Brilio.net - Stigma musisi tak peduli dengan pendidikan sepertinya tak berlaku bagi empat artis ini. Ada juga musisi yang sukses di bidang akademik bahkan menjadi pengajar. Wah, asyik juga ya kalau guru atau dosennya itu artis terkenal.


Penasaran musisi siapa saja yang 'bergelar' guru dan dosen? berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (26/8)

1. Yukie 'Pas Band'

musisi ngajar © 2016 brilio.net



Pria kelahiran Bandung 31 Mei 1969 ini pernah menjadi dosen Sastra Jepang di UNPAD pada tahun 1997. Sayangnya sekitar tahun 1999 ia memutuskan berhenti.

Ia juga pernah ditawari beasiswa dari pemerintah Jepang atas penelitiannya yang membahas perbandingan karya sastra di era sesudah perang dan sebelum perang. Alih-alih senang dengan kabar gembira tersebut, ia ternyata justru memilih menolaknya.

2. Gene Simmons 'KISS'

musisi ngajar © 2016 brilio.net



Kamu mungkin tak akan percaya jika Gene Simmons dulunya adalah seorang guru SD. Namun, pencabik bass band KISS ini merasa mengajar bukanlah bidangnya. Dia pun berhenti menjadi seorang guru dan melamar menjadi editor di majalah mode wanita. Kabarnya dia pernah menjadi asisten pribadi di majalah Vogue. Ternyata selain bisa mengendalikan penonton dari atas panggung ia juga mengendalikan murid-muridnya.

3. Greg Graffin 'Bad Religion'

musisi ngajar © 2016 brilio.net



Greg Graffin, vokalis band punk Bad Religion ini menyelesaikan bangku studi antropologi dan geologi di UCLA. Setelah itu ia menyabet gelar Ph.D dalam bidang zoologi dari Cornell University. Ia juga sempat mengajar Life Science 1 dan Earth & Space Sciences 116 (paleontology) di UCLA, serta jadi dosen tamu untuk mata kuliah evolusi di Cornell University.

4. Brian May 'Queen'

musisi ngajar © 2016 brilio.net



Salah satu gitaris terbaik sepanjang masa, Brian May selain jago bermain gitar ia juga memiliki gelar Ph.D di bidang astrofisika. Pria kelahiran Hampton, London 19 Juli 1947 ini sempat mengenyam studi fisika dan matematika di Imperial College London pada tahun 2007. Ia juga pernah menjabat Chancellor of Liverpool John Moores University dari 2008 hingga 2013. Ia tak hanya rocker, tapi juga aktivis dan fisikawan. Wow!