Brilio.net - Memeriahkan Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret, Diplomat Evo berkolaborasi dengan M Bloc Entertainment dan Alive Indonesia menyelenggarakan Evoria Festival & Conference 2023 yang digelar di beberapa venue di M Bloc Space, Jakarta Selatan, selama dua hari, 11-12 Maret 2023.    

Ini merupakan ajang festival sekaligus konferensi musik populer yang difokuskan bagi para musisi pendatang baru terkurasi. Festival Musik Evoria menampilkan aksi terbaik dari belasan musisi (band) pendatang baru yang telah lolos kurasi, mengikuti program inkubasi bersama para profesional industri musik nasional serta telah melakukan tujuh showcase sebelumnya di beberapa venue di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.    

Sejak pertama kali diluncurkan pada November tahun lalu, berhasil terjaring 462 musisi (band) pendatang baru dari berbagai daerah di Indonesia yang ikut mendaftarkan musik mereka. Setelah melalui proses kurasi yang ketat akhirnya kemudian terpilih 10 musisi (band) pendatang baru untuk mengikuti keseluruhan program Evoria yang berjalan selama lebih kurang lima bulan lamanya.    

Para pendatang baru terbaik angkatan pertama yang kerap dijuluki Evoria 10 tersebut adalah Brian Rahmattio (Padang), Egi Virgiawan, Eleanor Whisper (Medan), Milka Eime, Shoki, Virdania, Reyner, Dayze (Medan), Pink Pitch, dan Hippotopia. Mereka diprediksi akan menjadi the next big thing dalam industri musik dalam negeri.

“Selama mengikuti Evoria, saya mendapatkan banyak sekali wawasan dari mentor-mentor yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Ilmu tersebut mempermudah saya untuk menyusun strategi dalam berkarya, baik dalam proses pembuatannya maupun pemasarannya. Tidak sampai di situ, saya juga mendapat banyak relasi baru dengan gigs setempat, media, dan teman-teman sesama emerging artist,” ujar Milka Eime, salah seorang solois dari Evoria 10.

Wadah bagi musisi pemula

Evoria Festival © 2023 brilio.net

Brian Rahmattio, penyanyi dan pencipta lagu asal Padang, Sumatera Barat mengakui bahwa Evoria menjadi wadah bagi musisi pemula untuk mengembangkan bakat mereka.  

Menurutnya, sejauh ini, mulai dari proses inkubasi sampai showcase, banyak ilmu dan pengalaman menarik yang dia dapat dari program Evoria. Mulai dari hal-hal kecil hingga hal-hal yang besar. Program ini sangat memberi wadah kepada para musisi pemula untuk dibekali insight dalam berkarier.

“Terima kasih banyak buat semua mentor dan crew yang terlibat di balik Evoria. Saya berharap pada next Evoria para musisi pendatang baru yang mendaftar bisa berkesempatan mendapat pengalaman yang sama demi kemajuan karier bermusik mereka nanti,” ungkap Brian.

Selain aksi musik dari para pendatang baru, Evoria Festival juga akan dimeriahkan oleh serangkaian penampilan dari beberapa band bintang tamu nasional terkemuka, di antaranya The Upstairs, The Adams, The SIGIT, The Panturas, HMGNC, Perunggu, Bottlesmoker, hingga The Sugar Spun. Masing-masing bintang tamu ini akan tampil di beberapa panggung Evoria yaitu di M Bloc Live House, Foya, dan Bloc Bar.

Sementara Konferensi Musik Evoria yang digelar bersamaan waktunya dengan festival musiknya akan menghadirkan para pembicara praktisi profesional industri musik dan showbiz nasional yang bakal memaparkan berbagai topik penting, tips, trik, best practice yang sangat berguna bagi pemajuan karier musisi/band di kancah industri musik.

Evoria Festival © 2023 brilio.net

Figur-figur musik terkemuka yang akan berbagi pada sesi ini di antaranya Armand Maulana (vokalis GIGI) yang akan berbicara tentang “Hidup dari Musik”, Arian 13 (Seringai) yang akan berbagi materi tentang strategi sukses menjual merchandise band. Selain itu masih ada David Karto (Synchronize Fest, Demajors) yang akan berbagi tips menembus festival-festival musik ternama, Angkuy yang akan bercerita pengalamannya tur konser keliling dunia bersama Bottlesmoker.

Ada juga Rey Idris Letlora (Manager Pamungkas) yang akan membagikan tips dan trik menjalankan tur konser secara mandiri, Rudolf Dethu (Manager The Hydrant) akan berbagi tips gaya busana dan cara propaganda musik yang efektif, hingga drummer Seringai sekaligus sutradara video musik dari rumah produksi ternama Cerahati, Edy Khemod, yang bakal memberikan arahan terbaik nan ramah di kantong dalam memproduksi video musik bagi bandband independen pendatang baru.