Brilio.net - "Tanah airku tidak kulupakan. Kan terkenang selama hidupku...". Kalian pasti udah tahu kan dengan penggalan lagu tersebut? Lagu wajib nasional berjudul 'Tanah Airku' tersebut biasanya diperdengarkan dengan latar belakang kekayaan alam Indonesia, ragam suku, dan buadaya yang ada di Indonesia, yang membuat jiwa patriotik dan rasa cinta Tanah Air kita bangkit seketika. Kalian tentunya juga mengenal Ibu Soed, sang pencipta lagu tersebut, bukan?

Yup, Bu Soed atau yang bernama asli Saridjah Niung, wanita yang lahir pada 26 Maret 1908 dan wafat di tahun 1993 di usianya ke 85 tahun merupakan sosok yang wajib kita kenang. Karena Bu Soed lah, masa anak-anak kita menjadi berwarna dengan lagu-lagunya yang ceria, ideologis serta patriotik bagi anak-anak Indonesia.

Deretan lagu-lagu karya Bu Soed masih terkenang hingga saat ini. Sepanjang hidupnya, Bu Soed sudah menciptakan lebih dari 200 lagu lewat karangan yang ia buat sendiri. Lagu seperti Hai Becak, Tik tik Bunyi Hujan, hingga lagu wajib seperti Berkibarlah Benderaku dan Tanah Airku masih sering diperdengarkan hingga sekarang.

Nah bertepatan dengan hari kelahiran Bu Soed 109 silam, bukan hanya kita warga Indonesia mengenang beliau, Google Doodle juga turut mengenang karya beliau dan memberikan doa dan selamat ulang tahun untuk Bu Soed.

Google Doodle mengenang Bu Soed.

 

Nah sembari kalian mengenang Bu Soed, ada baiknya kamu mendengarkan 8 lagu Bu Soed yang legendaris ini. Dari lagu-lagu ini kamu bisa merasa kembali ke masa kanak-kanak kalian, dan merasakan kembali rasa cinta kita pada negara kita. Apa saja? Yuk simak di bawah ini!

 

1. Lagu anak berjudul 'Kupu-kupu yang Lucu' ini pasti bikin gemes-gemes sendiri deh.

 

2. Lagu "Berkibarlah Benderaku" ini diaransemen ulang oleh E.L. Pohan dan dinyanyikan oleh mahasiswa Paduan Suara dari Universitas Padjajaran Bandung. Sukses bikin merinding deh.

 

3. Lagu Tanah Air aransemen ulang dari Angklung Hamburg Orchestra dan dinyanyikan oleh Gita dan Paulus yang membacakan puisinya. Bikin makin cinta tanah air, apalagi suara angklungnya itu tuh.

 

4. Musim hujan gini paling cocok dengerin lagu ini, Tik Tik Tik Bunyi Hujan.

 

5. Sebelum ada gadget, permainan anak-anak '90-an nih. Main ular-ularan sambil menyanyikan 'Ular Naga'. "Umpan yang lezat itulah yang dicari, hap!!!"

 

6. Tiap ada kesempatan naik delman, pasti bawaannya nyanyi lagu ini deh. 'Naik Delman' yang legendaris abis.

 

7. Lagu ini juga membuat kita mengingat siapa nenek moyang kita.

 

8. Lagu wajib kalau lagi tamasya ke gunung bareng teman-teman sekolah dulu.