Brilio.net - Kulit merupakan organ terluar vital bagi manusia. Kulit yang sehat menunjukkan kamu merawatnya dengan baik. Tapi bagaimana ya, kalau kamu sudah berupaya menjaga kesehatan kulit dengan berbagai macam cara tapi ternyata tetap kusam bahkan muncul keriput?

Sekarang, coba cek kembali aktivitas kamu di depan layar komputer atau laptop. Apa hubungannya?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Marie Claire, Jumat (30/10), beberapa penelitian terdahulu telah memperkenalkan istilah 'computer face', yaitu penuaan dini yang disebabkan duduk dalam jangka waktu yang lama di depan layar (komputer/ laptop).

BACA JUGA:

Kamu kerja pakai komputer? Ini 7 cara lindungi mata dari radiasi layar

Loading...

Seorang dokter kulit (dermatologist) dari Schweiger Dermatology Group, New York, Amerika Serikat, Rachel Nazarian, menyatakan bahwa kebanyakan orang sekarang bekerja dengan cara baru, yakni lebih banyak di depan layar LCD atau LED, yang tidak memancarkan radiasi UV dan terbilang aman. Jadi, memang tidak berbahaya sekali layar komputer atau laptop sekarang.

Tapi jika kamu masih bekerja menggunakan komputer atau laptop versi lawas, kamu harus melakukan pencegahan karena layarnya bisa memancarkan sinar ultraviolet atau UV. "Orang yang bekerja berjam-jam di depan layar seperti ini seharusnya benar-benar melindungi diri sendiri. Bahkan sejumlah kecil radiasi harian bukan hanya memperburuk kondisi sensitif terhadap cahaya, tapi juga perlahan-lahan berkontribusi terhadap penuaan kulit," tegas Nazarian.

Nah, untuk bisa menjaga kulit dari ancaman paparan UV, Nazarian menyarankan supaya kamu menggunakan pelembap kulit setiap hari dengan minimal SPF 30. Tindakan ini bukan hanya akan melindungi kamu dari radiasi sinar UV layar komputer (terlebih komputer model lawas), tapi juga sinar UV matahari yang melewati jendela kantor dan sinar UV ketika kamu bepergian keluar kantor.

Jadi, sekalipun teknologi komputer sudah canggih, yang bisa meminimalisasi penggunaan layar yang menyebarkan sinar UV, tapi kamu tetap harus melindungi kulitmu sendiri. Pasalnya, sinar UV tetap bertebaran di luar sana dan kamu tak bisa serta merta menghindarinya, kan? Jaga kesehatan kulitmu selalu!

RECOMMENDED BY EDITOR