Brilio.net - Ajang pencarian bakat di ranah musik elektronik Electronic Music Producer Contest (EMPC) 2021 sukses digelar dan melahirkan sejumlah produser muda berbakat. EMPC 2021 besutan ICEPERIENCE.ID ini pun berhasil menentukan tiga pemenang.   

Mereka muncul setelah melalui serangkaian proses penjurian yang dilakukan para juri andal di jajaran disc jockey (DJ) Indonesia seperti Winky Wiryawan, Jevin Julian, dan entrepreneur Christian Rijanto. Para juri ini telah mengurasi ratusan karya para produser musik yang mendaftarkan track lagu pada periode Juni-Juli 2021 di kompetisi bergengsi ini.

Winky Wiryawan menuturkan proses menyaring dan menentukan tiga nama pemenang bukan hal yang mudah. Selain karena banyaknya jumlah submission yang terkumpul, para juri juga harus memastikan para pemenang adalah mereka yang benar-benar layak menyandang juara karena mempunyai skill dan sisi musikalitas yang mumpuni.

3 Juara EMPC 2021 © 2022 brilio.net

“Hal yang membuat kami para juri menjatuhkan pilihan kepada para pemenang ini adalah karena proses produksi dan song writing ketiganya yang secara keseluruhan sudah matang. Hal yang paling menarik adalah originalitas musik mereka, selain dari ketrampilan dan kreativitas yang membentuk kekhasan seorang produser musik yang andal,” papar Winky. 

Sementara perwakilan ICEPERIENCE.ID, Sigit Diapsoputra berharap keberhasilan ketiga produser muda di kompetisi EMPC 2021 dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meraih kesuksesan di panggung musik elektronik Tanah Air, serta lebih jauh di level internasional.

“EMPC 2021 merupakan salah satu program Iceperience.id dengan misi besar #localICEmovement, yakni mendukung ekosistem musik elektronik Indonesia agar semakin berkembang di negeri sendiri dan juga di mancanegara. Semoga mereka (para juara) semakin berani berkreasi menghasilkan karya-karya yang spesial untuk tampil dan menunjukkan bahwa karyanya layak bersaing di level dunia,” kata Sigit.

Nah menariknya ketiga juara EMPC 2021 sukses melahirkan single yang menjadi impian mereka. Berikut tiga juara EMPC 2021 dan single karya mereka yang baru saja dirilis.  

1. Alief Reynaldi, Lights

3 Juara EMPC 2021 © 2022 brilio.net

Juara EMPC 2021 Alief Reynaldi berhasil mewujudkan impiannya dengan merilis single perdana berjudul Lights. Dalam single ini Alief menggandeng penyanyi ternama Indonesia, Mirriam Eka.             

Menariknya, duet Alief dan Mirriam ini dinaungi langsung label internasional SPINNIN' Records asal Belanda. SPINNIN’ Records adalah label ternama yang sukses menelurkan banyak musisi top internasional seperti Afrojack, Tiesto, KSHMR, Sam Feldt, dan masih banyak lagi.

Single Lights menceritakan tentang kekecewaan seseorang karena dikhianati kekasihnya. Trauma ini membuatnya menutup hati untuk orang lain. Alief mengatakan, lagu ini terinsipirasi dari pengalaman pribadi.

“Ternyata setelah melakukan riset, kami menemukan banyak kasus serupa yang juga menimpa hubungan para remaja saat ini. Berangkat dari situ, kami mulai membuat track Lights dan hasilnya sangat mengagumkan karena suara Mirriam benar-benar pas, dia sangat menjiwai Lights,” jelas Alief.

Mirriam Eka, solois cantik yang namanya meroket semenjak featuring bareng Ariel Noah beberapa waktu lalu, menuturkan bukan tanpa sebab dia sangat tertarik ketika ditawari berkolaborasi dengan Alief di single Lights. Di mata Mirriam, Alief merupakan sosok pria yang diam-diam menghanyutkan dalam berkarya.

“Sejak awal saya sangat exited bergabung di project ini. Alief anaknya pendiam tapi isi kepalanya itu keren banget. Sisi musikalitas dan taste dia terhadap musik elektronik sangat luar biasa,” tutur Mirriam.

2. Richrd Msc, Tell Me

3 Juara EMPC 2021 © 2022 brilio.net

Runner up EMPC 2021 Richrd Msc sukses menggandeng Rinni Wulandari dalam menggarap single Tell Me. Di single ini, Richrd yang masih berusia 19 tahun sukses membuat Rinni terpukau dengan kemampuan musikalitas yang ia miliki.

“Menurutku Richrd adalah pribadi yang terbuka dan kreatif. Di usianya yang masih muda, dia sudah bisa bikin musik yang bagus dan matang,” cetus Rinni.

Sementara itu, bagi Richrd, berduet dengan personel Soundwave itu membuat pemilik nama asli Richard Ezra Sebastian ini memperoleh hal baru sepanjang proses penggarapan lagu.

“Karena Rinni lebih senior dan lebih dulu di industri musik, jadi banyak hal yang saya pelajari dari dia. Dia juga sangat terbuka dengan diskusi tentang penggarapan lagu ini, nuansa musiknya mau seperti apa menyesuaikan dengan karakter vokalnya. Akhirnya lahirlah Tell Me yang kental dengan unsur tech house dan UK Garage,” tutur Richrd.

3. Drocck, Look at Me

3 Juara EMPC 2021 © 2022 brilio.net

Nah sang juara ketiga, Drocck berhasil berkolaborasi dengan solois muda beraliran RnB, Reikko, di single Look at Me. Drocck bersyukur dapat bekerjasama dengan Reikko dalam penggarapan lagu ini karena ia memiliki kesempatan mengeluarkan kemampuan bermusik terbaiknya. Ia optimistis, Look at Me bisa menjadi karya yang membanggakan dan mampu menggebrak panggung musik.

“Yang paling seru adalah bekerja sama dan bertukar pikiran dengan Reikko. Kami banyak berdiskusi, membahas konsep dan mencari referensi yang pas untuk Look at Me. Saya sangat bersyukur dan bangga. Semoga antusiasme kami dalam project kolaborasi ini juga dapat menjangkiti para penikmat musik elektronik yang mendengarkan,” tukas Drocck.