Brilio.net - Minuman dingin merupakan nikmat yang luar biasa saat tubuh kamu berhadapan dengan udara panas. Pertanyaannya adalah benarkah minuman dingin bikin tubuh kamu lebih adem alias sejuk? Jika kamu beranggapan demikian, cobalah baca penjelasan dari seorang ahli saraf asal Universitas Cambridge bernama Peter McNughton dikutip oleh brilio.net dari Deutsche Welle, Selasa (12/5).

Peter mengungkap bahwa minuman panas atau anget membuat kamu merasa lebih adem dibandingkan dengan minuman dingin. Pendapat ini memang sangat kontradiktif bukan? Melalui risetnya, dia mengatakan bahwa dengan mengonsumsi minuman bersuhu tinggi tubuh dapat menghasilkan keringat. Akibatnya, tubuh kamu merasa lebih adem karena produksi keringat tersebut.

Lebih detailnya, dia menjelaskan bahwa otak akan menstimulasi produksi keringat ketika saraf di bagian organ pencernaan bagian atas dan juga mulut bereaksi dengan suhu panas minuman. Ketika keringat keluar melalui kulit, tubuh kamu akan menguap. Itulah mengapa minuman panas membuat tubuh kamu lebih adem dibandingkan dengan minuman dingin.

Pendapat Peter juga didukung oleh ahli suhu manusia dari Universitas Sydney, Christopher Gordon. Dia menambahkan bahwa ketika seseorang mengonsumi minuman panas saat cuaca panas, maka tubuh orang tersebut akan lebih adem saat mulai berkeringat. Dia menandaskan bahwa keringat akan dikeluarkan oleh tubuh jika seseorang telah merasa kepanasan. Kesimpulannya adalah, keringatmulah yang sebenarnya membuat tubuh kamu semakin adem.

Jadi jangan ragu untuk memilih minuman panas saat kamu merasa kepanasan. Apalagi, saran ini sudah teruji dari tangan ahli. Selamat mencoba!.

Loading...