Brilio.net - Sereal adalah pilihan sarapan ideal buat kamu yang ingin mengikuti pola makan sehat. Selain sebagai sumber energi yang cukup besar, sereal biasa disajikan dengan beberapa pelengkap untuk tambahan nutrisi, salah satunya adalah susu.

Terlepas dari jenis sereal atau susu yang sering kamu konsumsi, pernahkah nggak bertanya-tanya, mengapa sereal yang sering kamu santap sebagai sarapan bisa menjadi lembek setelah disiram susu? Padahal, kepingan sereal tadinya sangat garing dan renyah. Ternyata, ada proses unik yang terjadi di balik melembeknya sereal, yang berhasil diungkap peneliti dari University of Massachusetts, Amherst dan dilaporkan di Journal of Food Science.

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Popular Science, Selasa (4/8), saat kita menuangkan susu ke dalam satu mangkok penuh sereal, sereal itu akan menyerap cairan dan menghantarkannya ke bagian lain di permukaan sereal. Saat itu, bagian sereal yang belum terkena bagian cair dan belum mendapat kelembapan dari susu, akan mengalami proses yang disebut ilmuwan sebagai "moisture toughening atau penangguhan kelembaban".

Proses itu menjelaskan terjadinya pengerasan bagian sereal di dekat permukaan yang tercelup dan bagian yang kering, di mana gaya tekan di daerah tersebut meninggi, akibat dorongan dari gerak permukaan sereal yang basah.

Melihat hasil beberapa percobaan yang dilakukan selama puluhan tahun, penulis studi juga meneliti tiga jenis makanan yang dikategorikan sebagai crunchy foods (makanan renyah), yang ketiganya memiliki komposisi kimiawi yang berbeda satu sama lain. Ketiga makanan tersebut memiliki waktu transisi dari renyah ke lembek yang berbeda-beda, bergantung pada struktur kimia penyusunnya.

Dengan informasi tersebut, peneliti berharap bahwa data dapat bermanfaat bagi perusahaan produsen makanan untuk membuat kerenyahan makanan yang sesuai untuk para konsumen.