Brilio.net - Sangat sulit jika kamu mengharapkan hidup tanpa stres. Tekanan alias stres memang datang kapan saja bahkan saat merasakan kebahagiaan. Meskipun kamu sudah siaga dengan stres, kamu tetap merasa cemas saat menghadapi hal ini.

Tapi tahukah kamu bahwa stres merupakan sebuah kebaikan untuk hidup kamu? Berdasarkan pendapat dari ahli psikologi yang dikutip brilio.net dari Business Insider, Sabtu (2/5), stres merupakan tanda hidup kamu bermakna. Pedapat seperti itu diungkapkan oleh Kelly McGonigal PhD dengan menunjukkan dua alasan. Pertama, ketika kamu stres artinya kamu memang benar-benar sedang bergelut dengan apa yang kamu perjuangkan atau yang sangat penting. Kedua, stres membuat kamu terdorong untuk menyelesaikan masalah.

Kenyataannya, memang masih banyak yang menganggap bahwa stres memberikan efek yang negatif baik bagi fisik maupun psikologi. Padahal stres membuat kamu sadar apa yang sedang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu lebih bisa untuk memaknai hidup yang sedang kamu jalani. Bahkan saat kamu dilanda stres, kamu tidak perlu untuk menolaknya.

Sebagai contoh kamu pasti stres saat menghadapi ujian wawancara untuk mendapatkan beasiswa bergengsi. Jika kamu menyadari sepenuhnya bahwa kamu memang stres, psikologi kamu akan merespon dalam bentuk positif. Dengan kondisi tersebut pikiran kamu termotivasi untuk mencari cara agar lolos tahap tersebut. Di sisi lain, kamu juga lebih sadar kamu sedang memperjuangkan sesuatu dalam hidup kamu. Stay calm guys!