Gutawa, Kadri Mohamad, Raidy Noor Experience, Noor Bersaudara, Dira Sugandi, Shelomita, Aning Katamsi, Candra Darusman,

Yang jelas, penonton bakal diajak bernostalgia dengan deretan lagu-lagu legendaris Chrisye yang akan diaransemen ulang oleh Raidy Noor Experience. Tak hanya menikmati sajian konser, penonton juga diajak untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana kemanusiaan selama konser berlangsung.

“Kami menargetkan 10 ribu penonton untuk live streaming melalui tiga kanal Youtube, yaitu kanal Iluni UI, Baznas TV, dan DSS Music. Harapannya dapat menjaring lebih banyak partisipasi donasi masyarakat untuk dana kemanusiaan Iluni UI Peduli,” lanjut Nongki.

Konser Sri Mulyani  © 2021 brilio.net Instagram @iluni.ui

Sementara itu, Koordinator Iluni UI Peduli Endang Mariani mengatakan, dari berbagai misi kemanusiaan yang telah dilaksanakan, ILUNI UI Peduli selalu menggerakkan alumni dan masyarakat untuk berparitisipasi dan telah menyalurkan donasi lebih dari Rp 28 miliar ke berbagai daerah terdampak bencana seperti Lombok, Palu, Karhutla di Sumatera dan Kalimantan, program tanggap COVID-19, Mamuju, Majene, dan NTT.

“Kami berharap, donasi dari masyarakat dan alumni UI nanti yang terkumpul melalui Konser 7 Ruang ini akan mempercepat langkah gerak para relawan Iluni UI Peduli dan memperbesar manfaat bagi mereka yang terdampak,” ungkap Endang.

Dalam misi kemanusiaannya, Iluni UI menggandeng berbagai pihak seperti BNPB, TNI, POLRI, PLN, maskapai penerbangan, RSCM, RSUI, dan beberapa komunitas lokal serta lembaga lain.

Sebagai pihak yang turut mendukung penyelenggaraan konser, Direktur Utama Baznas Mohamad Arifin Purwakananta mengatakan, kerjasama dengan Iluni UI dan DSS Music selaras dengan misi Baznas.

Konser Sri Mulyani  © 2021 brilio.net Instagram @iluni.ui

“Kami siap mendukung proses pengumpulan dana kemanusiaan ILUNI UI Peduli melalui saluran donasi Baznas yang telah dibuka sejak beberapa hari lalu dan akan terus berlangsung hingga akhir konser. Jangan ragu menyalurkan donasi karena Baznas amanah terpercaya,” imbuh Arifin.

Musisi rock Indonesia Armand Maulana yang juga berparitispasi dalam konser mengungkapkan, konser kemanusiaan seperti ini sangat bagus untuk meningkatkan rasa solidaritas antar sesama. Hal senada juga diungkapkan penyanyi Shelomita yang ikut berparitispasi dalam konferensi pers.

Konser Sri Mulyani  © 2021 brilio.net Dok Iluni UI

“Solidaritas sosial adalah kekuatan yang akan membuat bangsa bangkit dari bencana yang melanda, termasuk di tengah pandemi seperti sekarang. Saya juga merasa senang bisa hadir dan berpartisipasi dalam konser ini. Semoga acara ini dapat terus konsisten dilakukan di masa yang akan datang,” pungkas Armand.