Brilio.net - Aplikasi video pendek TikTok memang cukup fenomenal. Tak sedikit kisah viral yang muncul dari aplikasi ini, termasuk tenarnya sebuah lagu. Tengok saja lagu berbahasa Tagalog (Filipina) Binibini yang beberapa waktu lalu sempat menjadi perhatian netizen.

Lagu ini juga yang akhirnya membuat Zack Tabudlo, artis pop dan R&B alternatif asal Filipina berkolaborasi dengan James TW, artis asal Barford, Inggris. Mereka merilis ulang lagu Binibini dalam versi bahasa Inggris.

Pertemuan kedua penyanyi sekaligus penulis lagu itu pertama kali terjadi pada April lalu. Saat itu James meng-cover versi original (bahasa Tagalog) lagu Binibini yang ketika itu menduduki puncak tangga lagu di Filipina. Menurut James ini adalah lagu yang ia ambil secara organik yang saat itu lagi viral di TikTok. Bahkan muncul Binibini Dance dalam versi remix.

Binibini original (yang artinya miss atau lady) menduduki puncak tangga lagu di seluruh digital streaming platform termasuk Spotify, Apple Music, dan YouTube sejak dirilis Maret lalu. Lagu ini menarik perhatian berbagai pendengar di Asia, Timur Tengah, dan Amerika Utara. Lagu Binibini viral di TikTok di mana kreasi video yang menggunakan lagu tersebut lebih dari 400 ribu dalam sebulan.

Di Spotify saja, lagu versi original bertahan di nomor 1 selama enam minggu berturut-turut di Filipina, dan empat minggu di Global Viral 50. Lagu ini juga memecahkan rekor di Spotify sebagai lagu lokal nomor 1 terlama oleh seorang artis yang berasal dari Filipina.

Sekarang lagu Binibini (Last Day on Earth) versi bahasa Inggris ini tersedia di streaming secara global. Lagu ini mengisahkan tentang dua orang yang saling mencintai hingga akhir hidupnya.

Zack Tabudlo X James TW Musik © 2021 brilio.net

Bagi Zack, kolaborasi ini adalah pengalaman yang luar biasa. Ia senang dengan energi yang diberikan James pada lagu Binibini.  Saat James mengirimkan bagian vokalnya, Zack senang dengan hasilnya, apalagi setelah di proses mastering.

“Memasukkan kata Binibini adalah suatu hal yang besar bagi saya dan juga memberikan kebanggaan tersendiri untuk orang-orang Filipina, apalagi merilis ulang lagu ini secara internasional,” kata Zack.

Sementara menurut James, menyanyikan lagu ini ibarat sebuah harmoni yang pas. Di saat yang tepat dalam sebuah lagu, itulah yang membuat vokal mereka menyatu. 

“Saya suka suara Zack dan saya pikir kami saling melengkapi. Ini adalah kolaborasi pertama saya di sebuah lagu, jadi saya sangat senang dengan hasilnya,” ungkap James.

Penyanyi-penulis lagu kelahiran Barford ini sudah mendapatkan banyak pengalaman sebelumnya di dunia musik, terutama pengalaman pribadinya dari bermain drum di band ayahnya pada usia 10 tahun hingga tampil di panggung legendaris seperti Radio City Music Hall pada usia hampir 20 tahun.

Nih lagu Binibini versi Bahasa Inggris