Brilio.net - Travelling saat ini menjadi tren di kalangan anak muda. Berbondong-bondong orang naik gunung, blusukan sana-sini mencari spot terbaik untuk didatangi. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati sensasi berbeda tak ada salahnya mencoba travelling dengan kereta api.

Ya, tak hanya sebagai alat transportasi saja, namun kamu juga bisa menemukan pemandangan-pemandangan yang luar biasa dalam perjalanan. Jika kamu tahu pasti bakal ketagihan suasana indah itu. Penasaran? Simak deh ulasannya di bawah ini, dijamin akan membuatmu ngiler.

1. Argo Bromo Anggrek pagi

Tak disangka, naik 10 kereta ini disuguhi panorama alam terindah

foto : flickr.com/ardhinata

Kereta ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Melayani rute Surabaya - Jakarta dengan dua kali perjalanan, pagi dan malam. Namun jika kamu ingin menikmati pemandangan indah khas Pantura, disarankan untuk naik yang perjalanan pagi. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi dengan petak-petak sawah dan kebun. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa melihat Laut Jawa dari jarak dekat.

"Spot terbaik itu di sekitar stasiun Plabuhan, Batang, sebelah rel sudah tebing karang laut, bisa merasakan debur ombaknya," ujar Rosa, salah satu railfans kepada brilio.net.

2. Pasundan

Tak disangka, naik 10 kereta ini disuguhi panorama alam terindah

foto : instagram/dhytarosa

Meski kereta ekonomi namun pemandangan yang disuguhkan tidak kalah keren. Kereta jurusan Surabaya-Bandung ini melewati jalur selatan di mana sudah terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah. Kamu akan melewati terowongan, hutan dan jurang-jurang dalam, sensasi itu akan membuatmu berdebar-debar deh pokoknya seperti naik roller coaster.

3. Lodaya

Tak disangka, naik 10 kereta ini disuguhi panorama alam terindah

foto : flickr.com/cc20409

Naik kereta api lodaya pagi jurusan Bandung-Solo akan membuat pikiranmu segar kembali. Apalagi jika masih pagi dengan kaca berembun serta pemandangan hutan-hutan saat masih pagi semakin membuatmu betah menatap jendela kereta. Jalurnya sendiri juga berkelok-kelok dan melewati stasiun tertinggi di Indonesia yakni stasiun Nagrek. Sensasi kereta yang menanjak pun bisa kamu rasakan.

4. Mutiara Selatan

Tak disangka, naik 10 kereta ini disuguhi panorama alam terindah

foto : flickr.com/jefta Julio Gregy

Ingin menikmati sunrise? Tak usah jauh-jauh pergi ke pantai atau naik gunung. Kamu juga bisa melihatnya dari kereta. Naiklah kereta Mutiara Selatan dari Surabaya menuju Bandung. Antara stasiun Maos sampai Banjar kamu bisa melihat dengan jelas matahari yang terbit dengan malu-malu. Sangat cantik apalagi dengan cuaca yang masih dingin, semakin membuat syahdu deh.

5. Harina

Tak disangka, naik 10 kereta ini disuguhi panorama alam terindah

foto : instagram/indonesianrailways/bintangan94

Kereta ini termasuk kereta yang sangat unik. Jika kebanyakan kereta jurusan Bandung melewati jalur selatan, berbeda dengan kereta Harina yang berada di jalur utara. Kereta jurusan Surabaya - Bandung ini menawarkan sensasi laut Jawa di malam hari. Tak hanya itu saja, kamu juga akan merasakan rasanya kereta yang berbalik arah di Stasiun Cikampek. Di waktu subuh kamu bisa melihat sunrise ditemani pemandangan hijau mulai dari Stasiun Purwakarta sampai Cimahi. Cantik deh pokoknya.

6. Mutiara Timur

Tak disangka, naik 10 kereta ini disuguhi panorama alam terindah

foto : instgram/dhytarosa

Kereta Jurusan Surabaya-Banyuwangi ini disebut-sebut sebagai rajanya jalur timur. Tidak pernah telat karena memang tidak ada saingannya sama sekali. Jadi kamu tidak akan pernah merasakan rasanya menunggu lama karena kereta lain. Tak hanya itu saja pemandangan yang disajikan juga nggak kalah keren. Kamu bisa melihat alas purwo dari dekat. Tak lupa melewati terowongan di sekitar Stasiun Glenmore.

7. Krakatau Ekspres

Tak disangka, naik 10 kereta ini disuguhi panorama alam terindah

foto : flickr.com/baskorobagus23

Kereta ini termasuk kereta dengan jarak tempuh yang cukup panjang. Butuh waktu sekitar 19 jam untuk menempuh perjalanan Kediri-Merak. Meski lama, namun kamu tidak akan bosan karena dimanjakan dengan pemandangan keren di jalur selatan. Di sekitar Stasiun Gombong, Purwokerto kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa. Sampai Stasiun Merak tepat pagi hari, jadi jika ingin ke Sumatera tinggal menyeberang saja dengan kapal feri.

8. Argo Parahyangan

Tak disangka, naik 10 kereta ini disuguhi panorama alam terindah

foto : flickr.com/andreva_20408

Kereta jurusan Jakarta - Bandung ini termasuk yang paling sering beroperasi. Dalam sehari bisa jalan 7 kali mengingat banyaknya orang yang pulang pergi Bandung-Jakarta setiap harinya. Meski waktu tempuhnya sebentar yakni sekitar 3 jam, namun pemandangan yang disajikan sangat keren. Kamu bisa merasakan lewat jembatan-jembatan panjang dengan jurang di bawahnya serta hutan yang masih asri.

9. Malioboro Ekspres

Tak disangka, naik 10 kereta ini disuguhi panorama alam terindah

foto : flickr.com/rofiqalichwan

Kereta ini cukup ramai penumpang karena menghubungkan dua kota pelajar yakni Malang-Yogyakarta. Jika naik Malioboro Ekspres pagi dari Yogyakarta, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang menjulang tinggi dengan indahnya. Selain itu petak-petak sawah dan hutan cantik juga bisa ditemukan sepanjang jalan. Jangan lupakan pemandangan Blitar-Malang yang juga tak kalah indahnya.

10. Matarmaja

Tak disangka, naik 10 kereta ini disuguhi panorama alam terindah

foto : instagram/jonggring.saloko

Jika kamu pernah melihat film 5 CM tentu tak asing dengan adegan perjalanan Jakarta-Malang yang ditempuh Genta cs dengan kereta. Nah, kereta itu adalah kereta Matarmaja. Meskipun kereta ekonomi namun jangan salah, kamu bisa melihat Laut Jawa di Jalur Pantura lalu diteruskan petak-petak sawah di jalur timur serta sunrise di sekitar Stasiun Blitar dan Malang. Jangan lupakan juga jembatan-jembatannya yang bisa membuat berdebar-debar siapa pun serta sensasi gelap melewati terowongan.

Nah, sekarang sudah siap beli tiket kereta, kamu mau pilih perjalanan ke mana?