Brilio.net - Lagu anyar Atta Halilintar berjudul #THISISINDONESIA sukses menyedot perhatian publik. Bukan hanya di Tanah Air tapi juga di mancanegara. Sejak dirilis pada 15 Agustus 2021, lagu yang bertemakan tentang Indonesia ini langsung trending kurang dari 24 jam, bahkan di enam negara sekaligus. 

Di Indonesia trending 1, Hong Kong trending 3, Singapura trending 5, Taiwan trending 7, Malaysia trending 19 dan di Dubai lagu This Is Indonesia menjadi Trending ke 23.

Lagu Atta Halilintar THISISINDONESIA © 2021 brilio.net

Kesuksesan #THISISINDONESIA tidak lepas dari lirik, tema, kolaborasi hingga konsep video klip yang dikemas secara spektakuler. Menggandeng Rizal Mantovani, Atta menyutradarai video klipnya dengan menggunakan teknologi computer-generated imagery (CGI) yang menampilkan keindahan alam dan ciri khas Indonesia, seperti baju, kesenian, budaya, dan ikon-ikon Indonesia. Video klipnya mengangkat konsep futuristik tanpa menghilangkan sisi Indonesia yang megah dan elegan.

“Untuk proyek ini saya ingin benar-benar spesial, dan saya meminta kepada Rizal Mantovani untuk membuat video klip. Sempat beradu konsep, sampai akhirnya dipilihlah video klip yang dirilis ini,” jelas Atta.

Nah bagaimana #THISISINDONESIA akhirnya bisa mendapat simpati banyak orang, termasuk di mancanegara? Berikut faktanya. 

1. Hasil kolaborasi unik

Lagu Atta Halilintar THISISINDONESIA © 2021 brilio.net

#THISISINDONESIA merupakan hasil kolaborasi yang sangat unik dengan DJ BEAUZ, international disc jockey yang merupakan keturunan asli Indonesia. Momentum kolaborasi spesial ini menghasilkan sebuah lagu bergenre Hip Hop Etnic, yang juga melibatkan istri tercintanya, Aurelie Hermansyah, Diva Indonesia, Krisdayanti, dan ibunda Lenggogeni Faruk Halilintar. Komposisi yang ada pada lagu ini merupakan perpaduan musik modern dan musik etnik khas Indonesia yang akan memikat telinga para penikmat musik Tanah Air.

2. Pesan persatuan

Lagu ini berisikan pesan-pesan persatuan Indonesia, mengenal dan mempelajari kembali bagaimana bangsa Indonesia memiliki budaya yang luhur. Lagu ini juga menyampaikan semangat positif bagi masyarakat, bahwasanya Indonesia memiliki ketangguhan dan tetap tumbuh bersama ditengah situasi pandemi global yang masih bergulir.

“Situasi pandemi ini membuat Indonesia sedang mengalami kesulitan, maka dari itu kami hadirkan karya ini untuk membangkitkan semangat untuk kita bangkit dan tumbuh bersama. So, #THISISINDONESIA, Indonesia bisa!!” ujar Atta.

3. Lagu lokal dengan sentuhan global

Lagu Atta Halilintar THISISINDONESIA © 2021 brilio.net

Untuk menghasilkan karya spektakuler ini, Atta mengajak DJ BEAUZ untuk berkolaborasi. Atta bertemu dengan DJ BEAUZ di suatu acara dan langsung mengundangnya berkolaborasi karena Atta merasa lagu ini butuh sentuhan musik internasional yang bisa diterima di industri musik global tanpa meninggalkan ciri khas Indonesia.

Duo DJ asal Tiongkok ini merupakan musisi keturunan Indonesia yang sudah beberapa kali mencicipi panggung internasional, di antaranya di Los Angeles, Las Vegas, dan San Fransisco. BEAUZ terdiri dari dua kakak beradik, Bernie dan Johan, telah menghasilkan lagu-lagu hits seperti Count the Hours, Treasure U, Feel the Light, dan Crazy.

“Kami sangat bangga dapat bergabung pada proyek ini. Bagaimanapun juga kami tetap orang Indonesia sehingga ingin memberikan persembahan terbaik bagi Indonesia. Apalagi kami juga terkesan ketika mendengar lagunya dan membaca liriknya. Liriknya sangat indah dan puitis. Kami memberikan yang terbaik dalam menggarap lagu ini,” ungkap BEAUZ.

4. Melibatkan orang terdekat

Lagu Atta Halilintar THISISINDONESIA © 2021 brilio.net

Selain keterlibatan musisi internasional, Atta juga menghadirkan sang isteri Aurel Hermansyah, Krisdayanti, dan ibundanya, Lenggogeni Faruk Halilintar pada karya istimewanya yang merepresentasikan persembahan untuk Ibu Pertiwi.

“Terima kasih banyak semuanya atas supportnya. Seperti yang Bang Atta sampaikan, lagu ini untuk Indonesia. Kita, Indonesia. Jadi kita semua harus tetap semangat untuk tumbuh bersama,” ucap Aurel.

Krisdayanti yang merupakan Diva Indonesia juga menyampaikan apresiasinya atas karya anak bangsa yang sangat kreatif meskipun dalam keterbatasan situasi pandemi.

“Ketika saya mendengar lagunya dari Atta, ini memacu kekuatan dan spirit nasionalisme. Kita harus dukung prestasi anak muda Indonesia. Saya senang menjadi bagian dari sebuah karya untuk menyongsong 76 tahun Indonesia Merdeka. Jadi ini sebuah karya yang harus didukung, semoga bisa memberikan manfaat yang baik untuk menggerakkan semua generasi muda di Nusantara, agar bangga dengan Indonesia,” ucap Krisdayanti.

5. Kecanggihan teknologi CGI

Lagu Atta Halilintar THISISINDONESIA © 2021 brilio.net

Bersama dengan Rizal Mantovani, Atta menyutradarai video klipnya dengan menggunakan teknologi computer-generated imagery (CGI) yang menampilkan keindahan alam dan ciri khas Indonesia, seperti baju, kesenian, budaya, dan ikon-ikon Indonesia. Video klip ini mengangkat konsep futuristik tanpa menghilangkan sisi Indonesia yang megah dan elegan. Proses syuting video klip dibuat nuansa perdesaan, seperti di Papua yang dikemas lebih futuristik dan elegan, ditambah lagi ada penari yang menampilkan tarian-tarian kontemporer.

6. Mengajak Bang Menteri

Lagu Atta Halilintar THISISINDONESIA © 2021 brilio.net

Bukan Cuma orang-orang terdekat, dalam video klip #THISISINDONESIA, Atta juga mengajak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam video klip ini, Bang Menteri, begitu Sandiaga kerap disapa, berdiri di atas lansekap Indonesia dan dikelilingi ikon-ikon Indonesia, seperti Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan masih banyak lagi.

Menurut Sandiaga, musik tidak hanya sekedar memainkan instrumental tapi bisa juga menjadi ekspresi dari membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme. Musik menjadi simbol kemandirian dan kreativitas anak-anak muda Indonesia. Apalagi saat ini musik telah berkembang menjadi salah satu sektor ekonomi kreatif yang diwadahi pengembangannya oleh Kemenparekraf.

“Saya sangat senang dan bangga sekali terlibat dalam proyek ini. Konsep lagu dan video klip yang mengangkat keindahan Indonesia diharapkan dapat juga menjadi sarana promosi pariwisata Indonesia serta akselerasi pemulihan sektor pariwisata ekonomi kreatif dapat tercapai,” ungkap Sandiaga.