Brilio.net - Saat melihat taman hijau yang ada di depan rumah,  kamu tentu akan merasakan kesejukan dan kesegaran. Tak hanya membuat indah, ternyata beberapa tanaman bisa berfungsi sebagai penyaring udara agar lebih segar.

Jika tanaman itu ditempatkan di dalam ruangan maka akan memberikan dampak yang baik pula bagi para penghuninya. Beberapa tanaman dikenal memiliki efek menenangkan dan membersihkan udara sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur jika ditempatkan di kamar tidur.

Jika kamu ingin tidurmu lebih nyenyak, sepertinya kamu perlu menempatkan tanaman yang mempunyai fungsi penyaring udara di dalam kamarmu. Berikut 8 tanaman yang ternyata bisa menyaring udara sehingga meningkatkan kualitas tidurmu yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (25/2).

1. Palem Areca

Tak disangka, 8 tanaman ini bisa bikin tidurmu makin nyenyak foto: www.houseplantsexpert.com

Palem Areca merupakan jenis tanaman rumah dengan pelepah daun cukup panjang dan menutupi batang yang beruas-ruas. Rata-rata tinggi pohon ini bisa mencapai 1-6 meter. Palem Areca atau juga disebut Palem Kuning ternyata memiliki fungsi memurnikan udara dengan menghilangkan racun dan karbondioksida. Jenis palem ini mampu menyedot polutan yang berasal dari senyawa formaldehyde.

2. Lidah Buaya

Tak disangka, 8 tanaman ini bisa bikin tidurmu makin nyenyak foto: brightside.me

Selain memiliki kemampuan dalam hal kesehatan, lidah buaya ternyata juga merupakan tanaman yang paling efektif untuk membersihkan bahan kimia berbahaya seperti formalin. Lidah buaya bisa mengeluarkan oksigen pada malam hari yang tak banyak dimiliki tanaman lain. Selain itu, lidah buaya juga melepaskan zat volatile yang memiliki efek positif pada kekebalan tubuh. Tentu ini sangat membantu kamu agar bisa tidur nyenyak jika ditempatkan di dekat tempat tidur.

3. Beringin (Ficus Benjamina)

Tak disangka, 8 tanaman ini bisa bikin tidurmu makin nyenyak foto: brightside.me

Pohon yang gampang ditemui ini ternyata merupakan pohon nomor satu yang mempunyai khasiat sebagai pembersih udara. Pohon ini bisa menyerap lebih dari 70 % benzena, ammonia, toluene, dan zat berbahaya lainnya yang ada pada udara. Penyerapan zat tersebut dalam kamar pasti akan meningkatkan kualitas tidurmu.

4. Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata)

Tak disangka, 8 tanaman ini bisa bikin tidurmu makin nyenyak foto: brightside.me

Tanaman ini ternyata memiliki dampak positif pada sistem pernapasan dan kekebalan tubuh. Lidah mertua membantu mengurangi sakit kepala dan tekanan darah tinggi. Seperti Lidah buaya, tanaman ini akan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida dari udara malam hari. Tidurmu pasti akan lebih nyenyak jika ada Lidah Mertua di kamarmu.

5. Pakis Boston (Boston Fern)

Tak disangka, 8 tanaman ini bisa bikin tidurmu makin nyenyak foto: brightside.me

Boston fern kaya minyak esensial, flavonoid, dan zat lainnya. Oleh karena itu, bunga ini akan menjadi regulator yang sangat baik untuk sistem saraf sehingga bisa membantu mengatasi stres.

6. Peace Lily

Tak disangka, 8 tanaman ini bisa bikin tidurmu makin nyenyak foto: www.proplants.com

Tanaman Peace Lily sangat berguna untuk membersihkan udara. Perawatannya juga tidak terlalu susah, hanya perlu perhatikan penempatannya. Tanaman yang terkenal mampu menghilangkan racun benzena dan formaldehida ini perlu cahaya dan kelembaban tinggi untuk tumbuh subur. Daunnya juga perlu sering disemprot dengan air hangat.

7. Karet Hias (Ficus Robusta)

Tak disangka, 8 tanaman ini bisa bikin tidurmu makin nyenyak foto: commons.wikimedia.org

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang membutuhkan sedikit cahaya dan dapat mentolerir suhu lebih rendah. Tanaman yang dapat tumbuh hingga 7 meter ini mempunyai manfat menyerap formaldehid dan menghasilkan oksigen. tentu tanaman seperti ini sangat cocok ditempatkan di dalam ruangan.

8. Sirih Belanda (Scindapsus Aures)

Tak disangka, 8 tanaman ini bisa bikin tidurmu makin nyenyak

foto: www.factrange.com

Tanaman ini bisa merambat dengan cepat sehingga menciptakan kesan hijau, sangat cantik jika ditempatkan di pot dan digantung. Tanaman ini dapat menyerap formaldehida yang berasal dari pembuangan asap kendaraan. Tanaman ini tetap tumbuh bahkan ketika disimpan dalam ruang yang cenderung gelap atau tidak mendapatkan sinar matahari.

Bagaimana, tertarik menjadikan kamarmu menjadi ruangan yang menyehatkan?