Brilio.net - Nama adalah doa. Tak mengherankan apabila selebriti maupun musisi berusaha mengenalkan diri sebagai sosok yang positif. Bukan hanya karya dan prestasi yang ditonjolkan, deretan selebriti ini juga memperhatikan nama panggungnya.

Pemilihan nama panggung menjadi salah satu hal yang tak kalah penting bagi selebriti. Nama mampu menjadi citra diri sang musisi dalam belantika musik. Tak mengherankan apabila seleb ini berusaha mengubah nama panggungnya. Berbagai alasan mendukung selebriti untuk mengubah namanya.

Penggantian nama panggung ini dilakukan oleh deretan selebriti atau musisi di tengah kariernya yang cemerlang. Siapa saja mereka?

Brilio.net telah menghimpun dari berbagai sumber pada Rabu (3/1), berikut delapan selebriti yang mengganti nama panggung di saat karier melejit.

1. Rich Chigga menjadi Brian.

 ganti nama © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@brianimanuel

Rapper asal Indonesia Rich Chigga dikenal luas oleh pecinta musik hip hop dunia. Deretan lagu telah banyak disukai penikmat musik. Kendati demikian, pada awal Januari 2018 ini, adik dari Sonia Eryka ini memutuskan untuk mengubah nama panggungnya dari Rich Chigga menjadi Brian.

Penggantian nama panggung karena nama Chigga menjadi kontroversial lantaran artinya yang dianggap mengandung rasisme. Nama Chigga sendiri mengandung makna sensitif berarti sebutan bagi penyanyi hip hop asal Asia yang ingin menjadi orang kulit hitam. Banyak yang menilai penggantian nama panggung dari Rich Chigga menjadi Brian ini dianggap sebagai langkah yang tepat.

2. Mulan Kwok menjadi Mulan Jameela.

 ganti nama © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@mulanjameela1

Karier bermusik Mulan dikenal lewat Duo Ratu menggantikan Pingkan Mambo. Saat masih tergabung dalam Duo Ratu bersama Maia Estianty, Mulan menggunakan nama panggung Mulan Kwok. Lepas dari Duo Ratu, Mulan memilih solo karier dan mengubah namanya Mulan Jameela. Jameela sendiri memiliki arti keindahan.

3. Titi Sjuman mengenalkan diri sebagai Titi Rajo Bintang.

 ganti nama © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@titirajobintang

Dikenal dengan nama Titi Sjuman, pada Februari 2016 lalu penabuh drum ini pun memilih mengubah namanya. Kini Titi Rajo Bintang menjadi nama panggungnya karena bercerai dengan Wong Aksan. Kata Sjuman sendiri merupakan nama ayah dari Wong Aksan.

4. Wenda Tan ganti nama dan dikenal dengan nama Sarwendah.

 ganti nama © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@sarwendah29

Sebelumnya dikenal dengan nama Sarwendah, istri dari Ruben Onsu ini memiliki nama asli Wenda Tan. Penggantian nama ini disebabkan karena eks personel Cherybelle ini kerap mengidap penyakit. Atas saran dari salah seorang pria, Ruben Onsu pun mengganti nama sang istri menajdi Sarwendah.

5. Reza Artamevia sempat mengubah nama panggungnya menjadi Reza Artamevira.

 ganti nama © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@rezaartameviaofficial

Reza Artamevia sempat mengubah nama panggungnya menjadi Reza Artamevira di tahun 2007 silam. Kata Mevia diubah menjadi Mevira karena memiliki arti yang bermakna positif.

Mevira bermakna kebahagiaan sementara Mevia berarti kesedihan. Kata tersebut merupakan kata dari bahasa Latin. Meski telah mengganti nama panggung, Reza tetap dikenal dengan Reza Artamevia.

6. Rap Monster BTS mengenalkan nama baru RM.

 ganti nama © 2018 brilio.net

foto: billboard.com

Tahun 2017 lalu, salah satu personel BTS yang dikenal dengan Rap Monster mengumumkan penggantian nama panggung. Kini pemimpin boyband Korea BTS memperkenalkan nama barunya dengan RM. Hal tersebut dilakukan karena cowok bernama asli Kim Nam Joon ini mengaku nama Rap Monster tak sesuai dengan gaya bermusiknya.

7. Junior GOT7 mengubah namanya dengan Jin Young.

 ganti nama © 2018 brilio.net

foto: pinterest.com

Junior GOT7 ini mengganti nama panggungnya pada 15 Agustus 2016 lalu. Cowok yang dikenal dengan Junior ini pun mengubah namanya menjadi Jin Young. Nama tersebut merupakan bagian dari nama aslinya Park Jin-young.

8. Junsu 2PM mengubah nama panggung dengan nama aslinya.

 ganti nama © 2018 brilio.net

foto: fanpop.com

Tahun 2012 silam, Junsu 2PM mengumumkan nama barunya dengan Kim Min-jun. Nama tersebut merupakan nama aslinya. Sejak mencoba solo karier, Junsu lebih dikenal sebagai Jun.K. Kendati demikian ketika menjadi member 2PM, ia ingin dikenal sebagai Min Jun.