Brilio.net - Kesehatan psikologi sangatlah penting kamu jaga dalam kehidupan. Jangan sampai hari-harimu hanya diwarnai dengan rasa depresi yang tiada berujung. Jika kamu sering mengalami hal seperti ini, cobalah untuk memeriksa kebiasaan tidurmu. Apalagi jika tidurmu sering ditemani dengan televisi yang menyala, bisa jadi itu penyebabnya kamu sering merasa depresi. Wah!

Dikutip brilio.net dari Daily Mail, Senin (21/9), seorang ahli bernama Guy Meadaw menjelaskan bahwa cahaya yang berasal dari layar televisi merupakan sumber penyebab orang menjadi depresi. Hal ini terjadi karena seharusnya kita tidur dalam ruangan yang gelap. Akibat kondisi tersebut, kita tidak bisa tidur dalam level 'tidur pulas'.

Hasil penelitian dari Ohio State University menyebutkan bahwa memang ada hubungan yang signifikan antara cahaya dan juga perasaan depresi. Uji coba ini dilakukan terhadap 16 ekor hamster yang dibagi ke dalam dua kelompok dengan perlakuan berbeda. Dalam penelitiannya, setiap ekor hamster mendapatkan sinar dengan tingkat keredupan yang berbeda.

Setelah delapan minggu, hamster yang disinari dengan cahaya redup ternyata menunjukkan tes mood yang lebih rendah. Bahkan aktivitas hamster tersebut menunjukkan kesulitan ketika harus beradaptasi atau merasa nyaman dengan kegiatannya.

Sebenarnya, cahaya yang redup itu merupakan tiruan yang hampir sama dengan cahaya televisi. Itulah mengapa tidur dengan televisi menyala bisa menyebabkan kamu depresi. Jadi, jauhkan televisi dari ranjangmu ya! Selain menghemat energi, tidurmu bisa menjadi lebih tenang kan?