Brilio.net - Pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi industri musik Tanah Air. Terutama event-event off air seperti konser musik yang biasanya digelar tiap tahun terpaksa harus vakum. Namun para promotor musik tak mau menyerah begitu saja, mereka terus berupaya untuk tetap menyajikan konser musik meski digelar secara online.

Salah satunya adalah event Prambanan Jazz Festival (PJF). Event ini merupakan perhelatan musik tahunan berskala internasional yang digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta.

Perhelatan yang pertama kali digelar pada 16 Oktober 2015 ini memadukan festival musik jazz internasional dan warisan agung dari Candi Prambanan.

Masih di tengah pandemi seperti tahun lalu, event Prambanan Jazz Festival kembali digelar dengan konsep virtual, bertajuk Prambanan Jazz Virtual Festival 2021.

"Setelah diskusi dengan tim dari Rajawali dan Prambanan Jazz, kita putuskan Prambanan Jazz Festival harus ada. Kita menolak menyerah dengan keadaan," kata Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz dalam konferensi pers virtual, Anas Alimi baru-baru ini.

Lantas seperti apa yah keseruan Prambanan Jazz Festival tahun ini? Berikut rangkumannya.

1. Jadwal gelaran event Prambanan Jazz Festival

Prambanan Jazz Festival 2021 © 2021 brilio.net

foto: Prambanan Jazz

Event Prambanan Jazz Festival rencananya akan digelar pada 11-12 September 2021 mendatang.

2. Menggaet musisi daerah

Prambanan Jazz Festival 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@prambananjazz

Tahun ini Prambanan Jazz Festival menggelar sebuah program yang spesial bertajuk ‘Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival’. Program ini dimaksudkan untuk mencari musisi-musisi terbaik yang berdomisili di Kalimantan untuk tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021.

3. Mulai pendaftaran

Prambanan Jazz Festival 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@prambananjazz

Pendaftaran ‘Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival” sudah dibuka sejak 23 Juli 2021 dan akan berlangsung hingga tanggal 15 Agustus 2021.

4. Syarat pendaftaran

Prambanan Jazz Festival 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@prambananjazz

Peserta ‘Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival’ adalah musisi atau band yang berdomisili di Kalimantan yang sesuai dengan karakter festival musik.

Para peserta tersebut diharuskan memiliki minimal 3 karya orisinil berupa Video Musik atau Video Live Session. Pemenang yang terpilih untuk tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival diharapkan bisa menampilkan setidaknya 4 lagu orisinil.

5. Penilaian juri

Prambanan Jazz Festival 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@prambananjazz

Dikarenakan masih dalam situasi pandemi, penjurian para peserta akan dilakukan secara online. Seluruh peserta yang mendaftar akan melalui proses kurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival dan akan terpilih maksimal 100 peserta terbaik. Peserta akan melalui 3 tahapan babak acara. Pada Babak 1 video peserta yang sudah disubmit akan langsung ditayangkan pada kanal YouTube i-Konser Channel selama periode 6-21 Agustus 2021.