Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Musik
Yani Andriansyah (brl/red)

13 Juli 2019 11:20

Juara Pucuk Cool Jam 2019 rilis video musik, mimpi yang terwujud nih

Melibatkan musisi dan sutradara profesional.

Juara Pucuk Cool Jam 2019 rilis video musik, mimpi yang terwujud nih

View Image



Langit Senja saat peluncuran musik video Mimpi dan Matahari di Hard Rock Cafe, Jakarta, baru-baru ini. (Foto-foto : Brilio.net/yani andryansjah)

Brilio.net - Setiap grup musik pasti bermimpi bisa memiliki single, album, dan video klip. Maklum, ketiga hal tersebut bisa menjadi pembuktian eksistensi sebuah band di belantika musik. Terlebih buat band baru, tentu saja hal itu menjadi media yang selalu diimpikan. Nah baru-baru ini, Langit Senja, band pemenang utama Pucuk Cool Jam 2019 merilis video klip untuk single mereka bertajuk Mimpi dan Matahari.

Nggak tanggung-tanggung lho, penggarapan video klip sekaligus single band asal SMA Dr Soetomo Surabaya ini melibatkan musisi dan sutradara profesional. Untuk single Mimpi dan Matahari langsung ditangani penciptanya, Iga Massardi, vokalis sekaligus gitaris Barasuara. Sementara klipnya disutradarai Aji Yudistira, sutradara music video yang sudah sering berkiprah di industri kreatif. Karyanya antara lain kumpulan konser Raisa yang dikemas dalam DVD ekslusif.

Proyek musik ini adalah wujud apresiasi Teh Pucuk Harum bagi Band Langit Senja untuk memberikan pengalaman bergengsi di industri musik. Sebagai jawara Pucuk Cool Jam 2019, Langit Senja berkesempatan bisa rekaman di studio musik dan pembuatan music video dengan figur profesional di bidangnya. Proses rekaman dan produksi pun berlangsung di studio musik profesional milik SAE Indonesia sebagai education partner Pucuk Cool Jam sejak 2017.

 Juara Pucuk Cool Jam 2019 © 2019 brilio.netLangit Senja saat menjuarai Pucuk Cool Jam 2019 beberapa waktu lalu.

“Music video ini adalah wujud apresiasi sekaligus komitmen nyata Teh Pucuk Harum sebagai Brand RTD Tea favorit anak muda yang ingin terus menjadi saksi kelahiran generasi muda yang kreatif dan inspiratif,” ujar Assistant Brand Manager Teh Pucuk Harum, Debora Christiany saat konferensi pers di Hard Rock Cafe, Jakarta, baru-baru ini.  

Loading...

Proyek music video ini pun turut melibatkan pemenang Pucuk Cool Jam 2019 kategori ekstrakurikuler, yaitu SMADance asal SMAN 2 Yogyakarta untuk mengisi bagian performance dance.

“Kami berharap agar keterlibatan Band Langit Senja dan SMADance dalam music videoMimpi dan Matahari’ ini dapat menjadi pembuka gerbang kesuksesan bagi Band Langit Senja dan SMADance sehingga mendapatkan gambaran melangkah ke ranah industri musik dan kreatif di tahap selanjutnya hingga bisa meraih Pucuk Momen berbekal dari apa yang didapatkan dari Pucuk Cool Jam persembahan dari Teh Pucuk Harum,” ujar Brand Manager Teh Pucuk Harum Yustina Amelia.

Yang jelas, keterlibatan Band Langit Senja dalam proyek pembuatan music video Mimpi dan Matahari yang bergenre alternative-rock ini menjadi sebuah pengalaman sekaligus pembelajaran baru bagi band yang digawangi Rageena Hamidoyo (vocal), M Al-Hakim TF (gitar), Christian Aryo Junianto (drum), Enrico Evander Meliano (bass), dan Michael Aaron Christopher (keyboard).

Pucuk Cool Jam  © 2019 brilio.net

Menariknya, band yang mempunyai aliran musik pop-alternative ini meskipun baru pertama kali menjuarai ajang kompetisi band di Pucuk Cool Jam 2019 namun sudah memiliki karya single-nya sendiri berjudul Ceritaku (2018) dan Ingin (2019).

“Terima kasih kepada Teh Pucuk Harum yang telah memberikan kesempatan untuk memperluas jam terbang kami melalui proyek music video Mimpi dan Matahari ini. Kami bangga bisa menjadi bagian dari Pucuk Cool Jam, sebuah kompetisi yang tidak hanya memberikan pengalaman berharga tapi juga pembelajaran sekaligus tantangan baru untuk bisa memperdalam skill musikalitas kami sebagai musisi,” ucap Rico sang bassis.

Selama proses penggarapan music video ini, Rico mengaku sempat gugup karena langsung di bawah arahan Iga. Maklum, Langit Senja juga mengidolakan Iga Massardi. Kendati begitu mereka mendapatkan pelajaran berharga dari musisi Barasuara itu.   

“Ada beberapa pembelajaran baru yang kami dapatkan dalam proses rekaman kali ini. Salah satunya detail nada baik dari segi vokal maupun alat musik yang selalu dikoreksi Mas Iga sehingga kami bisa menghidupkan energi yang ada di dalam lagu tersebut,” lanjut Rico.

Pucuk Cool Jam  © 2019 brilio.net

Bicara mengenai konsep dan makna dari single Mimpi dan Matahari ini, Iga sebagai penulis lagu mengungkapkan bahwa lagu ini bisa menjadi sebuah semangat baru bagi para remaja dikala tengah merasakan beratnya sebuah tantangan dalam menggapai cita-cita.

Menurutnya lagu ini bercerita tentang sebuah perjuangan dalam meraih impian. Tentunya tidaklah mudah untuk mencapai keberhasilan, diperlukan kerja keras dan semangat pantang menyerah karena tentunya segala tantangan akan terus berdatangan. Namun bila bertekad untuk melangkah kuat, impian pasti bisa diraih.

“Sedangkan untuk konsep musiknya, pop-rock jadi genre yang saya usung dalam lagu ini, tapi setelah proses workshop langsung bareng Langit Senja, kita sepakat aransemen kembali menjadi alternative-rock sehingga tidak menghilang karakter musik mereka, selain itu energi dan semangat dalam lagu ini jadi lebih terasa,” jelas Iga.

Memang sekilas aransemen lagu Mimpi dan Matahari sangat kental nuansa dan warna musik Barasuara. Iga pun tidak menampik hal tersebut. Menurutnya, kondisi itu sangat natural terjadi. Iga mengaku tak pernah mencoba memasukan warna musik Barasuara secara sengaja.

“Cuma bagaimana saya membuat musik secara alamiah ya keluarnya seperti itu. Ketika di Barasuara juga membuat musik apa yang relevan buat saya. Itu menjadi karakter saya dalam membuat lagu,” ujar Iga kepada Brilio.net.

Pucuk Cool Jam  © 2019 brilio.netSMADance asal SMAN 2 Yogyakarta yang menjadi bagian dari musik video musik Mimpi dan Matahari.

Meski begitu Iga mengaku sangat puas dengan hasil rekaman Band Langit Senja untuk single Mimpi dan Matahari ini. Ia menuturkan bahwa Band Langit Senja sangat antusias terhadap karya musik ciptaannya sehingga semangat dan energi yang ada dalam lagu ini mampu disampaikan dengan sangat baik.

“Jujur, mulanya saya tidak banyak berekspektasi, tapi selama proses rekaman berjalan dan mendengar langsung hasil akhirnya, saya sangat bangga sama Band Langit Senja. Sebagai musisi, mereka sangat mudah diarahkan bahkan ada beberapa feedback yang mereka sampaikan sehingga dalam proses aransemen pun mereka sangat aktif untuk terlibat,” tambah Iga.

Selain itu, penggarapan music video Mimpi dan Matahari yang kembali digarap Aji punya cerita lain di mana lokasinya outdoor. Alasan pemilihan lokasi outdoor menurutnya agar music video ini mampu menggambarkan spirit yang ada di dalam lagu tersebut.

Sebetulnya konsepnya simple, yaitu menceritakan bagaimana perjalanan Band Langit Senja yang mengikuti Pucuk Cool Jam 2019, dari awal mereka masih berjuang untuk menang, hingga akhirnya mereka terpilih sebagai juara.

“Dengan memilih lokasi outdoor, kita menyatukan karakter dari Band Langit Senja dan lagu Mimpi dan Matahari ke dalam bentuk visual di dalam music video-nya dengan memasukan background matahari yang menggambarkan lagunya, dan memasukkan background senja sebagai karakter Band Langit Senja,” tutup Aji.

Nih music video-nya

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Musik Video Festival Minum teh Seni
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE