Brilio.net - Setiap manusia memiliki cerita cinta sesuai versi masing-masing. Ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang penuh liku. Setiap kisah itu pun punya kenangan tersendiri bagi si empunya cerita.

Begitu juga yang dirasakan Alif Mangkunegara, vokalis dan penulis lagu yang kini tampil sebagai Und Bodevan. Sebelumnya Alif dikenal sebagai personel duo Zaja und Bodevan. Kendati kini tampil dalam format solo, Alif tetap “mengibarkan” bendera Und Bodevan dalam unit kreatif terbarunya.          

Belum lama ini, pria kelahiran 1992 yang pernah bergabung di Brilio.net ini meluncurkan single berjudul Lovemosphere. Lagu ini terinspirasi dari kisah nyata tentang cerita perjalanan cinta Alif dengan sang istri yang penuh liku.

Lovemosphere merupakan kosakata imajiner yang menggabungkan dua kosakata bahasa Inggris yaitu Love” dan Atmosphere” yang mewakili situasi, harapan, dan doa dari kisah Alif mengarungi perjalanan cintanya hingga berkomitmen menjalani janji sehidup semati bersama Farsya, sang kekasih yang kini menjadi istrinya.   

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by und Bodevan (@alifmangkunegara)

Pertemuan Alif dan sang istri cukup sederhana. Berawal dari interview pekerjaan yang pada saat itu Alif bertindak sebagai interviewer. Dari situ akhirnya mereka memadu cinta dan memutuskan berkomitmen lebih serius.

Namun saat komitmen tersebut ingin diwujudkan, mereka harus menghadapi kenyataan pahit. Pernikahan mereka tidak dapat dihadiri ayah sang istri. Perjuangan demi perjuangan terus mereka lalui bersama.

Hingga muncul ide sederhana membuat lagu sendiri yang dapat menjadi tema lagu pernikahan mereka. Awalnya lirik When you go down the stairs pada lagu ini sengaja Alif masukan dalam liriknya. Alasannya karena terasa pas dengan venue dan rundown acara di mana sang istri akan menuruni anak tangga.

Alif berpikir akan  indah dan romantisnya jika dapat diwujudkan ke dalam bentuk visual. Semua konsep sudah direncanakan secara matang. Tapi apa daya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan pada 25 Juni 2021 membuat mereka terpaksa membatalkan menikah di lokasi yang sudah mereka pesan dan rancang sedemikian rupa. Mereka rencananya menikah pada 4 Juli 2021.  

Lovemosphere © 2021 brilio.net

Jika bersikeras ingin tetap menikah pada tanggal tersebut, mereka hanya bisa melnjalankan prosesinya di KUA setempat. Tak ingin persitiwa sakral ini ditunda, awalnya kedua insan yang ingin merajut bahtera rumah tangga ini setuju untuk menikah di KUA.

Namun, tepat sehari sebelum acara pernikahan, bencana kembali menerpa pasangan ini. Pada 3 Juli 2021, Alif dan keluarganya didiagnosa positif Covid-19. Kondisi ini membuat semua jadwal diundur hingga waktu yang tak bisa diterka pada saat itu.

Proses pemulihan secara fisik dan psikis menjadi satu menu besar dalam perjalanan cinta mereka berdua. Dalam proses ini akhirnya Alif dan sang istri mengerti lebih dalam tentang makna lagu ini. Kata when dalam lirik When you go down the stairs yang awalnya berarti “saat” akhirnya pelan-pelan berubah menjadi “kapan”.

Sebuah kosakata sederhana namun sarat makna mendalam, seolah-olah mengajak mereka untuk menurunkan ego dan keinginan yang umum terjadi dalam proses pernikahan. Kata itu seperti menuntun mereka untuk mengarah ke satu tujuan utama yaitu marriage bukanlah wedding.

Lovemosphere © 2021 brilio.net

Perjalanan cinta inilah yang terajut dalam harmonisasi Lovemosphere yang produksinya juga dibantu sepasang kekasih yaitu Chika Olivia sebagai produser dan Yoga Bagaspati sebagai mixing and mastering engineer. “Karena minimnya SDM akhirnya jadi lebih membuka diri untuk berkolaborasi,” ujar Alif.

Selain itu dari sisi visual, Alif melibatkan seorang fotografer, Adelia Arifin. Ia juga melibatkan sang istri yang sekaligus menjadi konsep prewedding mereka.