Wanita wajib tahu, 10 minuman ini bisa mencegah risiko kanker serviks

Wanita wajib tahu, 10 minuman ini bisa mencegah risiko kanker serviks
foto: Unsplash/Dylan Alcock

Brilio.net - Kanker merupakan salah satu penyakit yang berisiko tinggi menyebabkan kematian. Jenis kanker sendiri ada banyak, satu di antaranya ada kanker leher rahim atau kerap disebut kanker serviks yang hanya dialami wanita. Di Indonesia sendiri, kasus kematian kanker serviks ini cukup banyak, lho.

Oleh karena itu, Menteri Kesehatan (MenKes) Budi Gunadi Sadikin menambahkan vaksin bernama Human Papilloma Virus (HPV) di program imunisasi rutin sebagai bentuk pencegahan kanker serviks. Di sisi lain, pencegahan kanker serviks nggak hanya dapat dilakukan lewat vaksin saja, namun penting juga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Salah satunya lewat asupan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari. Dilansir dari everydayhealth.com, jurnal penelitian Cancer Research menemukan tes darah pada wanita yang rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan risiko kanker serviks dibanding sebaliknya.

Selain makanan, sejumlah minuman juga dapat berfungsi mencegah jenis kanker ini, lho. Penasaran apa saja? Berikut 10 minuman mencegah risiko kanker serviks yang wanita wajib tahu, dirangkum BrilioFood dari berbagai sumber pada Senin (2/5).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya