Brilio.net - Ajang penghargaan bagi musisi dan penikmat musik di Indonesia, Indonesian Music Awards (IMA) 2021 sukses digelar, Senin (6/12). Acara perdana besutan Melon Indonesia, Langit Musik, dan Nada Sambung Pribadi (NSP) dengan RCTI ini merupakan salah satu dari penghargaan bagi insan musik dengan basis pilihan penggemar melalui mekanisme voting.

“Musisi yang terpilih sudah diumumkan. Selamat untuk semua pemenang dari 12 kategori yang sudah dipilih secara antusias sehingga total vote dan streaming lebih dari 12 juta. Kami pun melibatkan auditor independen dalam pengecekan hasil voting sebagai keabsahan data untuk tetap menjaga kredibilitas,” ujar Dedi Suherman, CEO Melon Indonesia.

IMA 2021 © 2021 brilio.net

Para nominasi yang masuk dalam ajang ini diperoleh dari data stream Langit Musik dalam kurun waktu Oktober 2020 hingga Oktober 2021. Dari data tersebut, diperoleh 10 nama untuk tiap kategori. Selanjutnya 10 nama tersebut dikerucutkan menjadi 5 nominasi di tiap kategori lewat mekanisme validasi dan verifikasi bersama perwakilan Asosiasi Music Director Indonesia (AMDI) dan pengamat musik.

“Mekanisme voting, kami buat transparan dan juga dilakukan audit oleh auditor independen sehingga nama pemenang yang diumumkan pada malam puncak IMA 2021 dapat dipertanggungjawabkan keabsahan serta kredibilitasnya,” tambah Adib Hidayat, selaku VP Digital Music PT Melon Indonesia.

Berikut sejumlah fakta ajang IMA 2021

1. Tembus 12 juta vote

IMA 2021 © 2021 brilio.net

Dalam pemilihan nominasi, penyelanggara melibatkan masyarakat penggemar musik dalam proses pemilihan lagu dan musisi favorit. Mereka terbukti sangat antusias mengikuti proses voting. Tercatat jumlah pemilih hingga tembus angka lebih dari 12 juta voters.

2. Para jawara favorit

IMA 2021 © 2021 brilio.net

IMA 2021 menghadirkan 12 kategori di mana masing-masing terdapat 5 nominasi. Berikut ini, nama-nama yang terpilih sebagai terfavorit di tiap kategori.

1. Kategori Song of The Year : Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti—Anneth Delliecia

2. Kategori Colaboration of The Year : Ungu & Lesty Kejora—Bismillah Cinta

3. Kategori New Artist of The Year : Mahalini

4. Kategori Social Media Artist of The Year : Lesty Kejora

5. Kategori Male Singer of The Year : Iwan Fals

6. Kategori Female Singer of The Year : Lesty Kejora

7. Kategori Duo/Grup/Band of The Year : Noah

8. Kategori Alternative Song of The Year : To The Bone—Pamungkas

9. Kategori Throwback Hits of The Year : Hampa—Ari Lasso

10. Kategori Songwriter/Composer of The Year : Bembi Noor, Mario Kacang, Tengku Shafick—Salah Benar (dibawakan 3 Composers feat. Rizky Billar)

11. Kategori Album of The Year : Lyodra—Lyodra

12. Kategori Top Nada Sambung Pribadi : Kulepas Dengan Ikhlas—Lesty Kejora

3. Penghargaan khusus untuk Glenn Fredly

IMA 2021 © 2021 brilio.net

Malam puncak IMA 2021 juga diisi dengan Life Achievement Award bagi insan musik Indonesia yang berpengaruh besar bagi kemajuan musik Indonesia. Di pergelaran perdana ini, terpilihlah nama Glenn Fredly sebagai tokoh musik Indonesia yang paling layak menerima penghargaan ini.

Penghargaan ini diterima sang Istri, Mutia Ayu dan juga kerabat dari mendiang Glenn Fredly. Nama Glenn Fredly terpilih karena kiprahnya sebagai musisi dan pencipta lagu yang banyak menciptakan karya berkualitas sehingga menginspirasi banyak orang.

4. Apresiasi untuk konten kreatif

IMA 2021 © 2021 brilio.net

Selain 12 kategori, IMA 2021 juga mengangkat antusiasme para pencipta konten kreatif dalam menciptakan Nasa Sambung Pribadi (NSP Kreasi) lewat kategori NSP Creation of The Year. Pada gelaran perdana ini NSP Creation of The Year jatuh kepada Abdul Rasyid Baharuddin, asal Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

5. Penghargaan untuk para crew dan donasi bagi korban erupsi Gunung Semeru

IMA 2021 © 2021 brilio.net

Selain Life Achievement Award, pada gelaran perdana IMA 2021 ini juga dijadikan momentum untuk berbagi kasih kepada rekan-rekan crew serta para road manager panggung yang penghasilannya terkena dampak pembatasan kegiatan masyarakat selama masa pandemi. Melalui program #MelonIndonesiaBerbagi memberikan donasi sebesar Rp 150 juta untuk mereka yang berprofesi sebagai crew dan road manager panggung yang dititipkan melalui organisasi Road Manager Indonesia (RMI) yang diwakilkan Abdul Aziz dan Tommy Prasetyadi.  

Selain itu, untuk merespons perkembangan peristiwa belakangan ini, #MelonIndonesiaBerbagi juga memberikan donasi sebesar Rp 150 juta yang disalurkan Langit Musik melalui MNC Peduli untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur yang terjadi, Sabtu (4/12) lalu. Penyaluran dana ini diserahkan Dedi Suherman selaku CEO PT Melon Indonesia kepada Jessica Tanoesoedibjo selaku Ketua MNC Peduli.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/red)