Brilio.net - Makan itu bisa jadi kegiatan yang paling disukai semua orang. Apalagi kalau makan makanan yang paling disukai, wah, bisa jadi nambah berpiring-piring tuh.

Makanan yang enak biasanya ditentukan oleh bahan-bahannya, penampilannya, dan juga nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Tapi selain faktor-faktor di atas, kenikmatan suatu makanan itu juga bergntung pada berat, warna, dan ukuran alat makan yang kamu pakai, lho!

Penelitian ini dilakukan oleh seorang pakar psikologi dari Oxford University, Charles Spence, seperti dilansir brilio.net dari Daily Mail, Jumat (10/4). Menurut Spence, makanan akan mencapai titik terenaknya jika disajikan di atas piring yang terbuat dari porselen dengan sendok dan garpu yang berat.

Elemen sederhana seperti warna piring, dan berat dari sendok yang digunakan ternyata bisa membuat perbedaan pada rasa makanan. Salah satunya, popcorn akan terasa lebih asin ketika dimakan dari piring atau mangkuk yang berwarna biru dibanding dengan jika popcorn ditaruh di mangkuk berwarna merah.

Beberapa responden yang diberi dessert strawberry pun merasa makanan itu lebih terasa manis jika ditaruh di piring berwarna putih ketimbang piring hitam.

Loading...

Berat sendok juga membuat perbedaan rasa makanan menjadi lebih enak. Hal ini disebabkan karena orang sering menghibungkan berat dengan nilai waktu.

Nah lho, gimana? Kamu percaya nggak? Praktikin deh buruan!