Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Musik
Logo brilio
+
(brl/tin)

30 November 2018 16:17

5 Fakta Franz Ferdinand, band rock dengan sentuhan seni

Mereka bakal mengguncang Jakarta dan Bali!.

5 Fakta Franz Ferdinand, band rock dengan sentuhan seni

View Image

foto: Instagram/@franz_ferdinand

Brilio.net - Buat kamu pencinta musik indie rock mungkin sudah tidak asing lagi dengan band Franz Ferdinand. Band asal Glasgow, Skotlandia yang terbentuk pada tahun 2002 ini mulai dikenal banyak orang lewat lagu bertajuk Take Me Out yang dirilis pada tahun 2004 silam.

Saking hitsnya lagu tersebut, band yang kini beranggotakan Alex Kapranos, Bob Hardy, Paul Thomson, Julian Corrie dan Dino Bardot ini menjadi salah satu simbol band indie rock populer di Indonesia. Band Indie ini juga sudah pernah menyapa para fansnya di Indonesia pada bulan November tahun 2009 lalu.

Tak hanya memanjakan telinga para pencinta musik Tanah Air, kepiawaian bermusik Franz Ferdinand juga membuatnya memiliki tempat sendiri di hati para pencinta musik dunia. Alex Kapranos dan kawan-kawan kerap memberi sentuhan seni pada setiap karya musik yang dibawakan. Tak mengherankan jika sudah banyak penghargaan yang mereka raih hingga saat ini.

Jadi makin penasaran kan dengan band indie rock satu ini? Nah, berikut lima fakta Franz Ferdinand yang sudah disarikan brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (30/11).

1. Nama mereka diambil dari kuda pacu bernama Archduke Ferdinand.

Franz Ferdinand berbagai sumber

foto: Instagram/@franz_ferdinand

Kamu yang baru pertama kali mendengar nama band ini mungkin akan sedikit kebingungan karena mengiranya bukan sebagai band, melainkan nama seorang musisi. Nah, nama band ini sendiri ternyata awal mulanya berasal dari nama seekor kuda pacu bernama Archduke Ferdinand. Kemudian, mereka mulai membicarakan tentang seorang tokoh yang memiliki nama serupa yaitu, Archduke Franz Ferdinand.

Nama tersebut kemudian ditetapkan menjadi nama band mereka karena penyebutan nama Franz Ferdinand terdengar unik serta sejarah yang dimiliki tokoh tersebut, di mana kematiannya mengubah dunia karena menjadi pemicu Perang Dunia pertama.

2. Konsisten mengusung tema avant-grande Rusia dan gerakan aliran seni dadaisme.

Franz Ferdinand berbagai sumber

foto: franzferdinand.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, band indie rock satu ini memang kerap memberi sentuhan seni pada setiap karya musik yang dibuat. Hal ini bisa terlihat dari cover album dan single yang mereka keluarkan. Cover-cover tersebut banyak yang mengusung tema avant-grande Rusia juga gerakan aliran seni dadaisme. Beberapa contohnya adalah cover album kedua mereka, 'You Could Have It So Much Better' pada tahun 2005 yang mengacu pada portrait Lilya Brik karya seniman Alexander Rodchenko tahun 1924.

3. Video musik lagu hits Take Me Out terinspirasi dari novel grafis 'Une Semaine de Bonte' karya Max Ernst.

Franz Ferdinand berbagai sumber

foto: YouTube/Franz Ferdinand

Lagu hits Take Me Out merupakan single kedua dari album debut bertajuk Franz Ferdinand pada tahun 2004. Selain cover album dan single, banyak dari video musik band indie rock ini yang juga mengusung tema avant-grande Rusia dan sentuhan aliran seni dadaisme. Termasuk video musik Take Me Out yang terinspirasi dari novel grafis tahun 1934 'Une Semaine de Bonte' karya Max Ernst. Video musik yang disutradarai Jonas Odell ini juga terinspirasi dari koreografi Busby Berkeley dan desain konstruktivisme Rusia.

4. Deretan penghargaan yang diperoleh Franz Ferdinand.

Franz Ferdinand berbagai sumber

foto: Instagram/@franz_ferdinand

Kemampuan bermusik dan sentuhan seni yang diusung band satu ini membuatnya meraih banyak penghargaan. Beberapa penghargaan yang berhasil didapat antara lain penghargaan Brit Awards tahun 2005 untuk kategori British Group dan British Rock Act, Danish Music Awards tahun 2005 dalam kategori Foreign Newcomer of the Year, dan Foreign Hit of the Year serta berhasil meraih penghargaan Mercury Prize pada tahun 2004.

Video musik Take Me Out juga memenangkan MTV Video Music Awards tahun 2004. Melihat penghargaan yang diraih, tak ayal jika band ini mendapat julukan The Best British Group.

5. Bakal kembali sambangi Indonesia.

Franz Ferdinand berbagai sumber

foto: Instagram/@franz_ferdinand

Melihat antusiasme para fans setianya di Indonesia, pada 2018 ini Franz Ferdinand akan kembali menyambangi Indonesia. Tentu hal ini menjadi kabar gembira buat penggemar band indie rock tersebut. Lewat konser bertajuk “FRANZ FERDINAND Live in Jakarta & Bali 2018” yang disponsori Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar), band beranggotakan 5 orang ini akan melepas rindu dengan para fansnya di Indonesia.

Pada kunjungan keduanya ini, Franz Ferdinand akan menghibur penggemar mereka di dua kota Indonesia sekaligus. Jakarta menjadi kota pertama yang akan disinggahi Franz Ferdinand pada Jumat, 30 November, tepatnya di Tennis Indoor Senayan. Sedangkan untuk di Bali, Alex dan kawan-kawan akan menyapa para penggemar setianya pada 2 Desember 2018 di Potato Head Beach Club Bali. Buat kamu fans setia Franz Ferdinand dan kamu yang ngaku pencinta musik indie rock jangan sampai terlewatkan ya, guys!

Selain konser Franz Ferdinand, ada juga beberapa acara dan festival yang disponsori Kemenpar. Mulai dari Festival Seduh Teh di Jiexpo Kemayoran yang berlangsung pada 23-25 November lalu, hingga Festival Seni Kuda Renggong di Sumedang pada 25 November kemarin. Ada pula Festival Puncak Papua pada 1 Desember di Menteng dan pertunjukan seniman bunyi asal Jepang, Yasuhiro Morinaga yang bertajuk Gong Ex Machina di Jakarta pada 29 sampai 30 November 2018.

 

RECOMMENDED BY EDITOR

 

Pilih Reaksi Kamu

Tags

#Pesonaindonesia Musik Rock Sponsored Content Musik Musisi Grup Band
Tulis Komentar
MORE