Brilio.net - Nama Leon Travis mungkin masih terdengar asing di industri musik Indonesia khususnya pada genre musik country. Maklum, cowok kelahiran Jakarta 38 tahun silam ini sedang merintis kariernya di jalur musik country. 

Terlahir dari keluarga kelas pekerja asal Balige, Sumatra Utara, ia mulai mengenal musik sejak usia 5 tahun. Ia mendapat pelajaran bermusik dari sang ayah yang seringkali bermain gitar saat melepas lelah setelah seharian bekerja menambal ban dibengkel kecilnya.

Beranjak dewasa, kepiawaian Leon dalam bernyanyi mulai diiringi dengan kemampuannya menulis lagu. Pengalaman manggung dan membuka diri pada berbagai genre musik semasa kuliah di Jakarta memiliki peran penting dalam membentuk musikalitas Leon.

Latar belakang itu yang membuatnya mampu menulis ratusan lagu dengan berbagai macam genre. Ia pun memiliki mimpi mencapai pengakuan tertinggi atas karyanya di industri musik Tanah Air. Namun seiring waktu berjalan, kesibukannya sebagai project consultant untuk salah satu kedutaan besar di Jakarta membuat langkahnya tertunda hampir 10 tahun lamanya. 

Berikut empat fakta Leon Travis yang kini sukses meniti karier di jalur musik country

1. Melanjutkan menggapai mimpi

4 Fakta Leon Travis  © 2021 brilio.net

Akhir tahun 2020 adalah momen di mana Leon kembali melanjutkan mimpinya dengan memilih genre country. Berawal dari perjalanannya ke St. Louis, Missouri, Amerika Serikat pada 2019. Di kota ini Leon pertama kali mendengar lagu country milik musisi legendaris Travis Tritt berjudul Help Me Hold On.

2. Berguru pada Tantowi Yahya

4 Fakta Leon Travis  © 2021 brilio.net

Leon sangat terkesan dengan aksen kental dan tatanan sound  khas yang tidak terdapat pada genre lain. Sepulangnya ke Tanah Air, ia semakin membulatkan tekad berkarier di jalur musik country. Ia pun memberanikan diri berkomunikasi dengan Tantowi Yahya yang menjadi tokoh panutan dalam musik country di Indonesia. Sebenarnya Leon menyukai semua genre musik. Namun akhirnya ia jatuh cinta pada musik country.

“Saya pun memberanikan diri menghubungi Tantowi Yahya. Puji Tuhan, beliau orang yang sangat baik dan memberikan berbagai masukan serta mendukung saya untuk membesarkan musik country di Indonesia. Selama satu tahun saya terus mengasah diri mempelajari mulai dari aksen, cengkok dan seluk beluk musik country di bawah bimbingan Tantowi Yahya seorang legenda musik country Indonesia yang kini mengemban tugas sebagai duta besar RI untuk Selandia Baru,” ujar Leon dalam keterangan resminya.

3. Menciptakan dua single

4 Fakta Leon Travis  © 2021 brilio.net

Buah ketekunan serta kerja kerasnya pun terbayar lunas dengan terciptanya dua single berjudul Is He The One (2020) yang diproduseri Anthony Sulistyo dan The Hardest Part (2021) garapan produser musik Stevie Ewok , Schecter International Artist with Schecter Guitar USA. Leon pun punya mimpi besar untuk go internasional dengan berbagai karyanya.

“Agar bisa go international kita harus aktif dikomunitas musik country dunia, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya melakukan kolaborasi dengan musisi-musisi country dunia. Ke depannya saya ada undangan manggung di Amerika tahun depan, sebenarnya ini jadwal ulang saja, karena tertunda pandemi covid-19,” ujar Leon. 

4. Ingin mengibarkan musik country di Tanah Air

4 Fakta Leon Travis  © 2021 brilio.net

Leon pun bertekad untuk mengibarkan eksistensi musik country di Indonesia, antara lain berkolaborasi dengan beberapa musisi Tanah Air lintas genre termasuk hiphop, rock, pop dan musik lainnya. Kolaborasi ini untuk menunjukkan bahwa musik country mampu memberikan karya segar yang kekinian dan melepaskan kesan jadul.

Sebab musik country sudah sangat beragam di negara asalnya. Harapan lain Leon, agar musik country lebih dikenal dan juga dimainkan generasi muda Indonesia dan kelak bisa melahirkan musisi-musisi country baru di Tanah Air.