Brilio.net - Tahu isi, tahu bakso, dan tahu crispy adalah sebagian olahan tahu yang sering kita jumpai selama ini. Tapi pernahkah kamu membayangkan jika tahu dijadikan minuman? Mungkin awalnya terdengar sangat aneh di telingamu.

Tapi sekarang memang beneran ada minuman dari bahan tahu. Wedang tahu namanya. Minuman yang hangat dan lembut ini adalah minuman khas Semarang yang cocok dinikmati saat cuaca dingin ataupun pagi hari.

Walaupun berasal dari Semarang, minuman ini juga dapat kita jumpai di Jogja dan kota-kota di sekitar Semarang. Sebenarnya Wedang Tahu bukanlah minuman yang terbuat dari tahu, namun terbuat dari sari kedelai yang tidak lain merupakan bahan dasar tahu. Karena dibuat dari sari kedelai bisa dibayangkan dong bagaimana lembutnya minuman ini.

"Lembutnya seperti tahu sutera, kuahnya terdiri dari jahe, daun pandan, daun jeruk, kayu manis, cengkeh yang dibumbui dengan gula pasir, gula merah," ujar Ibu Sukardi, penjual Wedang Tahu di kawasan Kranggan, Kota Jogja kepada brilio.net beberapa waktu yang lalu.

Wedang tahu Bu Sukardi, konon khasiatnya bisa bikin kulit bayi bersih

Minuman ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat seperti menghilangkan masuk angin, bagus untuk kulit wanita, dan juga baik untuk wanita hamil. Jika mereka rajin mengonsumsi wedang tahu maka bayi yang akan lahir akan memiliki kulit yang bersih.

"Saya mulai berjualan sejak pukul 6.30 pagi, biasanya orang-orang membeli untuk sarapan. Kalau suami saya berjualan di pasar Pathuk," ujar wanita 45 tahun tersebut.

Minuman unik ini hanya dibanderol dengan Rp 6.000 saja. Murah ya, kamu penasaran nggak dengan rasa dan khasiatnya?