Brilio.net - Rampungnya produksi baru serial si Unyil yang rencananya akan tayang pertengahan Agustus medatang, tak lepas dari peran para animator yang membuat tokoh-tokoh dalam serial boneka ini.

Perum Produksi Film Negara (PFN) dan PT Telkom yang menjadi motor film ini menggandeng Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia (AINAKI) untuk membuat animasi si Unyil. Menurut Deryl Wilson, salah satu animator yang membantu penggarapan film ini, tantangan terbesarnya adalah perubahan karakter dari boneka ke animasi 3D.

“Yang berat bagi para animator adalah mengubah desain karakter Unyil dari boneka menjadi animasi, karena tokoh Unyil sebagai boneka sudah melekat di masyarakat. Kita juga mengubah karakter Unyil yang lama menjadi kekinian. Selain itu kita kolaborasi, produksi nanti akan dibagi ke studio-studio yang anggota AINAKI. Jadi melibatkan banyak orang. Ini bukan proyek sendirian, karena itu kita menyebutnya sebagai proyek nasional,” ujar Deryl yang ditemui brilio.net, Rabu, (17/2).

Namun ada yang beda loh dalam serial Unyil kali ini. Meski tokoh si Unyil sudah sangat melekat dengan sosok Pak Raden, namun tokoh pria Jawa dengan kumis tebal itu tidak tampil pada edisi perdana. Kendati demikian, akan ada beberapa karakter baru yang akan ditampilkan untuk memeriahkan petualangan si Unyil.

Direktur Utama PFN Shelvy Arifin mengatakan, akan ada dua karakter baru dalam serial ini. yakni, Magdalena (Lena) sebagai anak dari Indonesia wilayah Timur dan Peter van Degung sebagai peneliti.

“Lena digambarkan sebagai anak yang dekat dengan alam agar kami bisa mengajak anak Indonesia lebih dekat dengan alam bukan dengan gadget. Sementara Peter Van Degung yang tinggal di desa Sukamaju akan menambah petualangan Unyil jadi seru,” kata Shelvy.

Meski tidak akan tampil di edisi pertama, namun Shelvy memastikan karakter Pak Raden bisa tampil di edisi kedua. “Pada season satu tidak akan ada. Tapi di season dua ada. Untuk pengisi suaranya kami akan carikan orang yang suaranya mirip dengan Pak Raden,” tambahnya.

Jadi penasaran kan, seperti apa sih petualangan si Unyil dalam bentuk animasi? Jadi nggak sabar nunggunya.