Brilio.net - Seharusnya makanan pokok bangsa Indonesia itu bukan nasi, tapi sambal. Gimana nggak? Orang-orang Indonesia itu bisa kenyang tanpa makan nasi. Tapi kalau makan nggak pakai sambal? Wah, belum afdol tuh!

Namanya sambal ya pasti pedas. Tapi, berani nggak kamu mencoba sambal yang katanya terpedas di dunia ini? Ini beberapa jenis sambal paling pedas seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (8/4).

1. Magma 4

Sambal-sambal ini diklaim paling pedas di dunia, kamu berani coba?

Sambal ini dibuat terbatas oleh CaJohns, hanya sebanyak 129 botol di seluruh dunia. Magma 4 punya tingkat kepedasan mencapai empat juta scoville. Pertama kali melihat sambal ini, warnanya bening. Tapi kalau sudah dikocok, warnanya bakal berubah merah membara persis seperti magma.

2. 357 Mad Dog Pepper Extract

Sambal-sambal ini diklaim paling pedas di dunia, kamu berani coba?

Jangan pernah berpikir ini sambal buatannya Mad Dog yang main The Raid ya! Sambal ini dikasih nama Mad Dog karena rasanya yang sensasional. Saus ini terbuat dari paprika asli yang punya tingkat kepedasan mencapai lima juta scoville. Pengin coba?

3. The Source

Sambal-sambal ini diklaim paling pedas di dunia, kamu berani coba?

Don't judge a book by it's cover. Pokoknya jangan pernah terlena sama tampang botolnya yang cantik banget. Begitu kamu coba sambalnya, bikin mules, guys. Saus yang diproduksi tahun 2002 lalu disebut-sebut sebagai sambal terpedas nomor dua dengan tingkat kepedasannya mencapai 7,1 juta scoville. Raawwrrrr...

4. Blair's 16 Million Reserve

Sambal-sambal ini diklaim paling pedas di dunia, kamu berani coba?

Jika kamu penasaran dengan sambal yang paling pedas, kamu mesti coba sambal terpedas di dunia ini. Blair's 16 Million Reserve merupakan sambal dengan tingkat kepedasan paling tinggi, yaitu sebesar 16 juta scoville. Ini sih katanya jenis sambel paling pedes di dunia.

Sambal ini diproduksi tahun 2006 dan sayangnya hanya diproduksi sebanyak 999 botol di seluruh dunia. Sambal ini berisi kristal Kapsaisin murni yang setiap botolnya memiliki nomor registrasi dan ditandatangani oleh pembuatnya, Blair Lazar.

Blair ini rajanya sambal deh, terbukti nggak cuma 16 Million Reserve yang dia produksi tapi juga ada beberapa produk sambal lain yang dibikin, seperti Blair's 6AM (10,3 juta -16 juta Scoville), Blair's T-99 (480.000-16 juta Scoville), Blair B-99 (14,7 juta Scolville), Blair's Caldera (10 juta Scolville), dan masih banyak lagi. Berani coba?