Brilio.net - Di beberapa kalangan masyarakat, makan sambil berjalan bisa dikatakan sebagai tindakan yang tidak sopan. Wajar saja ketika masih kecil kita sering diajarin untuk makan sambil duduk. Ternyata budaya makan seperti ini memang ada nilai positifnya. Jadi, kamu harus beruntung sudah diajarkan kebiasaan untuk makan sambil duduk.

Sebuah studi mengungkap bahwa makan sambil berjalan ternyata efeknya lebih buruk dibandingkan dengan ngemil di depan televisi atau makan sambil ngobrol sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari New York Times, Selasa (15/9). Studi ini dilakukan oleh ahli dari Surrey University bernama Jane Ogden.

Dalam risetnya Jane merekrut 60 wanita dewasa yang dibagi ke dalam tiga kelompok yang berbeda. Grup pertama adalah kelompok wanita yang dites untuk makan sambil berjalan. Sedangkan kelompok kedua diuji dengan makan sambil menonton televisi. Yang terakhir merupakan kelompok wanita yang makan sambil ngobrol dengan temannya.

Dari pengamatannya Jane, ternyata wanita yang makan sambil berdiri makannya lebih banyak dibandingkan dengan kedua kelompok lainnya. Wajar saja cara makan saja ini berisiko untuk menaikkan berat badan, Jadi, hindari cara makan seperti ini ya!

Jane mengungkap bahwa makan sambil berjalan membuat orang tidak sadar dan tidak fokus dengan apa yang dilakukannya. Bahkan mereka juga tidak bisa membedakan apakah sedang makan atau sedang olahraga. Alhasil, mereka makan lebih banyak.

Loading...
RECOMMENDED BY EDITOR