Brilio.net - Apa yang terlintas di benakmu bila bicara tentang permainan cahaya? Permainan cahaya di taman atau air mancur? Kali ini kamu kudu kenalan sama istilah video mapping, permainan cahaya yang asyik banget!

Video mapping adalah karya seni yang melibatkan teknologi dan elemen-elemen geometri dalam pembuatannya. Tekniknya adalah memproyeksikan video pada permukaan datar seperti dinding, layar, struktur, objek tiga dimensi (3D), bahkan ada yang orang.

Di Indonesia sendiri, karya video mapping sebetulnya sudah diperkenalkan ke khalayak. Misalnya saja di Bandung, pernah ada video mapping yang menjadikan Gedung Sate sebagai sarana atau objeknya, lalu di Jogja ada video mapping diproyeksikan ke Gedung BNI dan Tebing Breksi, dan di Pekalongan pernah ada video mapping dengan menggunakan gedung Museum Batik Pekalongan sebagai objeknya.

Nah, ternyata Indonesia juga sudah menorehkan prestasi di kancah dunia internasional untuk kompetisi video mapping, lho. Karya dari tim Sembilan Matahari yang didirikan oleh dua bersaudara Adi Panuntun dan adiknya, Sony Budi Sasono, berhasil meraih juara pertama di Rusia, tepatnya dalam ajang Moscow International Festival Circle of Light 2014. Video mapping buatan tim Sembilan Matahari ini patut disejajarkan dengan karya-karya terbaik video mapping di dunia.

Mau tahu video mapping karya tim asal Bandung, Jawa Barat itu dan yang lain? Cek yuk, lima video mapping yang disebut-sebut bikin banyak orang melongo!

1. Karya tim Sembilan Matahari yang sukses meraih juara Best Light Designers untuk kategori klasik dalam art vision contest di Moscow International Festival Circle Of Light 2014.




2. Karya Damien Fountain dan tim (Prancis) yang menang iMapp Bucharest 2014. iMapp Bucharest sendiri adalah pertunjukan multimedia 3D terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh Pusat Kreasi, Seni, dan Tradisi Pemerintah Kota Bucharest atau Bukares, ibu kota Rumania.




3. Karya Romain Tardy & Thomas Vaquié yang menjadikan bangunan bersejarah berusia 103 tahun, Centennial Hall di Wrocaw, Polandia sebagai sarana video mapping.




4. Karya Bot & Dolly yang melibatkan teknologi robot untuk membantu pembuatan efek video mapping.




5. Video mapping di wajah manusia karya Oskar & Gaspar (agensi Excentric) untuk proyek sebuah merek smartphone yang dirilis di Portugal.


Gimana, Sobat Brilio? Keren semua, kan? Nah, bukan cuma lima karya di atas yang bikin kamu takjub. Video mapping lain karya anak negeri juga mulai menggeliat, termasuk keterlibatan video mapping dalam musik. Seperti yang dilakukan MOVE dengan music DJ Jevin Julian dalam nge-mix musik yang bertajuk "Keep on Movin". Mau tahu kerennya video mapping dalam Keep on Movin? Tonton video di bawah ini.