Brilio.net - Physical distancing sebagai upaya memutus rantai penularan virus corona Covid-19 mewajibkan masyarakat melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Meski terpisah jarak, silaturahmi dengan keluarga dan sahabat harus tetap terjalin.

Tetap menjaga silaturahmi dengan orang-orang terdekat bisa jadi sumber kekuatan melewati masa pandemi. Pentingnya menyambung silaturahmi di tengah pandemi sejalan dengan semangat yang dibawa IM3 Ooredoo selama Ramadhan.

Lewat kampanye Ramadhan bertajuk “Tidak ada yang lebih penting dari Silaturahmi”, IM3 Ooredoo berkolaborasi dengan 4 musisi muda berbakat Tanah Air merilis anthem Ramai Sepi Bersama. Secara virtual, Kunto Aji, Baskara Putra (Hindia), Sal Priadi, dan Yura Yunita menciptakan anthem untuk melengkapi kampanye tersebut.

Fahroni Arifin, SVP Head of Brand Management & Strategy Indosat Ooredoo, menyebutkan kolaborasi di tengah pandemi ini jadi bentuk semangat optimisme yang disuarakan IM3 Ooredoo bagi masyarakat Indonesia. Menggaet empat musisi muda, IM3 Ooredoo ingin menyampaikan pesan yang kuat melalui anthem dan TVC ‘Ramai Sepi Bersama’.

"Kami harap kolaborasi ini memberikan harapan bagi masyarakat yang terdampak pandemi untuk tetap bersemangat dan bersama menjaga komunikasi agar tidak memutus silaturahmi" ujar Fahroni Arifin.

Berkolaborasi secara virtual jadi pengalaman pertama bagi keempat musisi ini. Keseluruhan proses pembuatan musik, iklan televisi, hingga materi komunikasi lainnya dilakukan secara remote melalui platform chat, video call, dan email dari rumah masing-masing. Sebuah karya kolaborasi yang dihadirkan tanpa kontak fisik dan mengandalkan teknologi dan koneksi internet dari IM3 Ooredoo.

"Seluruh proses pembuatan karya ini dilakukan dengan mengandalkan koneksi internet. Kami saling bertukar ide dan file lagu secara digital. Sampai pada tahap menggabungkan rekaman musik dilakukan secara online," ungkap Baskara Putra.

Kunto Aji mengungkapkan, pengalaman pertama kolaborasi virtual ini membuatnya belajar banyak hal. Melalui proyek ini, pelantun lagu Rehat itu diajak untuk beradaptasi dalam segala situasi. Anthem Ramai Sepi Bersama jadi dukungan yang bisa ia suarakan sebagai musisi.

Hal yang sama juga dirasakan Sal Priadi. Pelantun lagu Nyala itu bahkan sempat ragu dengan hasil anthem Ramai Sepi Bersama mengingat proses pembuatannya dilakukan dalam banyak keterbatasan. Meski begitu, ternyata dalam jangka waktu tiga minggu Sal Priadi dan tiga musisi lain berhasil menyelesaikan proyek tersebut.

Pria 28 tahun tersebut juga merasa kolaborasi virtual ini jadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan selama di rumah saja. Selain itu, bagi Sal Priadi, physical distancing memberikan waktu untuk kembali membuka file lama dan menyelesaikan proyek yang lama tertunda.

Sementara itu, Yura Yunita mengatakan jika dirinya sempat tidak menyangka bisa berkarya bersama tiga musisi hebat secara virtual. Tak hanya menciptakan lagu, perempuan asal Bandung ini juga melakukan proses pembuatan video secara mandiri menggunakan kamera-kamera besar yang dikirimkan oleh tim ke rumahnya.

"Dengan hanya mengandalkan tripod dan juga instruksi secara online ternyata bisa berhasil untuk menghasilkan karya yang sangat bermakna buat aku. Aku merinding ketika menyaksikan versi lengkap dari TVC ini," tutur Yura Yunita.

Melalui kolaborasi ini IM3 Ooredoo percaya bahwa pembatasan jarak fisik tidak jadi penghalang bagi masyarakat untuk memaknai bulan Ramadhan sebagai momen penuh berkah dan bersilaturahmi dengan orang-orang tersayang. Dengan adanya teknologi dan konektivitas jaringan paket IM3 Ooredoo, jarak bukanlah penghalang untuk melakukan #SilaturahmiSetiapHari .

Nah, daripada penasaran, yuk langsung tonton anthem Ramai Sepi Bersama (#SilaturahmiSetiapHari Music Video), di bawah ini.

RECOMMENDED BY EDITOR