Brilio.net - Setelah sukses lewat lagu "Pesan Terakhir", Lyodra kembali mengguncang industri musik Indonesia dengan melakukan sebuah kolaborasi yang apik bersama musisi andal, Andi Rianto.

Kolaborasi keduanya menghasilkan karya terbaru dari hasil remake lagu lawas yang berjudul "Sang Dewi". Untuk dapat diketahui, lagu "Sang Dewi" merupakan original song ciptaan Andi Rianto bersama dengan Titi DJ, yang sekaligus penyanyi untuk lagu yang dirilis pada 2001 silam lalu.

Pada single remake ini Andi Rianto selaku produser sekaligus arranger ingin memberikan warna baru dalam nuansa aransemennya dengan mempertimbangkan karakter vokal dari Lyodra. Dan benar saja, "Sang Dewi" versi terbaru ini diaransemen sangat apik dengan melibatkan Budapest Scoring Orchestra untuk memberikan nuansa musik yang super megah.

“Lagu ini menceritakan tentang seorang perempuan yang menemukan cinta sejatinya, walaupun si pria ini bukan dewa tapi dia sudah membuat perempuan ini merasa menjadi sang dewi,” ujar Andi Rianto menceritakan tentang kisah dari lagu tersebut.

Kolaborasinya keduanya menghasilkan musik pop yang apik dan dipadukan dengan suara berbagai instrumen dari sebuah orkestra menjadikan kesatuan yang luar biasa dari sebuah karya.

Cerita kolaborasi antara Andi Rianto dan Lyodra

 lagu kolaborasi terbaru Lyodra dan Andi Rianto © berbagai sumber

foto: brilio.net/Dewi Suci

Awal cerita dari kolaborasi keduanya dikarenakan beberapa kali pernah terlibat kerja sama dalam berbagai event sehingga baik Andi Rianto dan Lyodra memiliki chemistry yang kuat untuk menghadirkan suatu karya bersama. Berangkat dari hal tersebut pula terjadi spontanitas untuk melakukan remake lagu "Sang Dewi" yang menjadi salah satu lagu legendaris. Keduanya melanjutkan ide tersebut ke dalam workshop hingga proses rekaman yang tidak banyak memakan waktu.

“Sebenarnya spontan aja sih, ketemu beberapa kali di beberapa event, terus ngobrol-ngobrol kayaknya seru ya kalau bisa kolaborasi, akhirnya yaudah jadi deh,” cerita Lyodra. “Dari awal saya punya ide remake lagu ini, hanya ada satu nama di benak saya yaitu Lyodra. Saya sudah pernah kerja sama dengan dia, dan saya merasa cocok lagu ini dibawakan sama dia dengan caranya sendiri,” kata Andi menambahkan.

Tantangan yang dihadapi oleh Andi Rianto, Lyodra, dan tim

 lagu kolaborasi terbaru Lyodra dan Andi Rianto © berbagai sumber

foto: brilio.net/Dewi Suci

Melakukan remake lagu yang sebelumnya memang sudah memiliki kualitas baik memang tidak mudah. Baik Lyodra maupun Andi Rianto mengakui bahwa ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam proses produksinya, walaupun akhirnya hal itu dapat diatasi oleh keduanya. Bagi Andi, mencocokkan karakter vokal Lyodra dengan lagu menjadi salah satu yang paling utama.

“Mencocokkan karakter lagu dengan karakter vokal Lyodra adalah salah satu tantangannya, namun saya yakin Lyodra punya kemampuan teknis yang tinggi, dengan kemerduan suaranya saya yakin ia bisa menaklukkan aransemennya. Yang penting untuk saya, walaupun dengan aransemen berbeda, esensi lagunya harus utuh seperti sebelumnya,” tegas Andi menjelaskan.

Sementara Lyodra mengaku sejak awal ia sudah menemukan tantangan berat untuk merepresentasikan lagu ini yang sudah melekat dengan karakter vokal Titi DJ. Namun begitu, Lyodra merasa tantangan itu yang membuatnya terpacu untuk menyajikan yang terbaik di lagunya.

“Ini lagu sulit banget, karena notasinya susah, kedengarannya aja mungkin gampang, tapi saat dinyanyikan susah banget. Improve dan vibes-nya kan harus baru, terus range vokalnya juga luas, nadanya juga tinggi. Menariknya, karena susah untuk dinyanyikan, setelah proses rekaman selesai merasa sangat puas, keren banget, dan aransemennya juga sangat megah,” tegas Lyodra.

Single berjudul “Sang Dewi” ini juga akan dirilis dalam bentuk musik video, baik itu video lirik maupun video klip. Dalam pembuatan musik video, Andi dan Lyodra mempercayakan Upie Guava sebagai sutradara untuk menggarap musik video ini. Sepanjang kariernya di industri musik, Lyodra mengaku bahwa musik videonya kali ini merupakan musik video yang paling out of the box dan terkonsep selama ia terlibat di dalam pembuatan musik video. Semua set pengambilan gambar dilakukan di studio dengan menggunakan high technology.

“Ceritanya kayak aku di sini tinggal di duniaku dan aku ajak cowok itu tinggal di duniaku untuk menyembuhkan rasa luka aku. Tapi ini keren banget pokoknya hasilnya,” tutur Lyodra.

Rasa kagum akan pembuatan musik video juga dirasakan oleh Andi Rianto. Ia mengaku terpukau dengan set pengambilan gambar, yang menurutnya sangat visioner. “Teknologinya keren banget, saya merasa terpukau dan amaze dengan setnya, pengambilan gambarnya. Upie Guava dan tim sangat visioner, saya sangat puas,” ujarnya.

Dengan dirilisnya versi terbaru dari “Sang Dewi”, baik Lyodra maupun Andi Rianto berharap lagu ini dapat memberikan warna baru dan menjangkau lebih luas lagi para penikmat musik terutama generasi muda. “Suatu kehormatan bagi saya bisa menyanyikan lagu “Sang Dewi” yang dibawakan oleh salah satu penyanyi terbaik Indonesia, Titi DJ. Semoga lagu ini bisa diterima oleh masyarakat dan pecinta musik di Indonesia serta bisa memberikan warna baru untuk lagunya,” tutup Lyodra.

Untuk kamu yang penasaran dengan lagu kolaborasi terbaru Lyodra dengan Andi Rianto, kamu bisa menyaksikan musik videonya pada 12 Agustus 2022 pukul 00.00 melalui kanal YouTube Lyodra dan Universal Music Indonesia. Selain itu, kamu juga dapat mendengarkan lagu "Sang Dewi" di semua platform layanan musik digital!

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)