Brilio.net - Sekalipun ampuh bikin kamu berderai air mata, tapi bawang merah menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan lho, guys! Bawang merah mengandung fenolat dan flavonoid, yang memiliki manfaat anti-karsinogenik, anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-kolesterol.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara menggerus atau menghancurkan beberapa siung bawang merah menggunakan blender. Buatlah seperti menyerupai jus kental dan minumlah setiap pagi hari sebanyak satu gelas. Pastikan perutmu dalam kondisi kosong, ya ketika meminum jus bawang merah.

Kalau takut 'membakar' mulut dan tenggorokanmu, coba larutkan jus bawang merah ke dalam segelas air hangat dan satu sendok madu, kemudian minumlah. Ingatlah untuk tidak makan atau minum apa pun selama minimal satu jam setelah minum jus bawang merah.

Untuk kandungan gizi dalam jus bawang merah yang perlu kamu ketahui yaitu vitamin C, vitamin B6, asam folat, kalsium, magnesium, zat besi, kromium, dan fosfor. Kandungan sulfur dalam bawang merah dianggap memiliki sifat anti-karsinogenik. Kandungan kromiumnya membantu mengurangi tingkat gula darah berlebihan. Hal ini dianjurkan untuk orang dengan anemia.

Lantas, manfaat kesehatan apa lagi yang bisa kamu dapat dari jus bawang merah? Sebagaimana dilansir brilio.net dari STYLECRAZE, Jumat (27/11), berikut penjelasannya buat kamu:

Loading...

1. Memperbaiki pencernaan

Bawang merah memiliki kandungan inulin atau serat diet yang bagus untuk kesehatan bakteri sehat dalam usus. Inulin memperlancar buang air besar dan menjaga bakteri sehat dalam usus tetap aman, sehingga meningkatkan fungsi pencernaan.

2. Melindungi kamu dari alergi

Kandungan antihistamine quercetin alami yang ada dalam bawang merah mampu mencegah asma dan alergi. Antihistamine quercetin ini mudah diserap melalui usus dan akan ada di dalam tubuh dalam waktu relatif lama bila dibandingkan dengan kandungan antihistamine quercetin dari makanan lain.

3. Perawatan untuk demam dan gangguan pernapasan

Sifat ekspektoran bawang merah dapat mengobati demam dan gangguan pernapasan. Adanya minyak atsiri dalam bawang merah dapat menghalau lendir dan mencegah pembentukan lendir yang baru. Bawang merah telah digunakan selama berabad-abad untuk menyembuhkan batuk, bronkitis, dan infeksi metabolisme. Kamu juga bisa meredakan pilek dengan bawang merah.

4. Menjaga kesehatan tulang

Bawang merah dapat digunakan untuk mempertahankan sistem tulang yang sehat. Studi terbaru menunjukkan bahwa bawang merah mengandung senyawa yang mencegah tulang keropos. Tentu saja hal ini bermanfaat bagi wanita yang mengalami menopause dan berada pada risiko besar osteoporosis.

5. Bagus untuk pertumbuhan rambut

Bawang merah mengandung sejumlah sulfur yang bagus untuk pertumbuhan rambut. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa menerapkan jus bawang merah pada kulit kepala sebanyak dua kali dalam seminggu selama dua bulan dapat merangsang pertumbuhan rambut.

6. Baik untuk kulit

Bawang merah membantu sirkulasi darah dalam lapisan jaringan. Sangrai bawang merah atau iris mentah untuk mengatasi bisul, memar, luka, dan untuk sakit telinga. Jus bawang merah dicampur dengan madu juga bisa sebagai kosmetik untuk menghilangkan bintik-bintik dan pigmen.

7. Mengurangi kadar glukosa

Asupan rutin bawang merah dapat mengurangi tingkat gula darah. Studi klinis telah menunjukkan bahwa allyl propyl disulfide bermanfaat mengurangi aldohexose. Kandungan kromium dalam bawang merah juga meningkatkan toleransi glukosa dan menurunkan level gula.

8. Bagus untuk kardiovaskular

Mengonsumsi rutin bawang merah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dapat dikaitkan dengan senyawa belerang, kromium, dan vitamin B kompleks dalam bawang merah yang membantu menghentikan serangan jantung dengan menurunkan homosistein, potensi risiko lain untuk stroke.

9. Melawan kanker

Bawang merah terbangun dari jenis sulfida yang berbeda, yang menawarkan perlindungan terhadap pertumbuhan neoplasma. Mengonsumsi rutin bawang merah dapat mengurangi risiko kanker seperti kanker kerongkongan, kanker sel ginjal, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker laring.

10. Mencegah infeksi oral

Sifat anti-bakteri dari bawang merah dapat mencegah infeksi mulut dan kerusakan gigi. Para peneliti telah menegaskan bahwa mengunyah bawang merah mentah selama tiga menit sudah cukup membunuh semua kuman di mulut. Selain itu, sakit gigi juga bisa disembuhkan dengan menempatkan sepotong bawang merah pada gigi sakit.

Jadi, masih ragu mengonsumsi jus bawang merah?

RECOMMENDED BY EDITOR