Brilio.net - Masih ingat Kontes Adu Singing (KAS) Vol.1 dan Vol.2 di KILO Lounge, Jakarta pada akhir 2019 lalu? Itu lho acara karaoke yang diinisasi Gofar Hilman bersama band Kasper. Nah Vol.3 bertajuk Revival ini kembali digelar beberapa waktu lalu.

Berbeda dari 2 gelaran event sebelumnya, rangkaian kegiatan program karaoke movement ini menggelar berbagai aktivitas digital berjudul Karaoke Anthem Challenge yang mencari band untuk tampil pada event KAS Vol. 3 dan gelaran puncak KAS Fest, pertengahan Juni 2020 mendatang. Konsistensi dan komitmen karaoke movement gagasan group band Kasper dan Gofar Hilman ini akhirnya mendapatkan support dari Supermusic.

Adjie Aditya Purwaka selaku perwakilan Supermusic mengatakan, ide yang dibawa Kasper ke industri musik sangat fresh. Berawal dari kemunculan band Kasper di program Ngobam alias Ngobrol Bareng Musisi di channel Youtube Gofar Hilman, aksi panggung perdana Kasper di perayaan ulang tahun ke-5 Indoestri Makerspace, hingga program Kontes Adu Singing (KAS) Vol.1 pada November lalu, dan KAS Vol.2 yang diselenggarakan Desember lalu di Kilo Lounge, Senopati, Jakarta Selatan.  

Karaoke Vol 3 © 2020 brilio.net

“Supermusic melihat bahwa perjalanan band Kasper di media sosial dan event offline-nya cukup menarik. Dari event KAS Vol.1 dan Vol. 2, ternyata mendapat antusiasme yang baik, tidak hanya dari beberapa icon-icon musik Indonesia, tapi juga dari anak muda di Jakarta khususnya. Sehingga bisa dikatakan ini berpotensi menjadi movement positive baru di blantika musik Indonesia yang harus disupport dan diapresiasi Supermusic” kata Adjie.

Band Kasper adalah trio yang terdiri dari Lips sebagai vokalis, gitaris yang juga bernama Kasper, dan drummer bernama DJ. Sebagai band yang berisikan 3 orang personel dengan hobi dan idealisme berbeda, tentunya menjadi suatu tantangan tersendiri dalam menyatukan visi dan misi mereka.

Seperti Kasper yang idealis dengan passionnya di dunia musik dan band, selalu mencoba untuk konsisten dengan idealismenya, lalu Lips yang punya karakteristik lebih “exist” dan selalu up-to-date dengan perkembangan tren yang ada plus hobi travelling dan adventure, dan DJ, sang drummer, memiliki idealisme dalam hal bisnis, selain kecintaannya terhadap musik dan sepakbola.

Karaoke Vol 3 © 2020 brilio.net

Selain itu, lanjut Adjie, Supermusic juga melihat activity digital Karaoke Anthem Challenge (KAC) di Instagram @wearekasper yang dianggap memiliki potensi sebagai wadah positif untuk para milenials mengekspresikan dirinya di bidang musik. Sehingga kemudian Supermusic berinisiasi untuk memberikan dukungan untuk kegiatan Karaoke Anthem Challenge, Kontes Adu Singing hingga Kontes Adu Singing Festival yang akan menjadi big bang dari seluruh activity yang dipelopori band Kasper bareng Gofar Hilman ini.

Gofar Hilman dan Kasper menyambut baik dukungan yang diberikan Supermusic. Bagi mereka, sejumlah kegiatan yang sudah dijalankan akhirnya membuahkan hasil. Kontes Adu Singing Vol.3 yang digelar baru-baru ini di KILO Lounge pun tak kalah meriah dari dua gelaran sebelumnya. Gofar maupun Kasper berharap agar Kontes Adu Singing selanjutnya animo meningkat dan menjadi kegiatan favorit untuk para muda-mudi mengekspresikan perasaan lewat nyanyian.

“Tentunya saya dan Kasper bangga karena mendapat support dari Supermusic. Karena memang KAC, KAS, dan KAS Fest nanti dirancang untuk memfasilitasi generasi jaman now berekspresi dengan cara kekinian. Ini bukan sekedar acara senang-senang, tapi meneruskan kultur masyarakat Indonesia yang memang sejak dulu gemar bernyanyi,” ucap Gofar Hilman.

Karaoke Vol 3 © 2020 brilio.net

Hal tersebut senada dengan Kasper, yang merupakan inisiator bersama Gofar untuk menggelar Karaoke Anthem Challenge maupun Kontes Adu Singing. KAC dirancang menjadi sebuah program untuk generasi muda menyalurkan ambisi dan bakat mereka bernyanyi. Begitu pula tujuan digelarnya event bulanan KAS sebagai bentuk ekspresi dan komunikasi.

“Bernyanyi atau berkaraoke itu juga bisa menjadi alat pemersatu dalam kebersamaan. Band Kasper senang mendapat sambutan positif dari pecinta karaoke yang mengikuti #KaraokeAnthemChallenge di Instagram dan pengunjung yang sudah bersuka ria bersama di Kontes Adu Singing dari Vol.1 sampai Vol.3. Semoga movement ini terus berlanjut dengan ide-ide kreatif nan liar lainnya serta membawa tren positif,” timpal Kasper.

Setiap gelaran Kontes Adu Singing, selain dimeriahkan band Kasper, dua band terpilih yang sebelumnya mengikuti #KaraokeAnthemChallenge difasilitasi untuk tampil secara langsung. Dari seluruh band yang terpilih dari setiap event KAS tersebut akan dipilih satu pemenang yang akan mendapatkan kesempatan tampil di Kontes Adu Singing (KAS) Festival yang akan diselenggarakan pertengahan tahun 2020. KAS Festival mempertemukan pemenang dari setiap Kontes Adu Singing untuk berkompetisi memenangkan total hadiah Rp 50 juta.

Karaoke Vol 3 © 2020 brilio.net

Karaoke Anthem Challenge dapat diikuti dengan cara menyanyikan salah satu karaoke anthem favorit berdurasi 15 detik dengan format video. Kemudian unggah di Instagram menggunakan tagar #KaraokeAnthemChallenge lalu menandai ke akun band Kasper yaitu @wearekasper dan Gofar Hilman @pergijauh. Selain peserta terpilih yang berkesempatan tampil, peserta lain yang ikut serta Karaoke Anthem Challenge di setiap volume diperkenankan meramaikan Kontes Adu Singing.