Brilio.net - Kemasukan benda asing di mata tentu bikin nggak nyaman. Secara spontan kamu akan mengucek mata, padahal ini dilarang agar mata yang tak lecet atau iritasi.

Cara yang sering digunakan orang untuk mengatasi kelilipan di mata adalah meminta orang lain untuk meniup mata, tapi efektifkah cara itu?

Dilansir brilio.net dari akun YouTube  Howcast, Selasa (22/9), berikut cara yang tepat untuk menghilangkan benda asing di mata kamu:

Berikut langkah-langkahnya:

Loading...

Langkah 1: Cuci tangan

Cuci tangan kamu secara menyeluruh dan cari tempat terang untuk memeriksa mata. Kalau kamu memeriksa mata sendiri, gunakan cermin.

Langkah pertama ini adalah jangan sentuh, tekan, atau menggosok mata, atau bahkan mencoba menarik keluar benda asing yang bersarang di mata dengan jari atau pinset. Bahaya! Bikin mata kamu iritasi bahkan cedera.

Langkah 2: Periksa mata

Berhati-hatilah selama memeriksa mata dengan menarik kelopak mata seiring kepala mendongak, guna melihat benda asing di dalam mata.

Langkah 3: Membilas mata

Bilas mata dengan secangkir air hangat atau larutan garam. Tekan sedikit pinggiran mata untuk mencegah air tumpah, lantas dongakkan kepala. Kemudian kedipkan kelopak mata dan gerakkan secara memutar bola mata kamu beberapa kali saat membilas mata ini. Tips langkah 3 ini adalah jangan gunakan obat tetes mata biasa untuk membilas mata kelilipan, seperti yang mengandung tetrahydrozoline hidroklorida (Tetrahydrozoline HCl).

Langkah 4: Bilas mata beberapa kali

Lakukan langkah 3 bila benda asing di mata belum juga keluar. Tapi, setiap kali mempraktikkan, pastikan kamu selalu membersihkan air dan gelas yang kamu gunakan untuk membilas matamu dengan air bersih.

Tips di langkah 4 ini adalah kalau kamu nggak kesulitan melakukan, kamu bisa meregangkan kelopak mata atas ke bawah sampai melewati kelopak mata bawah. Hal ini memungkinkan bulu mata kelopak mata bawah untuk menyeka benda yang tersangkut di bawah kelopak mata atas.

Langkah 5: Mencari bantuan medis

Kalau sampai terjadi iritasi, hentikan pembilasan dan periksa ke dokter mata. Soalnya, salah-salah orang bisa mengalami abrasi kornea akibat kelilipan.

Perlu kamu ketahui juga bahwa terkadang goresan pada permukaan mata memberikan sensasi sesuatu di mata, padahal sebenarnya nggak ada.

Bagaimana, guys? Pastikan pertolongan pertama orang kelilipan dilakukan secara tepat, ya!

RECOMMENDED BY EDITOR