Brilio.net - Kegiatan mengasyikkan saat musim hujan seperti ini tentu saja adalah tidur dalam selimut yang hangat. Namun sudah jadi rahasia umum jika segala sesuatu yang mengasyikkan dan berlebihan itu tidak baik. Ya, tidur terlalu lama ternyata tidak baik buat kesehatan dan bisa berujung pada kematian, waduh!

Dikutip brilio.net dari scoopwhoop, Rabu (16/12), sebuah studi yang diadakan Universitas Sydney, Australia, mengatakan tidur lebih dari 9 jam setiap hari berisiko lebih cepat mati muda. Tak hanya tidur saja, ada faktor-faktor lain juga yang bisa menyebabkan mati muda, di antaranya duduk lebih dari 7 jam sehari dan berolahraga kurang dari 150 menit setiap minggunya.

Penelitian ini dilakukan dengan mensurvei 231.048 warga Australia yang berusia 45 tahun ke atas. Hasil yang mengejutkan adalah tidur terlalu lama menempati posisi utama sebagai penyebab kematian, di atas merokok dan minum minuman keras.

"Kurang olahraga, tidur terlalu lama dan pola makan yang tidak sehat menjadi triple combo faktor penyebab mati muda. Oleh karena itu mulai sekarang disarankan kepada anak muda untuk mengubah pola hidup mereka yang dirasa kurang sehat," kata Dr Melody Ding selaku penulis studi tersebut.

RECOMMENDED BY EDITOR

Loading...