Brilio.net - Anak generasi 90-an harusnya sudah tak asing lagi dengan sinetron bertema keluarga, Keluarga Cemara. Ya, sinetron yang ditayangkan sejak 6 Oktober 1996 hingga 24 Agustus 2004 di salah satu stasiun swasta Tanah Air itu memang begitu berkesan bagi masyarakat. Sinetron ini menceritakan mengenai kehidupan satu keluarga, yakni Abah, Emak, Euis, Agil dan Cemara.

Untuk mengobati rasa rindu terhadap sinetron ini, bersiaplah pada awal Januari 2019 mendatang. Sebab sinetron yang memiliki episode 412 itu akan diangkat ke layar lebar. Film yang diproduksi Visinema Pictures yang bekerja sama dengan Ideosource Entertainment dan Kaskus tersebut ini baru saja merilis trailernya.

Film yang akan tayang pada 3 Januari 2019 ini akan menghadirkan sejumlah aktor dan aktris ternama, yakni Ringgo Agus Rahman (Abah), Nirina Zubir (Emak), Zara JKT 48 (Euis), dan Widuri Puteri (Ara).

Selain para pemerannya, yang tak kalah mencuri perhatian adalah original soundtrack (OST) Keluarga Cemara kali ini dinyanyikan ulang oleh Bunga Citra Lestari atau yang akrab dengan sebutan BCL. Belum lama, akun YouTube Aquarius Musikindo baru merilis video klip lagu tersebut, yakni BCL - Harta Berharga (OST Keluarga Cemara) | Official Video.

Suara BCL yang merdu dan lembut saat menyanyikan ulang OST Keluarga Cemara rupanya disambut antusias oleh masyarakat. Setelah tiga hari penayangannya, video klip OST Keluarga Cemara telah ditonton sebanyak kurang 10 ribu kali dan mendapat komentar lebih dari seribu.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (13/12), berikut fakta-fakta menarik soal OST Keluarga Cemara yang dinyanyikan ulang oleh BCL.


1. Alasan BCL sebagai penyanyinya.

fakta OST keluarga cemara © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@bclsinclair


Semua orang percaya suara yang dimiliki BCL begitu khas. Hampir semua lagu yang dibawakannya selalu berhasil membuat pendengarnya terbawa suasana dan menikmati lagu, tak terkecuali pada lagu Harta Berharga atau OST Keluarga Cemara. Melalui keterangan akun YouTube Aquarius Musikindo, rupanya BCL dianggap mampu mewakili Keluarga Cemara 'era modern'.

"BCL mewakili wanita Indonesia yang mempunyai keluarga di era modern sekaligus menanamkan nilai-nilai sebuah keluarga. Melalui lagu ini dia memainkan emosi pendengarnya, ditambah lirik yang mudah diingat, karakter suara yang lembut dan ritme musik yang sederhana sangat menyatu dengan suara khas BCL. Lagu ‘Harta Berharga’ yang direcycle ulang ini terdengar berbeda saat dinyanyikan BCL, namun tidak merubah keikonikan lagu ini," tulis akun Aquarius Musikindo di deskripsi video tersebut.


2. Diaransemen Ifa Fachir.

fakta OST keluarga cemara © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ifa_fachir


Lagu Harta Berharga yang sebelumnya dipopulerkan oleh Novia Kolopaking tersebut diaransemen ulang oleh Ifa Fachir. 'Nuansa baru' yang dihadirkan oleh lagu ini rupanya disambut baik oleh para pendengarnya.


3. BCL featuring Purwacaraka Children's Choir.

fakta OST keluarga cemara © 2018 brilio.net

foto: YouTube/Aquarius Musikindo


Warna-warni lain dalam lagu ini adalah suara-suara merdu dari adik-adik Purwacaraka Music Studio. Pada bagian lirik 'Selamat pagi emak, selamat pagi abah' bahkan membuat banyak pendengarnya terngiang-ngiang.


4. Tiga hari rilis langsung trending di YouTube.

fakta OST keluarga cemara © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@filmkeluargacemara


Setelah videonya resmi dirilis pada 10 Desember lalu, video klip Keluarga Cemara versi BCL ini langsung menduduki trending nomor 21 di YouTube. Bahkan tiga hari penayangannya, video ini telah ditonton lebih dari 10 ribu kali.


5. BCL beri kejutan di hari ulang tahun pernikahannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bunga Citra Lestari (@bclsinclair) on

Tepat pada 9 November lalu, lewat akun Instagram pribadinya BCL mengunggah sebuah cuplikan lagu OST Keluarga Cemara yang dibawakannya. Unggahannya tersebut tepat satu hari setelah hari pernikahannya ke-10 yang jatuh pada 8 November. Hal tersebut juga diungkapkan dalam caption Aquarius Musikindo seperti dilansir brilio.net.

"BCL sendiri memproduksi Video Project untuk project lagu ini, di hari ulang tahun pernikahannya ke 10 pada tanggal 8 November kemarin, dia mengajak fansnya untuk mengirimkan momen-momen berharga keluarga yang akan dikemas dalam sebuah video project sebagai kejutan manis untuk fansnya."


6. Lirik indah yang tak akan oleh waktu.
Banyak yang menyebut jika lirik lagu Keluarga Cemara sangat bagus. Notasi nadanya pun sangat mudah dihafal dan dinyanyikan.

Harta yang paling berharga
adalah keluarga
Istana yang paling indah
adalah keluarga

Puisi yang paling bermakna
adalah keluarga
Mutiara tiada tara
adalah keluarga

Selamat pagi emak
Selamat pagi abah
Mentari hari ini
Berseri indah

Terima kasih emak
Terima kasih abah
Untuk tampil perkasa
Bagi kami putra putri
yang siap berbakti