Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Musik
Agustin Wahyuningsih (brl/tin)

05 Januari 2019 07:01

20 Video klip ini suguhkan keindahan alam Indonesia, surga dunia

Michael Learns to Rock juga pernah menjadikan Bali sebagai latar video klip, lho..

20 Video klip ini suguhkan keindahan alam Indonesia, surga dunia

View Image



Brilio.net - Musik merupakan bahasa universal untuk menyampaikan pesan. Mau pesan isu sosial, politik, lingkungan, pendidikan, keluarga, cinta, hingga spirit kehidupan bisa masuk ke berbagai kalangan melalui musik.

Indonesia memiliki deretan musisi yang menyampaikan pesan-pesan itu. Ada beberapa yang sering membuat lagu tentang isu sosial, lingkungan, maupun politik sehingga menjadi ciri khas mereka. Sebut saja seperti Iwan Fals, Superman Is Dead, atau Slank yang membuat lagu-lagu tentang lingkungan, sosial, maupun politik.

Pesan-pesan dalam lagu biasanya diwujudkan lewat video klip. Ada sentuhan kreativitas dalam pembuatan video klip tersebut. Salah satu bentuk kreativitas tersebut adalah pemilihan setting tempat pembuatan video klip. Ada yang di dalam studio, bangunan kuno, bahkan alam terbuka.

Nah, kali ini Brilio.net merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/1), deretan video klip musisi yang menyuguhkan keindahan alam Indonesia. Ada yang memang mewakili isi lagu, ada pula yang sebagai setting pendukung jalan cerita lagu. Mau tahu video klip-nya apa saja? Berikut ulasannya.

1. Tersimpan Di Hati - Eka Gustiwana (ft. Prince Husein & Sara Fajira).

Loading...

Dibuka dengan suara batu gamelan disusul lantunan suara penyanyi khas lagu tradisional, Tersimpan Di Hati langsung memikat pendengar. Di sepanjang video klip, ada pemain-pemain musik, penyanyi, hingga penari tradisional. Di bagian tengah video, Sara Fajira memberikan sentuhan rap menggunakan bahasa Inggris dan Jawa. Seiring dia menyanyi, alunan biola masuk menambah keapikan lagu Tersimpan Di Hati.

Bukan hanya lagu yang ear catching, setting lokasi video klipnya juga memukau. Usut punya usut, Eka Gustiwana yang terkenal kreatif dalam mengolah musik, bahkan berbahan suara orang ngomong bisa saja, meramu potongan-potongan video dokumentasinya menjadi video klip Tersimpan Di Hati.

Melalui tagar #EkaGustiwanaJavaTrip di akun Instagram pribadinya, @ekagustiwana, pria yang baru saja melangsungkan pernikahan tersebut berbagi cerita proses dokumentasi keindahan alam dan budaya berbagai daerah di Pulau Jawa, seperti Cianjur, Purworejo, Jogja, Klaten, Solo, Lamongan, Surabaya, dan banyak lagi. Eka juga merangkul banyak pihak yang berkecimpung di dunia seni dan musik tradisional.

2. Jadilah Legenda - Superman Is Dead (SID).

video klip keindahan Indonesia berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube SupermanIsDeadVEVO

Band punk rock asal Bali ini menyuguhkan keindahan panorama Indonesia, khususnya Bali, lewat video klip lagu Jadilah Legenda. Dibuka dengan aksi Bobby, sang vokalis, mengendalikan sepeda gunung, pesona alam Tanah Air mulai terlihat. Aksi Eka, sang gitaris yang berakting seperti traveler hunting foto dalam perjalanannya, menunjukkan kekayaan budaya dan keramahan masyarakat Indonesia. Ditambah aksi surfing Jerinx, penggebuk drum, membuat video klip Jadilah Legenda makin sarat kekayaan Tanah Air.

Lirik lagu Jadilah Legenda juga menyuarakan kekayaan Tanah Air dari berbagai elemen, meliputi alam, budaya, hingga masyarakat. Sedikit bagian liriknya "... Untuk Indonesia, kita punya semua... Seribu budaya dan kekayaan alam yang tak kan terkalahkan... Untuk Indonesia, jadilah legenda... kita bisa dan percaya..." seakan membakar semangat cinta Tanah Air.

3. Indahnya Dunia - Andien.

Melalui lagu kalem bertajuk Indahnya Dunia, Andien menyuguhkan pesona alam Indonesia dalam video klip. Di tangan dingin istri Keenan Pearce, Gianni Fajri sebagai sutradara, video klip yang dipublis pada 15 Agustus 2017 lalu tersebut, menunjukkan keindahan Indonesia timur, seperti Jailolo, Halmahera Barat dan Ternate di kawasan Maluku Utara.

Keindahan laut, adat budaya setempat, keramahan masyarakat lokal, hingga kekayaan berupa kain tradisional, tampak jelas dalam video klip Indahnya Dunia. Lirik lagu beserta judul Indahnya Dunia seakan bisa mewakili bahwa Indonesia memang wujud keindahan dunia sebenarnya yang bisa dinikmati siapa pun.

4. Jika Cinta Punya Warna - Dinno Alshan. 

video klip keindahan Indonesia berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube Gempita Musika Vd

Musisi yang sebelumnya terkenal sebagai vokalis band Shakey ini ternyata andal menciptakan lagu-lagu hits. Sebut saja seperti Wanita Yang Kau Pilih - Rossa, Sendiri - Rio Febrian, Lewat Semesta - Randy Pangalila, dan masih banyak lagi.

Kini, pria 37 tahun asal Jogja tersebut berdiri membawa nama pribadi. Sudah beberapa single dia buat sejak 2016. Salah satunya Jika Cinta Punya Warna. Video klipnya menyuguhkan pesona pantai, laut, dan gunung di Bali. Tak ketinggalan kehidupan masyarakat lokal yang digambarkan tentram, harmonis, dan romantis, seakan menyiratkan makna lirik lagu Jika Cinta Punya Warna.

Pada bagian tengah lagu Jika Cinta Punya Warna juga ada unsur musik tradisional, yakni seruling. Hal ini menambah romantisme lagu Jika Cinta Punya Warna. Siapa pun yang mendengar dan menonton video klip Dinno Alshan satu ini akan merasa hangat, menyatu dengan lagu dan video klipnya.

5. Man Upon The Hill - Stars and Rabbit.

Masih berkutat dengan panorama Indonesia Timur, giliran duo asal Jogja Stars and Rabbit menghadirkan keindahan alam dan budaya Indonesia lewat lagu Man Upon The Hill dari album mereka bertajuk Constellation.

Di video klip, tampak Elda Suryani, vokalis, berdiri di atas hamparan bukit. Kemudian Adi Widodo, sang gitaris, tampil dalam balutan baju tradisional bergabung dengan bocah-bocah lokal daerah Sumba, Nusa Tenggara Timur. Video klip Man Upon The Hill juga menyuguhkan eksotisme Pantai Walakiri yang dihiasi pohon-pohon mangrove kerdil meski dalam kondisi gelap.

6. Memulai Kembali - Monita Tahalea. 

video klip keindahan Indonesia berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube Monita Tahalea

Jebolan Indonesia Idol tahun 2005 ini membawakan lagu Memulai Kembali sambil menikmati alam pantai Lombok.

Dikutip dari bintang.com, Monita Tahalea menuturkan bahwa dalam pembuatan video klip lagunya ini, dia ingin settingnya bernuansa alam. Saat dia menyodorkan ide tersebut kepada tim video, muncullah Lombok dalam benak mereka.

Dilihat dari video klip tersebut, Monita Tahalea tak banyak berakting. Dia beraksi menjadi diri sendiri yang suka menulis dan membaca. Dia ingin alam yang jadi setting video klipnya yang berbicara.

7. Jatuh Hati - Raisa.

Penyanyi 28 tahun yang tengah menunggu kelahiran buah hati ini juga punya video klip yang menyuguhkan pesona alam Indonesia, tepatnya Savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Taman Nasional ini menjadi bukti tak perlu jauh-jauh ke Afrika demi menemukan hamparan savana beserta satwanya seperti banteng, kerbau liar, kijang, kancil, hingga aneka burung.

Dalam video klip Jatuh Hati, Raisa beradu akting dengan aktor tersohor, Oka Antara. Lagu, jalan cerita, dan latar syuting Jatuh Hati seakan membuat siapa pun jatuh hati.

8. Mimpi - Isyana Sarasvati.

video klip keindahan Indonesia berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati membawakan lagu Mimpi dalam video klip berlatar keindahan alam Indonesia. Video klip Mimpi mengambil latar Pantai Tanjung Aan dan hamparan Bukit Merese di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Deburan ombak dan embusan angin bukit menemani Isyana Sarasvati yang tampak merasakan kepiluan asmara dalam lagunya itu. Panorama alam Lombok ini juga menjadi saksi manisnya hubungan Isyana Sarasvati dan lawan aktingnya di video klip Mimpi.

9. Luar Biasa - Endank Soekamti feat Kemal Palevi.

Endank Soekamti bersama Kemal Palevi mengajak penikmat musik bukan hanya mendengarkan lagu mereka, melainkan juga menyaksikan keindahan alam Jogja. Video klip lagu Luar Biasa mengambil setting tempat di Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul.

Dalam video klip Luar Biasa juga menunjukkan keseruan keluarga besar Endank Soekamti management bermain air di laguna Pantai Wedi Ombo. Dengan konsep vacation documentary, video klip Luar Biasa menunjukkan kealamian aksi orang-orang di dalamnya. Bisa jadi inspirasi Sobat Brilio seru-seruan saat berlibur ke Pantai Wedi Ombo juga, lho.

10. Sampai Akhir - Judika feat Duma Riris.

video klip keindahan Indonesia berbagai sumber

foto: screenshot viat YouTube Judika TV

Pasangan suami-istri ini berduet dalam lagu Sampai Akhir. Video klip Sampai Akhir yang dirilis pada 6 Desember 2013 lalu di YouTube, mengambil latar gagah dan indahnya panorama Gunung Bromo.

Tampak mereka berjalan di tengah hamparan rerumputan Gunung Bromo. Mereka juga menjalani pengambilan video di padang pasir Gunung Bromo dalam balutan busana layaknya busana pernikahan.

Single Sampai Akhir merupakan ciptaan Judika jelang pernikahannya dengan Duma Riris. Lagu ini menjadi perwujudan indahnya kisah cinta mereka setelah sekian waktu harus berjuang atas larangan kedua orang tua terhadap hubungan mereka.

11. Masih Ada - Marcello Tahitoe.

Video klip lagu ngebeat dari Marcello Tahitoe ini menyuguhkan keindahan alam Pantai Batu Karas, Ciamis. Dengan gaya kasualnya, kekasih Aurelie Moeremans ini tampil begitu asyiknya memetik gitar sambil bernyanyi di area Pantai Batu Karas, Ciamis.

Dia juga bermain air, menikmati ayunan, berjalan menyusuri pantai, bahkan berlarian ke sana ke mari bersama anak-anak daerah setempat. Seperti lagunya yang menyiratkan semangat optimisme menikmati hidup meski sendiri alias jomblo. Sobat Brilio ada yang merasa seperti lagu Masih Ada dari Marcello Tahitoe ini?

12. Angin yang Berhembus - JKT48.

Keindahan alam Indonesia juga disodorkan dalam video klip Angin yang Berhembus dari JKT48. Para dara cantik JKT48 beraksi menyanyi dan menari di di Kawah Putih, Ciwidey, Jawa Barat.

Kabut yang menyelimuti area wisata di dataran tinggi pegunungan ini membuat eksotisme Kawah Putih semakin terlihat jelas. Di tempat ini, air bisa berubah sesuai dengan suhu, cuaca, dan kadar belerang kawah.

Seperti diketahui, Kawah Putih merupakan kawah hasil letusan Gunung Patuha. Lokasi ini begitu tersohor sampai-sampai pernah menjadi latar film Heart yang diperankan Nirina Zubir, Acha Septriasa, dan Irwansyah, serta menjadi objek fotografi, lukis, bahkan tempat pre wedding.

13. Dekat di Hati - RAN.

Trio RAN turut meramaikan jajaran musisi yang video klipnya menyuguhkan keindahan alam Indonesia. Video klip yang merupakan bagian promosi maskapai penerbangan tersebut, menyorot alam Pulau Rinca di kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Video klip lagu yang mengisahkan pasangan Long Distance Relationship (LDR) tersebut menunjukkan sudut-sudut Pulau Rinca bahkan keindahan sunset pantai di sekitar pulau ini.

14. Definisi Bahagia - Vidi Aldiano.

video klip keindahan Indonesia berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube Vidi Aldiano

Tahun 2017 lalu, Vidi Aldiano merilis video klip lagunya Definisi Bahagia yang memaparkan keindahan lanskap Gunung Bromo. Sambil berlarian mengenakan pakaian kuning menyala di padang pasir Gunung Bromo, Vidi Aldiano beraksi menunjukkan kesan bahagia seperti lirik lagunya.

Ternyata, Vidi Aldiano juga membuat versi lain video klip Definisi Bahagia. Versi lain yang didominasi alunan piano ini menunjukkan keindahan Labuan Bajo. Vidi Aldiano juga menunjukkan ekspresi anak-anak lokal dalam balutan seragam SD, serta bagaimana dia berinteraksi dengan anak-anak tersebut.

15. Mercusuar - Kunto Aji.

video klip keindahan Indonesia berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube Kunto Aji

Dibintangi aktor kawakan Rio Dewanto dan Faradina Mufti, video klip Mercusuar ini menyuguhkan pesona pantai di kawasan Parangtritis dan sekitar Bantul. Bukan hanya pantai, video klip Mercusuar juga menyuguhkan rindangnya kawasan hutan cemara di dekat pantai. Tak luput juga jalanan panjang yang dihiasi pepohonan hijau di kiri-kanan jalan.

16. Aku Tenang - Fourtwnty.

Grup musik yang terdiri dari Ari dan Nuwi memiliki lagu Aku Tenang yang official videonya mengambil latar tempat di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat. Seakan seperti judul lagunya, aksi sang aktor dan suasana Gili Trawangan menunjukkan ketenangan dan ketentraman mencoba menikmati hidup beserta dinamikanya.

17. Untuk Apa - Maudy Ayunda.

video klip keindahan Indonesia berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube Trinity Optima Production

Video klip lagu sendu tentang kesetiaan dan komitmen pasangan milik Maudy Ayunda ini juga menyuguhkan keindahan alam Tanah Air. Maudy Ayunda menjalani syuting di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Ada scene yang menunjukkan dia berada di Pantai Walakiri yang dihiasi pohon-pohon mangrove kerdil.

Pihak Trinity Optima Production yang menaungi Maudy Ayunda pun mengunggah di balik layar proses syuting video klip lagu Untuk Apa di akun YouTube Trinity Optima Production

18. Someday - Michael Learns to Rock.

Bukan hanya musisi dalam negeri yang mengabadikan keindahan alam Indonesia lewat video klip mereka. Michael Learns to Rock, grup band rock Denmark juga mengambil latar keindahan Pantai Padang-Padang di Pulau Dewata Bali dalam lagu Someday.

Lagu Someday ternyata fenomenal pada tahun 90-an. Jascha Richter, Mikkel Lentz, dan Kåre Wanscher tampak menikmati bermain musik dalam video klip tersebut.

19. Sentarum - LAS!.

video klip keindahan Indonesia berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube WildBornean TV

Grup band asal Pontianak meluncurkan lagu Sentarum yang menceritakan tentang kondisi alam Taman Nasional Danau Sentarum. Sepanjang video klip yang dirilis bersamaan dengan satu tahun terbentuknya LAS! itu menunjukkan pesona kawasan danau cantik di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Lirik lagunya juga berkaitan langsung dengan alam Danau Sentarum.

Tak hanya itu, dalam video klip Sentarum juga menunjukkan personel LAS! beraksi menikmati keindahan alam sambil bermain gitar di dekat air terjun, naik perahu, hingga berkemah ditemani api unggun.

"Hampir 70% proses pembuatan video bahkan lagunya sendiri tercipta di kawasan taman nasional Danau Sentarum bro, sisanya baru kita ambil di dua lokasi Bengkayang & Landak," ungkap pihak LAS! lewat akun YouTube WildBornean TV.

20. Hiduplah Hari Ini - Dialog Dini Hari.

Jika Sobat Brilio ingin melihat pesona Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur lewat video klip musik, bisa tonton video Hiduplah Hari Ini milik Dialog Dini Hari. Video klip produksi Narasi.TV ini juga menyuguhkan pesona pepohonan Jawatan Benculuk yang sedang hits di Instagram.

Personel Dialog Dini Hari yang terlibat dalam video klip beraksi memainkan musik di dekat Kawah Ijen yang terkenal dengan api birunya. Sesekali ada scene yang menyuguhkan kehidupan para penambang belerang di Kawah Ijen. Video klip ini seakan mewakili lirik lagu Hiduplah Hari Ini, mengajak penikmat musik untuk memaknai dan mensyukuri hidup.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Musik Musisi Indonesia Musisi Kreatif Keindahan Alam Keindahan Indonesia Timur Pariwisata Indonesia Musisi
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE