Brilio.net - Dulu, orang banyak mengandalkan perangkat fisik mulai dari fonograf, priringan hitam, pita kaset, hingga compact disc (CD) untuk menikmati lagu-lagu favorit. Kini, cukup memanfaatkan perangkat smartphone untuk mengakses aplikasi streaming musik agar bisa menikmati beragam jenis musik yang diinginkan.         

Ya, aplikasi streaming seperti Resso mengubah cara orang dalam mendengarkan musik-musik favorit. Bahkan lewat streaming musik, orang bisa benar-benar bisa menikmati me time secara berkualitas. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, di mana orang dianjurkan untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Tak pelak, streaming musik menjadi salah satu alternatif untuk memanjakan diri.

Aplikasi streaming musik © 2021 brilio.net

Tak sekadar menikmati musik pilihan, lewat streaming orang juga bisa berinteraksi dengan musisi. Setidaknya hal inilah yang muncul dari survei terbaru Resso dengan Provetic.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Survei yang dilakukan pada sekitar 100 pemangku kepentingan musik di Indonesia itu menyebutkan, lebih dari 60% responden mengharapkan platform streaming musik memungkinkan mereka berkolaborasi dengan musisi lain dan menghubungkan mereka dengan pendengarnya. Ketika pertunjukan musik, konser, dan gig ditunda, aplikasi streaming musik digital, seperti Resso, menjembatani industri musik, musisi, dan penggemar.

Aplikasi streaming musik © 2021 brilio.net

Selain itu, sekitar 40% musisi yang disurvei juga mengharapkan platform streaming memungkinkan mereka berinteraksi dengan penggemar dan audiens. Sejak interaksi fisik dibatasi protokol kesehatan, kemampuan untuk berbincang dengan penggemar dalam level yang lebih pribadi melalui fitur komentar di aplikasi menjadi suatu keharusan.

Sementara lebih dari 40% responden percaya bahwa musisi independen yang tidak berafiliasi dengan label semakin banyak. Aplikasi streaming musik memungkinkan musisi independen menampilkan bakat dan musik mereka kepada audiens yang lebih luas, dan Resso berada di depan untuk mendukung mereka.

Aplikasi streaming musik © 2021 brilio.net

Aldo Sianturi, pengamat musik yang kariernya di industri musik telah mengalami semua transformasi menyebutkan aplikasi streaming musik digital telah menjadi game-changer dalam cara kerja dan adaptasi industri musik saat ini. Mereka menyediakan platform bagi para pelaku industri musik tidak hanya untuk tetap produktif, tetapi juga untuk menjadi kreatif dalam mengeksplorasi cara-cara baru untuk memperkenalkan karya mereka, rilis lagu atau album baru, berinteraksi dengan penggemar, dan membina talent-talent baru yang muncul.

“Perubahan perilaku dalam satu tahun terakhir ini akan menentukan masa depan dunia musik Indonesia. Hal ini, meskipun sangat menantang, namun juga menawarkan peluang dan landasan baru untuk ide dan inovasi kreatif yang segar,” kata Aldo.

Aplikasi streaming musik © 2021 brilio.net

Selain merilis survei, Resso juga meluncurkan 18 playlist lagu-lagu Indonesia baru untuk merayakan warisan, bakat, dan potensi musik bangsa. Pengguna dapat menikmati playlist khusus yang merupakan campuran artis dari label independen dan besar.

Playlist yang sudah bisa diakses di Resso sejak 9 Maret 2021 ini berisi Andalan Resso, Santai Akhir Pekan, Resso Selanjutnya, Ranah Indie, Area Hip Hop, Dangdut Mania, Jowo Total, Cover Favorit, Musik Berisik, Padamu Tuhan, Disko Darurat, Irama Akustik, Jazz Nusantara, Kilas Balik 90an, Kilas Balik 2000an, Kilas Balik 2010an, dan Lagi Trending, Perempuan Indonesia.  

Aplikasi streaming musik © 2021 brilio.net

“Peran Resso semakin signifikan sebagai platform dan mitra bagi musisi, produser musik, dan label rekaman saat ini, dan di masa mendatang,” ujar Christo Putra, Head of Music and Content, Resso Indonesia.

Ini juga yang menjadi alasan, aplikasi streaming musik semakin digemari para penikmat musik.  

 

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR