Brilio.net - Pernah nggak merasa bingung karena tinggi badan bisa berbeda-beda setiap sesi pengukuran? Lebih tepatnya, tinggi tubuh akan berbeda di pagi dan sore hari. Ini ternyata fakta lho!

Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Pediatrics International, menemukan bahwa tinggi badan pada sore hari bisa menyusut hingga setengah sentimeter dibandingkan tinggi badan pada pagi hari. Penelitian ini dilakukan pada 400-an anak yang berusia 3-15 tahun.

Peneliti berpendapat bahwa penyusutan tinggi badan tersebut terjadi akibat batang tubuh (trunk) yang memendek sepanjang siang hari. Selain itu, sepanjang hari, tulang rawan (cartilago) di antara ruas tulang belakang memendek akibat pengaruh gravitasi dan aktivitas di siang hari.

Tapi, sekali lagi penelitian ini dilakukan pada anak berumur 3-15 tahun, sehingga untuk orang dewasa belum ditemukan hasil yang serupa.

Dikutip brilio.net dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, Rabu (27/5), sebagai saran setiap kali kamu mengukur tinggi badan, sebaiknya lakukan di waktu yang sama (misal pukul 7 setelah makan pagi) untuk menghindari kebingungan.

Fakta lainnya, menurut studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Bone and Joint Surgery, ukuran telapak kaki juga cenderung lebih panjang di sore hari. Oleh karena itu, belilah sepatu pada waktu tersebut agar terhindar dari sepatu yang kesempitan.