Brilio.net - Sikat gigi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit? Lho, kok bisa? Iya, menurut sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa sikat gigi dapat berfungsi sebagai vektor untuk transmisi organisme patogen. Hal ini jauh lebih nggak sehat kalau kamu menggunakan kamar mandi bersama, sikat gigi kamu akan membawa kuman dan bakteri dari orang lain.

Para peneliti telah menemukan bukti penularan bakteri coliform fecal di kamar mandi komunal. Studi ini menunjukkan ada banyak perhatian ketika sikat gigi yang terkontaminasi dengan kotoran dari orang lain, yang mengandung bakteri, virus atau parasit.

Jika kamu menyimpan sikat gigi di dekat toilet, kamu lebih rentan untuk terkena penyakit utama selain masalah gusi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Di sisi lain, penelitian ini juga menunjukkan bahwa sikat gigi yang tertutup pun nggak akan membantu terhindar dari penyakit karena masih membawa kuman tinja. Iyuuhhh!

Dilansir brilio.net dari Boldsky, Jumat (24/7), inilah penyakit yang bisa disebabkan dari sikat gigimu.

1. Flu

Sepele tapi berbahaya, sikat gigi ternyata bisa sebarkan penyakit!

Flu dapat menyebar dengan mudah ke orang lain yang sehat jika sikat gigi disimpan berdekatan satu sama lain. Jadi, jauhkan sikat gigi orang yang sedang terinfeksi dari orang yang nggak terinfeksi.

2. Penyakit melalui darah

Sepele tapi berbahaya, sikat gigi ternyata bisa sebarkan penyakit!

Apakah kamu tahu kalau penyakit melalui darah seperti Hepatitis B atau C dapat menyebar dengan menempatkan sikat gigi di sebelah orang yang terinfeksi penyakit ini.

3. Bakteri dan partikel virus

Sepele tapi berbahaya, sikat gigi ternyata bisa sebarkan penyakit!

Ketika sikat gigi kotor, memungkinkan untuk bakteri atau partikel virus berpindah ke tepi tabung pasta gigi dan kemudian ke sikat gigi lain. Hal ini telah terbukti secara ilmiah.

4. Penyakit gusi

Sepele tapi berbahaya, sikat gigi ternyata bisa sebarkan penyakit!

Sebaiknya jangan menggunakan sikat gigi yang basah. Jamur tumbuh dalam kurun waktu singkat akan menginfeksi gusi sehingga menyebabkan penyakit gusi dan masalah kesehatan lainnya.

5. Berbagi sikat gigi

Sepele tapi berbahaya, sikat gigi ternyata bisa sebarkan penyakit!

Jangan pernah berbagi sikat gigi kamu dengan siapa pun, bahkan dengan anggota keluarga. Apalagi setelah kamu sakit lebih baik juga untuk mengganti sikat gigi untuk mencegah kontaminasi. Kalau ada seseorang dalam keluarga yang sakit, simpanlah sikat secara terpisah. Selain itu juga dianjurkan untuk menggunakan tabung pasta yang berbeda untuk mencegah penyebaran kuman ke sikat gigi lain.

Nah, biar nggak gampang terkena penyakit karena sikat gigi, perhatikan juga hal-hal sederhana. Misalnya nih, setelah menyikat gigi, bilas sikat dengan air hangat dan menyimpannya di tempat yang kering. Hindari menyimpan sikat gigi kamu di toilet. Ganti juga sikat gigi kamu setiap tiga bulan sekali. So, tetap jaga kesehatan ya!

BACA JUGA:

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Cokelat bisa bikin berat badanmu jadi turun, ayo coba gaya diet ini

Ini cara mengurangi jumlah kalori ketika memasak nasi

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Memakan nasi sisa hari kemarin ternyata berkhasiat untuk diet

Sukses diet, gadis ini justru ingin gemuk lagi gara-gara kena penyakit

Jangan tiru diet ala artis ini, meski Madonna & Mariah Carey melakukan

Lagi diet? Coba 5 makanan ini, dijamin bikin kamu nggak cepat lapar