Brilio.net - Shaimaa Ahmed, penyanyi asal Mesir yang memiliki nama panggung Shyma ditangkap pihak kepolisian pada Sabtu (24/11), karena video klipnya dinilai mengandung unsur seksualitas yang dianggap sebagai suatu penyelewengan. Dalam sebuah video klip 'I Have Issues' tampak adegan dirinya tengah mengenakan pakaian seksi di sebuah kelas yang berisi para pria dengan angka 69 dan simbol gender pria-wanita terpampang di papan tulis di belakangnya sembari menggigit serta mengulum pisang dan sesekali menciumi serta menjilati apel dengan gestur menggoda.

Video berdurasi dua menit ini diunggah oleh aktivis hak asasi manusia (HAM) asal Arab Saudi, Ensaf Haidar.


Selain Shyma ini, sudah ada beberapa kasus penangkapan seniman musik, terutama penyanyi yang juga disebabkan oleh karyanya. Berikut beberapa kasus tersebut, seperti dihimpun brilio.net dari beberapa sumber, Sabtu (25/11):


1. Abdallah Al Shahani.

Ditangkap Karena Lagu  © 2017 - foto: news.com.au


Penyanyi Arab Saudi ini ditangkap karena melakukan gerakan yang menyerupai pose satu tangan ke atas ke arah langit sambil menyembunyikan kepalanya ke tangan yang lain pada sebuah sebuah festival musik di kota Taif pada Agustus lalu.

Gerakan ini telah dinyatakan terlarang dalam sebuah poster resmi dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dalam rangka memerangi minuman keras dan obat-obatan terlarang.

Berikut pose yang diperagakan Shahani.

 


2. Sadiq Zazzabi.

Ditangkap Karena Lagu  © 2017 -

foto: premiumtimesng.com


Penyanyi Nigeria ini ditangkap oleh Dewan Sensor Negara Kano karena merilis lagu sebelum mendapatkan persetujuan dari dewan penyensor. Biasanya, untuk melakukan penyensoran film atau video klip memakan waktu hingga tiga minggu atau lebih, tergantung pada kompleksitasnya.

Berikut adalah video klip Zazzabi yang dirilis tanpa melewati sensor.



3. Kovan.

Ditangkap Karena Lagu  © 2017 -

foto: deccanchronicle.com


Pada Oktober 2015, penyanyi bernama asli S Sivadas asal tamil Nadu India ini ditangkap setelah diduga menulis dan menyanyikan sebuah lagu yang mengkritik pemerintah daerah mengenai toko minuman keras milik negara.

Kovan secara jelas menyebutkan nama Jayalalithaa Jayaram yang merupakan Chief Minister di Tamil Nadu ketika itu.

Berikut video klipnya.



4. Mohammed al-Barghouti, Naji Rimawi, dan Nazzal Barghouthi.

Ditangkap Karena Lagu  © 2017 -

foto: arabnews.com


Pada Agustus lalu, ketiga penyanyi asal Palestina yang biasa diundang untuk tampil di pesta pernikahan ini ditangkap oleh Pasukan Pertahanan Israel setelah menyanyikan lagu yang memuji sosok Omar al-Abed yang merupakan penusuk tiga orang warga Israel bernama Yosef, Chaya, dan Elad Salomon.

Selain itu empat orang lain yang menyebarkan video ini turut ditangkap. Lirik tersebut kurang lebih berbunyi sebagai berikut.

Saya mendengar suara senapan mesin di desa Arab Kobar
Omar yang melintasi hutan dan melakukan operasi
Hai kamu, siapa yang bertanya tentang pria sejati, kamu akan menemukannya di Kobar
Omar al-Abed adalah gempa bumi yang membalas dendam atas nama Al-Aqsa
Dia datang dari atas pegunungan sambil membawa pisau di sisinya, dan ketika dia mengumumkan bentrokan tersebut, dia membuat Zionis terbaring di tanah
Bahkan jika mereka menahan ibu dan ayah saya, dan menghancurkan rumah kami, kami tidak akan pernah memakai pakaian aib

Berikut video nyanyian trio penyanyi tersebut.