Brilio.net - Teknologi selalu berkembang menemukan sesuatu yang baru, praktis, dan bermanfaat. Sama seperti USB drive atau flashdisk yang masih terkesan tebal, yang tampaknya akan berganti dengan bentuk anyar.

Dilansir brilio.net dari laman Science ABC, Kamis (16/7) nama flashdisk temuan baru itu adalah dataSTICKIES. DataSTICKIES merupakan perangkat penyimpanan data berupa kertas tipis yang ditumpuk satu dengan yang lain, mirip post-it notes.

Saat dibutuhkan, dia bisa dikelupas atau diambil dari tumpukan dan menempel di mana pun ODST diusulkan. ODST sendiri merupakan singkatan dari Optical Transfer Data Surface, yang merupakan panel khusus yang dapat melekat pada permukaan depan perangkat seperti layar komputer, televisi, sistem musik, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, dataSTICKIES ini bisa digunakan kembali, lho!

DataSTICKIES terbuat dari graphene (sebuah bahan konduktif super kuat yang terbuat dari satu lapisan atom karbon dan dijual dalam berbagai ukuran yang berbeda, kapasitasnya bisa mencapai 32GB).

Sebuah dataSTICKIES tunggal terdiri dari tiga lapisan seperti yang terlihat pada gambar berikut-di mana lapisan graphene terjepit di antara dua lapisan pelindung.

Tinggalkan flashdisk model lama, ganti dengan 'Stickies'

Perekat yang digunakan dalam dataSTICKIES bukan sembarang perekat, melainkan terbuat dari bahan khusus. Dia memiliki perekat konduktif sensitif terhadap tekanan, yang tidak meninggalkan bekas setelah mereka dihapus atau dipindahkan dari permukaan layar komputer, televisi, dan sebagainya. Hal ini tidak seperti post-it yang bisa meninggalkan bekas pada permukaan tersebut.

Tinggalkan flashdisk model lama, ganti dengan 'Stickies'
Bicara manfaat menggunakan dataSTICKIES dibandingkan flashdisk biasa, berikut poin-poinnya:

- Ultra tipis
- Super mudah dibawa ke mana-mana
- Minim masalah dan kesulitan, artinya kamu tidak perlu memasukkannya kepada USB port yang ada di CPU, laptop, atau TV. Dia hanya perlu ditempelkan saja pada permukaan layar. Simpel.
- Kamu bisa membawa setumpuk penuh dataSTICKIES, yang artinya kamu bisa membawa lebih dari 100GB setiap saat

Wah, keren ya dataSTICKIES ini. Eits, mungkin kamu akan berkecil hati karena belum terealisasi saat ini juga. Namun begitu, ilmuwan India, Aditi Singh dan Parag Anand, telah merancang teknologi tersebut supaya segera dimanfaatkan banyak orang.

Kira-kira kapan ya, guys? Hmmm ... tak sabar segera memiliki, kan?