Brilio.net - Jarang sekali memang penelitian ilmiah yang membahas topik terkait dengan keagamaan. Meskipun begitu, sebuah studi sudah membuktikan bahwa memikirkan tentang Tuhan bisa membuat orang lebih berani dan juga merasa aman saat mengambil risiko.

Dikutip brilio.net dari Psychological Science, Rabu (1/7), hal ini terjadi karena mereka sudah percaya bahwa Tuhan mampu melindungi mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam jurnal tersebut, banyak eksperimen yang telah dilakukan untuk mengungkap bagaimana pengaruh memikirkan Tuhan terhadap keberanian mengambil risiko. Meskipun beragam, semua hasil percobaan menunjukkan hasil yang sama.

Eksperimen yang pertama dilakukan dengan metode survei online terhadap 900 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang mengingat Tuhan ternyata bersedia untuk mengambil risiko yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak. Sebagai contohnya adalah orang mau menatap sebuah warna yang bisa merusak penglihatan mereka meski dibayar kecil.

Dalam studi lain, peneliti menggunakan tiga iklan online yang berbeda. Penilaian dari metode ini dilakukan dengan menghitung jumlah 'klik' dari setiap iklan. Dari tiga iklan tersebut, ada satu iklan yang berisikan kata 'Tuhan' dan isinya juga menantang. Anehnya, jenis iklan inilah yang paling banyak diklik.

Temuan tambahan dari studi ini menunjukkan bahwa orang yang memikirkan Tuhan ternyata menghadapi hal-hal berbahaya lebih sedikit dibandingkan yang tidak. Selain itu, studi ini juga menunjukkan perbedaan individu dalam hal memandang dan terlibat dalam sebuah risiko.

PERLU JUGA KAMU BACA:

Terungkap, sholat mampu hadirkan pencerahan intelektual

Ibadah sholat pengaruhi kesehatan jiwa

Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

Foto seorang nenek sholat di tengah sawah saat panen bikin haru

Ini dasar sebenarnya tentang Qadha Sholat yang perlu kamu tahu