Brilio.net - Bersahabat dengan lawan jenis saat kamu udah punya pasangan memang hal yang berat. Di satu sisi kamu harus bisa menjaga perasaan pasangan tapi di sisi lain kamu ingin tetap bersahabat baik dengan teman lawan jenismu.

Apalagi kalau keduanya sama-sama sudah memiliki pasangan bisa lebih sulit deh. Kalau buat yang masih single sih nggak masalah. I feel free...

Terus mungkin nggak sih kalau kamu punya pasangan tapi tetap bisa bersahabat dengan lawan jenis tanpa melukai perasaan pasangan? Berikut tips dari brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (11/4).

1. Ada batas yang wajar

Begitu kamu memutuskan untuk memiliki pasangan, komunikasi secara jujur dan terbuka adalah kunci wajib dari lancarnya hubungan dengan pasangan maupun dengan sahabat. Pertama, kamu bisa sampaikan hubungan kamu dengan sahabat setransparan mungkin pada pasangan. Hal ini untuk mencegah hal yang nggak diinginkan di kemudian hari.

Loading...

Kamu juga harus punya batasan yang wajar dengan sahabat. Misalnya kamu lagi ada masalah dan butuh curhat sama sahabat. Sebaiknya, hindari segala jenis sentuhan yang terlalu hangat, misalnya berupa pelukan. Meski tujuan utamanya untuk memberi support, bisa aja kan jadi benih-benih asmara yang dalam.

Bila hubungan persahabatan nggak dijaga dengan baik bisa melewati batas. “Sering terjadi, ketika terjadi konflik hebat dengan pasangan, cewek memilih beralih ke sahabat cowok dan nggak sedikit yang berujung ke hubungan seks. Nah, kalau buat cowok sih mungkin nggak masalah, tapi bagi cewek sudah melibatkan emosional,” kata Roslina Verauli, psikolog dari RS Pondok Indah.

2. Cowok gampang suka

Menurut sebuah studi di Universitas Wisconsin, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa cewek umumnya nggak tertarik secara seksual kepada sahabat cowoknya. Sebaliknya, cowok cenderung punya ketertarikan tertentu pada sahabat ceweknya. Nggak cuma jatuh hati, cowok bersahabat dengan cewek juga cenderung "GR" dan merasa bahwa sahabat ceweknya punya perasaan yang sama dengannya.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa cewek bisa bersahabat dengan cowok tanpa diganggu perasaan lain, sementara cowok diam-diam sebenarnya "ngarep" bisa berkembang menjadi hubungan asmara. Nah lho!

Meski begitu, sebagian sosiolog membenarkan bahwa cowok dan cewek sebenarnya bisa saja bersahabat secara tulus, bahkan persahabatan di antara kedua insan lawan jenis itu memberikan keuntungan dibandingkan persahabatan dengan sesama jenis.

3. Libatkan pasangan

Buat para cewek, sebaiknya sih emang nggak punya hubungan persahabatan one on one dengan cowok apalagi kalau kamu udah punya pasangan. Meski ini sulit sih buat cewek karena memang pada dasarnya cewek selalu butuh dukungan moral. Tapi kalaupun ingin berteman, libatkan pasangan dan pasangan sahabat cowok kamu.

Buat kelompok, jadi semisalnya kamu harus pergi jalan-jalan, nggak harus berdua-duaan. Sehingga pertemanan tetap berada dalam status teman, bukan malah terjerat friendzone apalagi malah jadian. Udah gitu nikung lagi. Hih!

Jadi tetap bersahabatlah dengan baik kalau kamu punya teman lawan jenis karena nyatanya banyak juga kok yang punya hubungan persahabatan yang langgeng, terlepas dari kamu masih sendiri, atau udah punya pasangan.

Apalagi kalau kamu punya sahabat lawan jenis yang benar-benar tulus dan bukan cuma modus, berbahagialah!